logo

Garena Hancurkan Komunitas Dota 2 di Indonesia Dengan Cara Licik?

bruno
Rabu 05 Februari 2014, 07:00 WIB
Garena Hancurkan Komunitas Dota 2 di Indonesia Dengan Cara Licik?

Garena Hancurkan Komunitas Dota 2 di Indonesia Dengan Cara Licik?

Kabar buruk beredar untuk komunitas Dota 2 di Indonesia. Kabarnya para penggemar Dota 2 di Tanah Air banyak yang sudah meninggalkan permainan tersebut dan beralih ke permainan serupa besutan Garena yaitu League of Legend. Kabar ini pertama kali berhembus dari sebuah forum games yang bernama Gosu Gamers, di mana ada salah satu anggotanya yang bernama DK aaronlliance memulai sebuah thread baru dengan judul "Valve Needs to Help Indonesia".

Pada thread tersebut disebutkan bahwa, publisher game Garena yang memiliki basis di Singapura, dengan menggunakan agen mereka yang berada di Indonesia untuk menginvansi warnet-warnet besar yang ada di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

 

 

"Beberapa hari yang lalu, saya pergi ke warnet favorit saya, di sana saya melihat beberapa orang dengan menggunakan kaos bergambar Garena sedang berbicara kepada operator warnet. Kamu tahu? Awalnya saya tidak begitu mengurusi apa yang mereka perbincangkan, namun sesuatu yang menjengkelkan terjadi kemarin: Dota 2 telah di-uninstall dari semua PC yang ada di warnet favorit saya."

DK aaronlliance menjelaskan pada saat itu ia ingin sekali mengerti apa yang sebenarnya terjadi pada warnet tersebut. Ia pun menanyakan kepada sang operator mengapa game Dota 2 harus di-uninstal. Sang operator pun tidak menjawab pertanyaan itu sama sekali dengan alasan karena sang pemilik warnet melarangnya untuk memberi-tahu kepada siapa pun mengenai alasan tersebut dan tetap menjaga rahasia.

Dengan pendekatan khusus yang dilakukan oleh sang pembuat thread dengan sang operator. Akhirnya sang operator pun mengungkap apa alasan yang sebenarnya. Ia (sang operator) mengatakan kalau warnet kami ini telah berubah menjadi "Garena gaming center di Indonesia".

"Mereka membayar kami dengan harga yang telah disetujui agar kami menghapus Dota 2 dan bahkan WC3 DotA dari semua PC," tambah sang operator warnet.

 

 

Dengan kata lain, Garena berarti menggunakan cara kotor untuk mempromosikan game mereka LoL di Indonesia dengan cara yang sangat kotor. Garena sendiri telah membuka server LoL di Indonesia sejak satu tahun yang lalu, namun mereka gagal untuk menarik perhatian dari penggemar game online yang ada di Indonesia. Kebanyakan gamers di Indonesia lebih memainkan game Dota 2 dan WC3 DotA, hal inilah yang membuat Garena melakukan invansi kotor tersebut.

Sang pembuat thread mengatakan kalau ini adalah masalah serius yang harus dihadapi untuk komunitas Dota 2 di Indonesia. Ia juga mengungkap bahwa warnet tempat ia sering bermain game online tersebut adalah salah satu warnet besar yang ada di Indonesia. Padahal warnet tempat dia bermain itu adalah salah satu warnet dengan pemain DotA yang cukup banyak di Indonesia.

"Jika ini terus berkelanjutan, Dota 2 akan mati di Indonesia," imbuhnya.

Di akhir thread, sang pemiliki akun DK aaronlliance menanyakan dimana ia dapat mengirim pesan ke Valve untuk memberitahukan hal tersebut. Ia mengungkapkan bahwa ia sangat peduli dengan hal tersebut.

"Garena ingin membunuh komunitas DotA di Indonesia, teman saya sekarang memulai untuk bermain LoL, saya tidak ingin melihat Garena berhasil untuk menghapus Dota 2 di Indonesia."

Pada bagian komentar di post berjudul Valve Needs to Help Indonesia tersebut juga ada yang mengungkapkan hal serupa. Sebuah akun dengan nama Mania Earthshaker mengatakan bahwa hal tersebut juga terjadi di Vietnam. Di sana Garena bahkan menggunakan poster Dota 2 untuk mempromosikan League of Legend.

Hingga hari ini tanggal 2 Mei 2014, pihak Garena Indonesia sendiri belum memberikan komentar apa pun akan tuduhan yang diberikan kepada pihaknya tersebut.

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
Guides06 Mei 2024, 19:19 WIB

Memahami Hero Burst dan Poke di Mobile Legends, Panduan Buat Kamu Biar Ngga Lagi Keliru dan Salah Build!

Menjelajahi lebih jauh mengenai hero Burst dan Poke, memberikan kepada kamu info berharga untuk mendominasi land of Dawn.
Memahami Hero Burst dan Poke di Mobile Legends, Panduan Buat Kamu Biar Ngga Lagi Keliru (FOTO: Mobile Legends Fandom)
E-Sport06 Mei 2024, 18:55 WIB

Velodrome Jakarta Resmi Jadi Lokasi Playoff MPL ID Season 13, Catat Jadwalnya!

Velodrome Jakarta punya tempat yang besar.
Lokasi Playoff MPL ID Season 13 (FOTO: Instagram.com/mplid)
PC06 Mei 2024, 18:30 WIB

Deretan Kelebihan Predator Triton Neo 16 yang Dilengkapi Berbagai Fitur AI Ekslusif

Predator Triton Neo 16 yang hadir di pasar Indonesia dibanderol mulai dari Rp 30 jtuaan dengan kelebihan seperti berikut.
L:aptop gaming Acer Predator Triton NEO 16 (FOTO: Acer)
Guides06 Mei 2024, 18:04 WIB

5 Hero Mage Terbaik di Honor of Kings, Pilihan Tepat Untuk Mendominasi Areal Midlane

lima hero mage terbaik yang dapat membawa dominasi di midlane dalam permainan Honor of Kings
5 Hero Mage Terbaik di Honor of Kings, Pilihan Tepat Untuk Mendominasi Areal Midlane  (FOTO: Honor of Kings)
PC06 Mei 2024, 18:01 WIB

Performa Prosesor Predator Triton Neo 16 Plus Kualitas Kartu Grafis dan Sistem Pendingin

Laptop terbaru Predator Triton Neo 16 ini dirilis oleh Acer dengan dapur pacu yang ditenagai Intel Core Ultra 9 185 H.
L:aptop gaming Acer Predator Triton NEO 16 (FOTO: Acer)
Guides06 Mei 2024, 17:33 WIB

5 Tips Bermain Jungle Layaknya Player Pro, Nomor 3 Kadang Masih Belum Kamu Maksimal Lakukan!

Jungle merupakan salah satu peran yang krusial dalam permainan Honor of Kings Global. Seorang jungler yang handal mampu memberikan dampak besar pada jalannya pertandingan.
5 Tips Bermain Jungle Layaknya Player Pro, Nomor 3 Kadang Masih Belum Kamu Maksimal Lakukan! (FOTO: hokarena.com.br)
News06 Mei 2024, 17:06 WIB

CEO Helldivers 2 Minta Maaf Akibat Kebijakan Hubungkan Akun Steam ke PSN, Salahkan Sony?

Apakah tujuannya buat menyindir Sony selaku penerbit game?
Helldivers 2. (Sumber: PlayStation)
E-Sport06 Mei 2024, 17:05 WIB

AE Pai Nilai Terizla Hero Terkuat di Mobile Legends, Ling Jadi Hero Favoritnya

Saat ditemui di MPL Arena, Pai berbagai cerita terkait hero yang menurutnya kuat saat ini dan juga hero yang menjadi pilihan favoritnya.
2 Hero Favorit Pai Alter Ego (FOTO: Tangkap Layar: Mobile Legends)
E-Sport06 Mei 2024, 16:56 WIB

Asal Usul AE Pai Main Mobile Legends

AE Pai memiliki nama lengkap Rafly Alvareza Sudrajat, Pai dikenal sebagai pro player Mobile Legends dengan skill bermain yang ciamik
Pai Alter Ego
Guides06 Mei 2024, 16:24 WIB

Top 10 Hero untuk Solo Rank Hingga Mythical Immortal di Mobile Legends Musim 32

Bagi para pemain Mobile Legends yang bertekad untuk naik peringkat dan meraih tier Mythical Immortal yang terhormat, pemilihan hero yang tepat sangatlah penting.
Luo Yi (FOTO: Mobile Legends)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.