logo

Louvre Buat Petisi Tolak Bayar 15 Miliar Untuk Kompetisi MLBB, Moonton Beri Klarifikasi dan Tak Segan Menempuh Jalur Hukum

AgamtheRev
Selasa 02 Juli 2019, 14:15 WIB

IDGS, Selasa, 2 Juli 2019 - Belum lama ini muncul berita heboh terkait skema kompetisi eSports Mobile Legends, yakni MPL Season 4 dan juga MSC yang jadi pembicaraan di kalangan komunitas game mobile tersebut dan juga para gamer di Tanah Air. 

Diungkapkan oleh owner Louvre Esports, Erick Herlangga via unggahan story Instagram miliknya, bahwa setiap tim yang berpartisipasi dalam dua event Mobile Legends tersebut diwajibkan membayar uang sebesar 15 miliar rupiah. Mengingat nominal yang begitu fantastis, pastinya sulit untuk menganggap perkataan Erick hanya bercanda. 

(GGWP.ID)

Dilansir dari GGWP.ID, Erick Herlangga sendiri telah membenarkan postingan story Instagram tersebut. Bahkan pada Senin (1/7/2019) kemarin, Louvre berinisiatif membuat sebuah petisi di change.org yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Olahraga Imam Nahrawi dengan judul "Batalkan aturan bayar 15 Milyar untuk ikut turnamen Mobile Legend & Monopoli Moonton." 

Adapun isi dari petisi ini adalah meminta mediasi dan diskusi terbuka khususnya perihal aturan baru dengan membeli slot senilai 15 miliar rupiah dan hanya diikuti oleh 8 tim, sementara negara lain gratis. Ditambah lagi adanya monopoli turnamen seperti isi petisi di bawah ini.

(change.org)

Hingga Selasa (2/7/2019) pukul 13:49 WIB, petisi tersebut telah ditanda tangani oleh 35.096 orang. Berikut isi dari petisi itu: 

"saya teringat ketika bapa president berbicara mengenai esports ketika debat capres ini lebih kepada digital ekonomi dan pemeretaan ekonomi dan kami juga senang bapa president support kami dengan piala president mobile legend sehingga tim Indonesia baru saja menyabet gelar all indonesia final di asia tenggara.

Tetapi aturan baru beli slot 15 Milyar cuma di negara Indonesia dan negara lain gratis dan Moonton hanya mempertandingkan 8 team akan merusak prestasi atlit dan ditambah monopoli turnament, oleh karena itu saya mohon bapa bisa membantu mediasi agar prestasi atlit tetap terjaga apalagi Sea Games sudah dekat. 

Dengan banyaknya turnament maka prestasi atlit sudah terbukti sangat baik bahkan sekarang kita merajai Asia Tenggara

Mohon untuk dibantu mediasi dan diskusi terbuka." 

Klarifikasi Moonton

Tak butuh waktu lama setelah petisi pembatalan pembayaran biaya 15 miliar rupiah itu muncul, Moonton langsung memberi respon via fanpage dari MLBB Esports Indonesia di Facebook dan Instagram. Selain itu mereka juga membahas tentang turnamen yang digelar pihak ketiga. 

Mengenai turnamen pihak ketiga di luar MPL, Moonton mengklarifikasi bahwa turnamen-turnamen ini masih dapat dijalankan tanpa biaya dari Mooton. Hanya saja mereka meminta penyelenggara untuk mematuhi peraturan dan regulasi dari pihak developer terkait pengendalian kualitas acara yang berlangsung sehingga tidak ada bentrok tanggal acara antara satu event dengan yang lain. 

Berikut isi dari klarifikasi Moonton: 

"Moonton menyadari bahwa fondasi dari MLBB adalah para pemain kami, yang tentunya juga sangat memperhatikan perkembangan perkembangan terkini mengenai arah Esports dari Moonton. 

Pertama dan yang terpenting, sebagai Game yang dibesarkan oleh komunitas Gamer yang hebat di Indonesia, ketika kami melihat tuduhan-tuduhan palsu ini, kami sangat sedih namun pada saat yang sama kami sangat terdorong oleh respon dan persatuan dari masyarakat, mari kami jelaskan mengapa

• Mengenai investasi Tim ke dalam Liga

Setelah tiga Season dari MPL, kami merasa bahwa kami harus membawa turnamen menuju ke Level selanjutnya terutama di pasar terpenting kami, Indonesia. Kami menyadari bahwa kami tidak dapat melakukan semua ini sendirian, dan kami mulai menjangkau seluruh tim peserta MPL kami untuk menanyakan apakah mereka bersedia masuk dan berinvestasi di dalam Liga melalui model distribusi pendapatan bersama / shared revenue yang mirip dengan banyak Liga Esports Profesional lakukan di seluruh dunia. Dalam model ini, lebih dari 50% dari seluruh pendapatan Liga dari sponsor dan hak penyiaran untuk Season mendatang akan didistribusikan kepada tim sehingga memastikan tim dapat menggunakan dana untuk membiayai tim mereka berdasarkan aliran pendapatan yang stabil setiap Season-nya.

Setelah menerima pembelian dari minimal 8 tim MPL, Moonton memutuskan untuk mengambil langkah untuk memperluas Liga. Langkah ini memungkinkan kami untuk melangkah lebih jauh dari Season 1 - 3 di mana kami berupaya menerapkan peraturan untuk meningkatkan profesionalisme manajemen tim dan membuat program-program yang membantu dalam pengembangan karir Esports yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

Dengan investasi satu kali secara bersama-sama sebesar Rp15 miliar per tim dan investasi dari Moonton, banyak inisiatif akan direncanakan dan diluncurkan dalam waktu dekat yang akan bermanfaat bagi komunitas Esports Indonesia. Seluruh investasi ini memperlihatkan komitmen jangka panjang Moonton dan seluruh tim kepada para Player kami. Langkah ini adalah proses yang sangat menyiksa untuk membuat keputusan saat memilih tim Liga. Alasan mengapa 8 yang akhirnya masuk terpilih dari seluruh pemohon, bukanlah semata-mata hanya karena mereka mampu membayarkan sejumlah uang, tetapi karena mereka memperlihatkan ketulusan dan tekad terbesar untuk membangun komunitas Esports terbaik di Asia Tenggara, bersama-sama dengan kami!

Sehubungan dengan turnamen pihak ke-3 atau turnamen di luar MPL, mereka masih dapat dijalankan tanpa biaya dari Moonton seperti yang sudah terjadi selama ini dengan mengingat bahwa penyelenggara tetap mematuhi peraturan dan regulasi kami yang berkenaan dengan control akan kualitas acara, profesionalisme dan waktu sehingga turnamen tidak saling bentrok dan tetap menjaga keseimbangan kompetitif yang sehat.Moonton akan terus berinvestasi dalam turnamen yang sedang berkembang seperti MIC dan bersama-sama dengan penyelenggara turnamen pihak ketiga, kami berharap untuk terus mengembangkan lingkungan untuk memberikan Player baru dan bakat yang menemaninya sebuah platform untuk mengasah keterampilan mereka ketika mereka bersiap untuk sepenuhnya memasuki dunia Esports.

Saat kami menyiapkan konferensi pers untuk MPL Season 4 pada tanggal 23 Juli, kami meminta kesabaran Anda di mana kami akan memberi Anda rincian inisiatif yang kami janjikan, dan memberikan Anda rencana tindakan aktual yang akan berkontribusi untuk membangun dunia Esports yang menunjang dan menguntungkan bagi para Gamer kami.

Adapun individu yang sepenuhnya menyadari rencana yang dibagikan di atas untuk menumbuhkan dunia Esports di Indonesia bersama dalam kemitraan dengan komunitas, namun memutuskan untuk melakukan kampanye Online untuk memfitnah kami, kami ingin memberikan kepada individu-individu tertentu ini manfaat dari keraguan tersebut.

Tetapi, jika orang-orang tertentu ini memutuskan untuk melanjutkan kampanye pencemaran nama baik ini, kami dengan sangat menyesal akan memutuskan untuk mengambil tindakan hukum demi melindungi komunitas dari berita palsu dan kerugian yang ditimbulkan pada Liga Profesional MLBB Indonesia yang kami bangun bersama dengan para Player kami.

Untuk mengakhiri ini dengan pernyataan positif, kami sangat senang bahwa komunitas ini, sesama pecinta Esports MLBB memperlihatkan kesatuan yang kuat untuk melindungi apa yang mereka cintai dan bangun. Hal ini memperlihatkan Level kepemilikan yang dimiliki oleh penggemar Indonesia kami atas dunia Esport MLBB. Dan ini menjadikan kita sebagai sebuah tim, yang merupakan alasan dan tanggung jawab lebih untuk menciptakan Liga yang layak diterima oleh masyarakat. Kami akan melakukan yang terbaik untuk meningkatkan Liga dan menciptakan lebih banyak inisiatif yang akan menumbuhkan Liga yang dapat mencapai keberlanjutan jangka panjang, sehingga Esports MPL dan MLBB dapat terus berkembang hingga tahun-tahun yang akan datang!"

(Stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
News Update
PC27 April 2024, 11:07 WIB

5 Monitor Gaming Ultrawide Terbaik 2024 Beserta Spesifikasi dan Harganya

Monitor gaming ultrawide menjadi salah satu jenis monitor yang paling digemari para gamer PC. Berikut ini beberapa monitor gaming ultrawide terbaik yang bisa kamu pilih.
BenQ Mobiuz EX3410R (FOTO: BenQ)
E-Sport27 April 2024, 10:55 WIB

BTR Moreno Beberkan Rahasia Jadi Mid Laner Handal di Land of Dawn, Pemula Wajib Tahu!

Roster Bigetron Alpha (BTR) Moreno mombongkar rahasia menjadi mid laner yang bisa diandalkan di Land of Dawn.
Jadi Midlaner ala BTR Moreno (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
Console27 April 2024, 10:35 WIB

3 Karakter yang Bakal Hadir dalam Alur Cerita GTA 6

Simpang siur GTA 6 terus bergulir. Bukan hanya tanggal rilis yang rumornya akan mundur hingga tahun 2026, tetapi juga berbagai macam hal seperti alur cerita hingga nama-nama karakter.
GTA 6. (Sumber: Rockstar Games)
Guides27 April 2024, 10:30 WIB

5 Tips Efektif Rotasi Jungle untuk Mendapatkan Emas dan EXP Lebih Cepat di Honor of Kings

Dengan memahami sistem jungle dan mengikuti strategi yang tepat, kamu dapat mengumpulkan gold dan exp dengan lebih efisien, serta memberikan kontribusi yang besar bagi tim kamu.
Wukong, Honor of Kings (FOTO: hokarena.com.br) (FOTO: hokarena.com.br)
E-Sport27 April 2024, 10:08 WIB

BTR Sudah Punya Strategi di Playoff MPL Indonesia Season 13

Bigetron Alpha (BTR) merupakan tim esports yang memiliki peluang paling besar untuk lolos Playoff MPL Indonesia Season 13.
BTR Moreno (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
PC27 April 2024, 10:05 WIB

3 Kelebihan Agon Pro AG246FK, Monitor Gaming dengan Refresh Rate Super Tinggi

Agon Pro AG246FK yang merupakan monitor terbaru dari AOC ini memiliki kelebihan utama pada refresh ratenya yang mencapai 540Hz. Untuk kelebihan lainnya, bisa kamu simak berikut ini.
Agon Pro AG246FK yang memiliki refresh rate hingga 540Hz. (FOTO: AOC)
PC27 April 2024, 09:53 WIB

Akhirnya! Dead Island 2 Resmi Rilis di Steam

Setelah tersedia secara eksklusif di Epic Games, Dead Island 2 akhirnya tersedia juga di PC melalui Steam. Game survival zombie besutan Dambuster Studios dan diterbitkan oleh Deep Silver itu rilis pada 2023 silam.
Dead Island 2. (Sumber: Epic Games Store)
E-Sport27 April 2024, 09:42 WIB

Rahasia BTR Gagalkan Asa Geek Fam Lolos Playoff MPL Indonesia Season 13

Bigetron Alpha (BTR) sukses mengalahkan Geek Fam dengan skor 2-0 di MPL Indonesia Season 13 minggu ke-6, Sabtu (26/4/2024).
Bigetron Alpha masih kokoh di puncak klasemen MPL ID Season 13 hingga week 4. (FOTO: Moonton)
News27 April 2024, 09:40 WIB

Ini Sosok Istri Idaman versi Pemain Game Nostalgia Harvest Moon, Kalau Kamu Siapa?

Versi laki-laki, memang ada kesempatan untuk menikahi para karakter game perempuannya.
Game Harvest Moon membuat pemainnya selalu merindukan karena memiliki alur cerita menarik. (FOTO: dok.Harvest Moon)
News27 April 2024, 09:19 WIB

5 Alur Cerita Game Nostalgia Harvest Moon yang Bikin Rindu, Ada Momen Nikahi Semua Karakter Perempuan

Ternyata ada sejumlah alur cerita game nostalgia Harvest Moon yang membuat rindu. Awas bisa CLBK.
Game Harvest Moon. (dok.Harvest Moon)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.