• Manakah OS Terbaik, Android Atau iOS?

    Selasa, 04 Juni 2013 08:14:29 | Diposting oleh, afgan | Kategori: Gadget | Dibaca 2259 kali


    Hei Guys,

    OS Android memang sudah menjadi OS yang bisa dibilang OS Sejuta umat. Yap OS buatan Google ini memang saat ini tersedia pada hampir semua ponsel yang dibuat. Generasi ponsel yang sudah menggunakan android atau kita sering Smartphone rasanya sudah menjadi trendi jaman sekarang. Selain fungsinya yang menawarkan banyak membantu kita berkomunikasi, Android juga merupakan OS open source yang memang mempunyai banyak sekali aplikasi dan mudah digunakan. Tentu saja hal ini yang menjadikan Android sekarang juga lebih diminati dipasaran. Well, fakta memang jika kita mengatakan bahwa OS Android merupakan OS terbanyak yang dipakai oleh  pengguna ponsel, tapi biarpun terbanyak apakah Android adalah OS terbaik?

     

    Manakah OS Terbaik, Android Atau iOS?

     

    Setelah menjadi jawara di tahun 2012, Android tetap menjadi pemuncak di kuartal pertama tahun 2013 ini. Bicara soal jumlah, dominasi Android di dunia smartphone sudah tak terbantahkan dengan pangsa pasar mencapai 75 persen menurut data kuartal pertama 2013 dari IDC. Apple berada di urutan kedua dengan market share 17,3 persen. Biarpun terbanyak, namun dari pertumbuhannya produk berbasis iOS sepertinya lebih menjanjikan. Seperti yang dilansir dari Merdeka, walaupun produk berbasis iOS masih berada di bawah Android, namun apabila dibandingkan dalam hitungan satu tahun, ada potensi besar produk besutan Apple akan miliki pertumbuhan yang bagus.

    Android mungkin adalah OS yang saat ini dimanfaatkan para perusahaan untuk membuat smartphone. Tapi jika dilihat dari keseluruhannya, sepertinya Android perlu sedikit pembenahan, Banyak munculnya Malware tentu saja membuat OS yang Open Source ini sangat rentan akan bahaya. Tidak seperti iOS yang mempunyai fungsi dan tidak terbuka, manejemen pengaturan iOS lebih baik dan tertata dibandingkan Android. Di bulan April 2012 lalu, produk berbasis iOS mendapatkan perolehan market share sebesar 39,1 persen dan pada bulan April 2013 tumbuh sampai 41,4 persen. Di sisi lain, market share produk berbasis Android sebesar 51,7 persen di bulan April 2013 ini. Hal tersebut menunjukkan pertumbuhan yang cukup lambat karena di bulan April 2012 lalu, perolehannya hanya 50,3 persen saja. Dan jika kita menyinggung aplikasi yang ada di Google play, rasanya Android user masih saja tergantung kepada aplikasi gratis. Padahal aplikasi gratis yang tersedia pada Android pun tidak luput juga dari serangan virus. Berbeda dengan para pengguna iOS, mereka lebih memilik aplikasi berbayar karena memang sudah dipercaya.

     

     

     

    Jika kita lihat memang saat ini semua produk yang menggunakan OS Android bisa terjual dengan harga yang murah. OS Android memang tidak dipungkiri merupakan OS yang bisa dibilang menjangkau lapisan masyarakat menengah kebawah. Sedangkan iOS, adalah OS yang tertutup yang bahkan sesama Apple saja belum tentu bisa mentrasfer data. Untuk tingkat keamanan dari malware, iOS juga merupakan OS yang paling aman dibandingkan Android. 

    Ucapan Terbanyak tapi bukan terbaik memang cocok untuk Android. Tidak bisa kita sangkal bahwa iOS memang lebih baik daripada Android, ya kan?(Afg)

  • Untuk memberikan komentar anda harus login atau register.
  • Komentar 0

  • online support
  • idgs radio
  • Social Indogamers