• Total Hadiah The International 2019 Dota 2 Pecahkan Rekor Tahun Lalu, Mulai Mengejar Fortnite World Cup

    Kamis, 04 Juli 2019 09:19 | Diposting oleh, Stefanus | Kategori: e-Sport


    Total Hadiah The International 2019 Dota 2 Pecahkan Rekor Tahun Lalu, Mulai Mengejar Fortnite World Cup

    Mengejar Fortnite World Cup

    IDGS, Kamis, 4 Juli 2019 - Luar biasa, gila, mencengangkan! Meski sudah berusia cukup lama, Dota 2 kembali membuktikan diri masih sanggup bertahan dan bahkan mampu memperlihatkan kekuatan komunitasnya yang luar biasa! 

    Merupakan salah satu video game online terbaik dengan salah satu komunitas terbesar di dunia, Dota 2 juga punya prediket "hadiah terbesar" dalam sejarah gaming. 

    Setelah sukses membukukan nominal hadiah sebesar US$25,532,177 (±360 miliar rupiah) dalam waktu sekitar 100an hari pada gelaran The International 2018 (TI8), hanya butuh 55 hari bagi Dota 2 dan komunitasnya untuk memecahkan rekor tersebut, atau dua kali lipat lebih cepat dari pada Ti8. Tepatnya pada 1 Juli kemarin, nominal hadiah untuk The International 2019 (TI9) Shanghai telah melampaui raihan TI8, dan terus meningkat seiring berjalannya waktu. 

     

     

    Hinggga artikel ini ditulis, nominal hadiah TI9 telah mencapai US$25,805,682 (±365 miliar rupiah). Event TI9 akan digelar pada tanggal 20-25 Agustus di Marcedes-Benz Arena, Shanghai, China.

     

    (Thegeekherald.com)

    Dengan sisa waktu yang masih begitu panjang, kemungkinan besar nominal hadiah TI9 dapat melampaui Fortnite World Cup yang akan digelar oleh Epic Games di New York City pada 26-28 Juli serta menyediakan hadiah uang US$30 juta (±423 miliar) yang seluruhnya disediakan oleh Epic Games. 

     

    (Epic Games)

    Ajang The International — yang telah digelar sejak tahun 2011 — sendiri hampir seluruh nominal hadiahnya disumbangkan oleh para penggemar Dota 2 beserta komunitasnya secara crowdfunding lewat apa yang disebut dengan Compendium atau lebih sering disebut sebagai Battle Pass. Valve sebagai pengembang dan publisher Dota 2 hanya menyediakan US$1,6 juta setiap tahunnya. Adalah kecintaan para penggemarlah yang membuat nominal hadiahnya bisa begitu besar. 

     

     

    Battle Pass merupakan suatu fitur ekslusif dari Valve di mana para pemain Dota 2 dapat menikmati berbagai fitur dan hadiah di dalam game sekaligus mendukung para pemain profesional favoritnya. Sebagian dana yang dikucurkan pemain untuk membeli Battle Pass akan disalurkan menjadi bagian dari hadiah The International setiap tahunnya. Dan percayalah, angka tersebut selalu naik dari tahun ke tahun! 

     

    Total hadiah The International dari 2014 hingga 2018. (Thegeekherald.com)

    Sebagai perbandingan, The International 2011 (TI1) yang digelar di Cologne, Jerman, "hanya" memberi total hadiah US$1,6 juta saja. Bila dibandingkan dengan nominal hadiah pada Ti8, maka terjadi kenaikan hingga 1512,86%.

    Lalu bila kita bandingkan dengan olahraga konvensional lainnya, total nominal hadiah The International 2017  (US$24,787,916) telah melampaui hadiah Piala Konfederasi (sepakbola) pada 2017 yang hanya mencapai US$20 juta, sedangkan turnamen golf US Open 2017 hanya mencapai US$12 juta. Luar biasa bukan? 

    Mari kita lihat nanti, seberapa kuatnya kekuatan komunitas Dota 2 lewat nominal hadiah TI9 yang dapat kalian cek setiap saat di situs tracker ini. 

    Siapa pun pemenang Ti9 nanti, mereka tetap harus berterima kasih kepada para penggemar Dota 2 yang tak ragu merogoh koceknya agar eSports Dota 2 dapat terus berjalan dan makin mengkilap. 

     

    (Stefanus/IDGS)

  • Untuk memberikan komentar anda harus login atau register.
  • Komentar 0

  • idgs radio
  • Social Indogamers