• Awas, Jangan Rekam Gerhana Matahari Dengan Smartphone!

    Selasa, 08 Maret 2016 16:08 | Diposting oleh, fajar | Kategori: Gadget


    Di era digital seperti saat ini, Smartphone seringkali digunakan untuk mengabadikan berbagai peristiwa penting yang terjadi di sekitar termasuk gerhana matahari yang akan terjadi besok pagi. Di Indonesia sendiri gerhana matahari total dapat terlihat dibeberapa daerah seperti Palembang, Bangka Belitung, Palangkaraya, Sampit, Luwuk, Tenate, Tidore, Palu, Poso dan Halmahera. Sedangkan untuk beberapa daerah lainnya seperti Jakarta, Bandung, Padang, Denpasar, dan juga Ambon hanya bisa menikmati gerhana matahari ini sebagian saja.

    Awas, Jangan Rekam Gerhana Matahari Dengan Smartphone!

    Gerhana Matahari tentunya sebuah fenomena alam yang sayang untuk dilewatkan. Saat ini banyak masyarakat yang sudah menyiapkan berbagai gadget miliknya untuk mengabadikan peristiwa penting tersebut. Namun ternyata, penggunaan gadget ataupun smartphone untuk merekam peristiwa gerhana matahari tidak disarankan. Sebab, hal tersebut dapat merusak smartphone kesayangan kalian.

    Sensor kamera yang terdapat di smartphone sangat sensitif. Jika sensor kamera tersebut terkena sinar berlebih dari gerhana matahari, maka kamera smartphone pun akan dijamin rusak dan tidak berfungsi seperti semestinya. Tidak hanya smartphone saja, hal ini juga berlaku untuk kamera DSLR dan juga kamera saku. Seperti yang dilansir Indogamers dari laman Merdeka (8/3/2016).

    Namun kalian tidak perlu khawatir. Sebab masih banyak cara lain untuk menikmati peristiwa alam gerhana matahari tersebut salah satunya dengan menggunakan kacamata khusus yang sudah di desain untuk memangkas cahaya matahari hingga 100 ribu kali. (fjr)

  • Untuk memberikan komentar anda harus login atau register.
  • Komentar 0

  • idgs radio
  • Social Indogamers