• Indogamers Review: Pedekate Sama Laptop Acer Predator Helios 300 G3-572

    Kamis, 10 Januari 2019 13:39 | Diposting oleh, dejeer | Kategori: Gadget


     

    Indogamers Review: Pedekate Sama Laptop Acer Predator Helios 300 G3-572

    “Pakai yang label gaming dong biar lancar nge-game!”

    Terlepas dari keberadaan ekosistem konsol game portable maupun lini ponsel, sisi fungsional keseluruhan masih dimenangkan oleh lini laptop. Ditambah lagi adanya label gaming pada laptop zaman now yang makin gila spesifikasinya. Kali ini Tim IDGS akan mengulas pengalaman kami beberapa hari pedekate sama laptop lini gaming Acer Predator. Mari kita bincangkan pengalaman pedekate Tim IDGS kali ini.

    Paling murah. Dari sektor harga, laptop Acer Predator Helios 300 G3-572 adalah yang paling murah jika dibandingkan dengan seri Predator 300 berkode awalan PH yang beredar resmi di Indonesia. Tapi apakah termurah berarti murahan? Jangan suudzon dulu. Beberapa hari test drive, laptop dengan peforma cukup cantik dengan body cukup garang ini jelas tidak pantas menyandang label murahan. Spesifikasi teknis laptop Acer Predator 300 G3-572 bisa dicek di bagan bawah ini:

    Bagan spesifikasi resmi dari Acer. 

    Spesifikasi di atas dirasa sudah bisa memenuhi kebutuhan office, editing, dan gaming IDGS Mania. Untuk kategori levelnya sih, laptop ini bisa dikatakan mid-range gaming laptop pada saat laptop ini pertama kali diluncurkan. Namun jika mengacu pada munculnya laptop dengan VGA Nvidia RTX, laptop ini akan bisa dikategorikan sebagai low-tier mid-range. Atau kemungkinan terburuknya, masih ada di top-tier di entry level. Terus harganya berapa? Sebelum terlalu jauh membaca dan merasa kecewa setelah melihat harganya, laptop Acer Predator Helios 300 G3-572 dibandrol di angka Rp 23.999.000,-.

    Pengujian Game

    Benchmark 1080p Max Settings HairWorks OFF.

    Pengujian pada beberapa game dengan pengaturan mentok kanan (maksimal game tanpa hairworks) dirasa masih bisa diterima. Pastikan meminimalkan background process dan menyambungkan adapter listrik/ charger untuk memaksimalkan kinerja laptop. Untuk game yang tidak bisa mendapatkan minimal 60fps di pengaturan maksimal, bisa diakali dengan menurunkan satu atau dua bar. Secara sederhananya, laptop Acer Predator Helios 300 G3-572 mampu melibas di atas 60fps game favorit yang sedang hype saat ini di setting high (dengan asumsi ada setting very high dan ultra) resolusi FHD. Fan yang berisik jika dalam mode max OC memakai Predator Sense adalah kekurangan yang Tim IDGS rasakan.

    Daya Tempur Baterai

    Penggunaan non-gaming, baterai laptop Acer Predator Helios 300 G3-572 mampu bertahan di skema terbaik 4 jam dan terburuk di kisaran 2 jam. Di rentang waktu tersebut, kamu bisa gunakan untuk menjalankan aplikasi office, editing grafis non 3D, dan multimedia dengan lancar. Editing video dan 3D, kami anjurkan dalam kondisi daya adapter listrik tersambung, sama seperti kebutuhan gaming. Hal ini dikarenakan sejauh pengalaman Tim IDGS menggunakan laptop, pengaturan max performance daya baterai tidak bisa semaksimal jika mendapatkan daya listrik dari adapter.

    Kenyamanan Penggunaan

    Keyboard dan touchpad laptop  Acer Predator Helios 300 G3-572 tergolong memberikan kenyamanan dalam pemakaian. Adanya backlit berwarna merah non-RGB cukup membantu ketika digunakan di tempat kurang cahaya. Jika kamu penikmat RGB, dengan berat hati single color backlit laptop ini akan mengurangi kepuasan kalian akan selera visual. Intensitas cahaya backlit yang tidak begitu terang, dirasa nyaman di mata. Namun kembali berbicara tentang selera, pasti akan ada yang kurang menyukai “keredupan” single color backlit keyboard Acer Predator Helios 300 G3-572.

    Protes klasik tombol power di keyboard mungkin akan ada juga pada laptop ini. Namun menurut kami, ini tidak begitu masalah karena posisinya yang jauh dari tombol keyboard utama. Persoalan minor pada keyboard menurut Tim IDGS adalah posisi tombol right shift dan up arrow yang terlalu berdempetan. Kami mengatakan ini persoalan minor karena sebagian besar pengguna akan lebih banyak menggunakan tombol left shift daripada right shift.

    Penampakan area keyboard Predator 300 G3-572.

    “Dari mata, lanjut ke telinga”

    Layar IPS berukuran 15,6 inchi dengan resolusi Full HD disematkan di laptop Predator Helios 300 G3-572. Perlu dicatat, refresh rate laptop ini masih 60Hz. Seri ini bukanlah varian dengan refresh rate 144Hz. Layar G3-572 masih oke untuk kebutuhan gaming maupun multimedia. Namun untuk editing, Tim IDGS merasa layar laptop ini sedikit “buram” karena hanya mencapai 67% sRGB gamut. Yah, jelek dong? Not really. Level kenyamanan monitor Predator Helios 300 G3-572 ada di level OK menurut Tim IDGS. Level OK, dua level di bawah Good dan Very Good.

    Tampak depan Predator 300 G3-572 dengan logo tanpa lampu.

    Predator 300 G3-572 bersama headset Galea 500 dan mouse Predator Cestus 500 Gaming.

    Kehadiran Dolby Audio Premium sound enhancement yang dikombinasikan dengan Acer TrueHarmony technology for lower distortion di dua buah built in stereo speaker mampu menciptakan pengalaman suara yang terbilang cukup bagus. Cukup bagus? Perlu diakui speaker Acer Predator Helios 300 G3-572 menghasilkan suara yang cukup enak didengar. Namun memang bagi Tim IDGS, sound clarity yang dihasilkan masih kurang. Terasa terlalu dimanipulasi digital. Tetap. Masih cukup bagus bagi kualitas speaker laptop.

    Keberadaan SSD 128GB dan HDD 1TB sudah lebih dari cukup. Jika kamu membutuhkan SSD berkapasitas lebih besar, pilihlah lini Predator Helios 300 dengan awalan seri PH seperti PH317-51. Ingin upgrade RAM atau HDD? Keberadaan 2 kompartemen yang cukup mudah dibuka di bagian bawah laptop akan cukup bisa memudahkan kalian untuk upgrade ke depannya. HDD kurang lagi dan lagi? Gunakan saja HDD eksternal, solusi terbaik. Cukup garingkah jokes ini? Mungkin akan sama garingnya ketika kalian menunggu proses transfer data yang lama dari HDD eksternal ke internal maupun sebaliknya. Hal ini dikarenakan hanya ada satu jalur ajaib segiempat biru. Ya, cukup disayangkan Predator Helios 300 G3-572 hanya memiliki satu port USB 3.0.

    Infografik Predator 300 G3-572 versi Tim IDGS.

    Kesimpulan Pengalaman Penggunaan

    OK. Ya, sesederhana itu kesimpulan Tim IDGS. Laptop Acer Predator Helios 300 G3-572 bukanlah produk baru dari seri Acer Predator Helios 300. Untuk membeli tidaknya, Tim IDGS tidak memilih untuk merekomendasikan atau tidak. Namun kami menilai, Laptop Acer Predator Helios 300 G3-572 masih OK digunakan di tahun 2019 ini. Menimbang value harga, kualitas, dan peforma, Tim IDGS memberikan nilai 3,5/5. (deJeer/ Tim Review IDGS)

  • Untuk memberikan komentar anda harus login atau register.
  • Komentar 0

  • idgs radio
  • Social Indogamers