• Skyegrid, Startup Penyedia Layanan Cloud Gaming Pertama di Indonesia

    Jumat, 10 Agustus 2018 16:27 | Diposting oleh, Stefanus | Kategori: News | Dibaca 728 kali


    Skyegrid, Startup Penyedia Layanan Cloud Gaming Pertama di Indonesia

    Kendala utama dari gamer zaman sekarang tak lain adalah ketiadaan perangkat keras yang memungkinkan untuk bermain game-game triple A' (AAA*) yang terkenal menuntut spesifikasi tinggi. Namun dengan kemajuan teknologi, dunia game pun sedikit demi sedikit juga ikut berubah. Kini kebutuhan akan perangkat keras mulai terindikasi akan terancam oleh eksistensi dari Cloud Gaming

    Cloud Gaming adalah sebuah solusi di mana dengan memanfaatkan teknologi cloud dan streaming yang semakin canggih, seorang gamer dapat memainkan game-game triple A (yang membutuhkan spesifikasi hardware tinggi) menggunakan perangkat elektronik milik gamer tersebut sendiri meskipun spesifikasinya tidak memenuhi untuk memainkan game-game triple A.

    Dengan Cloud Gaming, gamer bisa memainkan suatu game pada platform  yang bukan platform aslinya, seperti memainkan game khusus PlayStation di PC (tanpa emulator), bahkan di Android sekalipun. Jadi pada intinya, kita tidak perlu membeli PS4, atau membeli PC dengan spek dewa hanya untuk memainkan game-game PS4.


    Foto: Willy/IDGS

    Perusahaan atau pihak penyedia layanan Cloud Gaming (dalam artikel ini, Skyegrid) lah yang menanggung beban hardware dari pundak para gamer. Jadi game-game tersebut dijalankan oleh hardware dari pihak penyedia layanan Cloud Gaming, untuk kemudian "diproyeksikan" ke hardware para gamer melalui teknologi streaming. Koneksi internet yang mumpuni nan stabil menjadi keharusan di sini. Kalau dibayangkan, itu seperti kalian streaming video-video di internet. Bedanya kalian tak hanya menonton, tapi memainkan langsung game yang kalian pilih. Tak perlu pusing lagi merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli game baru. Cukup berlangganan Cloud Gaming, kalian tak perlu pusing jika ingin bermain game-game kelas atas. 

     

    Rolly Edward saat mempresentasikan Skyegrid Cloud Gaming di smartphone android. Foto: Willy/IDGS

    Cloud Gaming sendiri mulai beredar di dunia game internasional belum lama ini, dan Indonesia patut berbangga karena Skyegrid, startup buatan muda-mudi Indonesia, telah resmi meluncurkan solusi platform game streaming berbasis cloud (Cloud Gaming) di Indonesia. Ini membuat Skyegrid menjadi platform Cloud Gaming pertama di Tanah Air. 


    Rolly Edward, CEO Skyegrid

    "Selama ini, untuk memainkan game triple A, kita membutuhkan konsol game, misalnya PlayStation, Xbox, atau PC berspesifikasi tinggi. Tapi nggak semua orang mampu membelinya. Inilah alasan saya dan teman-teman tergerak untuk menciptakan solusi bernama Skyegried," ungkap Rolly Edward, CEO Skyegrid, dalam acara peluncuran 'Skyegrid' di Balai Kartini Jakarta pada hari Kamis kemarin (9/8/2018). 

    "Dengan Skyegrid, siapa pun bisa menjadi gamer AAA, tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Bermain dari mana saja, kapan saja, tanpa memusingkan perangkat yang harganya mahal, juga sistem requirement game yang tinggi. Ya, paling tidak punya ponsel Android itu sudah cukup." tambahnya lagi. 

    Menurut Rolly, untuk memainkan sebuah game tanpa Cloud gaming, seseorang harus membeli konsol game, misalnya PS4 500GB seharga 3,5 juta rupiah. Lalu satu unit TV dengan harga rata-rata 2,5 juta rupiah, belum lagi membeli game-nya yang rata-rata dibanderol 300 ribu rupiah hanya untuk satu game.

    Rolly sendiri mengaku bahwa ia sering mendapati orang-orang yang terpaksa berhenti bermain game semata-mata karena tidak sanggup lagi "mengejar" spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk bermain game-game AAA di PC. "Investasi untuk bermain game terasa sangat mahal bagi sebagian orang. Sebab itu, kami akan merubah cara pandang orang tentang bermain game dengan Skyegrid," tegas Rolly. 

    *Catatan:  Game Triple A ("AAA") adalah istilah informal untuk kategori video game yang diproduksi dan didistribusikan oleh penerbit (publisher) menengah ke atas. Umumnya game-game kategori ini memiliki anggaran pengembangan serta pemasaran yang besar dan kerap dikaitkan dengan risiko ekonomi yang relatif tinggi karena membutuhkan penjualan yang besar untuk memperoleh profit. Game-game Triple A terkenal menuntut spesifikasi hardware yang tinggi. 


    Skyegrid tersedia di OS Android, Windows, Mac OS, dan Xbox


     

    Dengan berlangganan Skyegrid, siapapun bebas memilih untuk bermain di platform yang mereka mau, selama platform tersebut menggunakan OS Android (smartphone, tablet), Windows (Laptop, Desktop PC), Mac OSX (Macbook, iMac, Mac Mini), sampai Xbox One. 

    "Bagi pengguna perangkat Android atau Android TV, anda bisa mengunduh Skyegrid di Play Store. Begitu pun pengguna laptop atau PC Windows, unduh Skyegrid di Microsoft Store, termasuk pengguna Xbox One. Sedangkan pengguna Macbook dan iMac berbasis Mac OSX, silahkan unduh Skyegrid langsung dari App Store," ujar Rolly. 

    "Sementara itu untuk pengguna Windows 7 ke bawah, Linus dan Macbook jadul, anda bisa memainkan game-game di Skyegrid langsung dari Google Chrome. Cukup buka www.skyegrid.id."

    Cara berlangganannya pun mudah. Pengguna hanya perlu mendaftar (sign-up) di website Skyegrid, lalu pilih "Berlangganan," kemudian pilih "Metode Pembayaran". Setelah pembayaran diproses, pengguna bisa langsung memainkan puluhan game yang ada di Skyegrid sepuasnya selama 30 hari. 

    "Di tahap awal, kami menyediakan lebih dari 50 judul game AAA terpopuler di Indonesia, dari sekitar 25 publisher game ternama dunia, sebut saja Ubisoft, CD Projekt, Epic Games, 2K dan masih banyak lagi. Jumlahnya akan terus kami tambah mencapai 120 judul game favorit di Indonesia pada ahir tahun ini," tambah Rolly. 

    Saat ini, Skyegrid hanya menyediakan satu paket berlangganan, yakni Rp 179.000 untuk 30 hari. Bagi pengguna yang juga memiliki akun Steam aktif, bisa menautkan akun Steam-nya tersebut ke akun Skyegrid untuk menambah koleksi game-game terbaru miliknya. 

    Download Aplikasi Skyegrid: 

     


  • Untuk memberikan komentar anda harus login atau register.
  • Komentar 0

  • idgs radio
  • Social Indogamers