logo

Membangun Kepercayaan Diri Team DotA dan Dota 2

pipipopo
Jumat 01 November 2013, 07:00 WIB
Membangun Kepercayaan Diri Team DotA dan Dota 2

Membangun Kepercayaan Diri Team DotA dan Dota 2

Memimpin sebuah team DotA memang menyenangkan namun tidaklah gampang. Bukan hanya sekedar menjadi embel-embel kapten. Seorang kapten atau leader harus memiliki konsep yang baik, pengetahuan yang cukup tentang game DotA paling tidak setara dengan anggota teamnya dan yang paling utama adalah harus memiliki mental yang tangguh. iGk.Jakku dan NinjaMovesPro dari playdota.com memberikan jabaran yang detail dan sangat bagus tentang beberapa tips bagaimana caranya membantu membangun kepercayaan diri team dan anggotanya. Beberapa tips dibawah ini malah bisa dipakai tidak hanya untuk menjadi seorang kapten, namun bisa juga diterapkan untuk semua player.

  • Pentingnya bicara. Sebelum memulai permainan, berikan mereka kata-kata yang dapat meningkatkan kepercayaan diri. Misalnya "Kita adalah team bagus, punya carry yang bagus, support yang bagus dan kerjasama yang padu. Kita sudah banyak berlatih, anggap aja ini seperti saat kita latihan, lakukan yang terbaik dari kita untuk kita." Kata-kata tersebut akan menusuk kedalam hati dan pikiran mereka sehinggap pikiran dan perasaan negatif seperti gugup dan lain-lain akan menghilang.
  • Kemukakan kelebihan team. Saat game dimulai, beritahukan kelebihan yang dimiliki anggota team dibandingkan pihak lawan. Contohnya masalah lane, beritahukan bahwa mereka punya combo yang lebih bagus dari pihak lawan (tentu saja bila hal tersebut benar). Atau bisa juga dengan mengatakan bahwa mereka dapat dengan mudah bertahan dari serangan lawan asalkan memiliki cukup mana. Beritahukan hal-hal lain kepada anggota team walau kadang tidak ada hubungannya, asal saja jangan pernah berbohong. Jika berbohong, mereka akan kehilangan kepercayaan terhadap kita dan kata-kata kita yang berikutnya tidak akan berpengaruh lagi pada mereka.
  • Pujian untuk performa yang bagus. Pujilah mereka jika memang bermain bagus. Hanya dengan kata-kata sederhana seperti "sep", "nice," "bagus," "good job," "nice one" dan lain-lain. Kebanyakan player, walaupun kelihatannya mereka terlihat percaya diri, kelihatannya tidak perlu pujian namun tetap saja masih membutuhkan pernyataan dari orang lain bahwa yang mereka lakukan itu memang bagus.

  • Berterima kasih. Berterima kasihlah kepada mereka jika kamu diselamatkan. Atau berterima kasih bila ada yang menyelamatkan team dari scenario battle atau gank yang gagal. Berterima kasih akan membuat mereka tidak merasa seperti robot. Coba terapkan penggunaan kata "good job" dan "thank you" atau yang biasa di singkat di dalam game dengan gj dan ty dalam kasus kamu sebagai carry sedang di bokong oleh lawan, lalu diselamatkan oleh support dari team kamu. Saat kamu menggunakan kata gj, seolah-olah kamu mengatakan "itu memang sudah tugas support, support ya memang harus mem-babu seperti itu." Bandingkan dengan bila kita mengucapkan ty. Secara psikologis akan sangat memberikan dampak yang besar. Kamu harus tau kapan harus memuji dan kapan harus berterima kasih.
  • Hargai jerih payah mereka. Jika mereka datang untuk melakukan gangking di lane kamu, lakukan yang terbaik agar ganking mereka tidak sia-sia. Saat mereka berusaha semaksimal mungkin untuk mendominasi lane mereka namau kewalahan dan hampir kalah, jangan ragu untuk teleport dan membantu mereka untuk menang. Jangan sampai pernah mereka merasa usaha mereka sia-sia karena nantinya mereka akan malas atau takut untuk melakukannya lagi.
  • Cari jalan keluar atas kesalahan mereka. Mereka hanyalah manusia, pasti akan membuat kesalahan, sama dengan kamu. Saat mereka melakukan kesalahan, pikirkan jalan keluar terbaik untuk meminimalisasi kerugian yang diterima team, bukannya malah menyalah-nyalahkan mereka, atau merengek-rengek atau memaki-maki. Contoh kasus, saat hero carry utama kita mati karena terkena ganking, bila kita merasa bahwa pihak lawan pasti akan mampu memenangkan war karena posisi 4 vs 5 dan mampu membobol lane tengah, maka segera berinisiatif dengan mengatakan pada mereka untuk menahan tanpa harus terlalu ngotot dan sedikit mengorbankan lane tengah, kamu harus segera beralih untuk push dan menghancurkan top lane atau bottom lane lawan. Saat ada salah satu player dari pihak lawan teleport untuk defend, maka kamu juga harus teleport kembali sehingga posisi yang td 4 vs 5 berubah menjadi 4 vs 4. Ini salah satu strategi terbaik untuk menahan gempuran push lane dari pihak lawan. Kamu harus bisa memutuskan kapan harus defend atau push lane lainnya.

  • Buat mereka senang. Salah satu cara untuk menghilangkan rasa cemas dan gugup adalah membuat mereka senang dan menikmati permainan. Sebagai contoh, kita bisa ngobrol dengan hero kita di monitor, atau mengomentari pergerakan musuh dan membuat semuanya seolah-olah candaan dan gurauan dan terlihat lucu. Mereka akan melihat bahwa kita sangat rileks dan santai sehingga mereka juga akan merasa santai dan rileks. Silahkan dicoba sendiri, dan buktikan bahwa hal ini manjur. Saat teman satu team kita merasa rileks, pikiran mereka akan terbuka sehingga mampu berfikir dan bertindak dengan benar.
  • "Mencoba." Kata "mencoba" sangat berguna untuk anggota team yang begitu berpengalaman. Kata ini akan mengurangi tekanan terhadap diri mereka. Akan mengurangi rasa takut akan kegagalan. Kamu bisa menggunakan trik ini saat proses ganking dimana ketepatan waktu sangatlah penting. Saat mereka sering melakukannya secara berulang-ulang, mereka akan terbiasa dan dengan sendirinya menemukan ketepatan waktu yang diinginkan. Bila sudah sampai dalam tahap itu, maka yang dulunya kita biasa menyuruh "coba" akan berubah menjadi "nice."

Itulah beberapa tips yang bisa diberikan. Masih sangat banyak lagi tips dan trik yang bisa kamu pikirkan atau ciptakan sendiri untuk meningkatkan kepercayaan diri team. Hal diatas adalah trik yang paling umum digunakan dalam hal ini. Selalu ingat bahwa teman satu team kamu, seburuk apapun permainan mereka, pasti mereka juga ingin menang. Jangan pernah menyalahkan hanya karena mereka berbuat kesalahan. Bantu dan tolonglah mereka untuk belajar dari kesalahan, itulah tugas dari seorang kapten. Baca juga artikel tentang Bagaimana Cara Untuk Menjadi Kapten Team DotA atau Dota 2 yang Baik. "Aye aye captain"

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
Guides20 April 2024, 21:31 WIB

Tips untuk Menguasai Belerick, Salah Satu Tank Roaming Terbaik di Mobile Legends

Belerick, dikenal karena pasifnya yang tebal dan permainannya yang brutal, menjadi salah satu pilihan yang tidak boleh diremehkan untuk tank roaming di Mobile Legends.
Belerick Mobile Legends (FOTO: Repro/Moonton)
Console20 April 2024, 21:16 WIB

Bernostalgia dengan Digimon World, Game Lawas PS1 yang Memorable Banget!

Digimon World adalah game yang dirilis untuk konsol PlayStation pada tahun 1999 oleh Bandai.
Digimon World (FOTO: gamerant.com ) (FOTO: gamerant.com)
E-Sport20 April 2024, 20:17 WIB

Profil Evos Branz yang Punya Julukan King of Marksman

Jabran Bagus Wiloko  atau yang akra disapa Branz, pro player handal dari tim Evos yang namanya cukup menarik banyak perhatian di dunia esport.
Profil Evos Branz (FOTO: Instagram.com/@btr_brnaz)
E-Sport20 April 2024, 20:14 WIB

Profil Evos Vanstrong, Roamer Andalan EVOS Glory

Vincentsius Ivan Adrianto  atau yang akrab disapa Vaanstrong atau Van, pro player dari tim Evos yang sebelumnya tergabung dalam tim Aura Fire.
Profil Evos Vaanstrong (FOTO: Instagram.com/@evos.vanstrong_)
Guides20 April 2024, 20:10 WIB

8 Tips Menggunakan Hero Clint Mobile Legends, Jangan Asal Main Marskman Bila Ingin Gendong Tim

Clint hero Marksman yang cukup populer di game Mobile Legends, dengan gaya koboy Clin juga dianggap sebagai hero yang lincah dan dapat diandalkan.
Tips menggunakan hero Clint agar maksimal (FOTO: Tangkap Layar: Mobile Legends)
Guides20 April 2024, 20:04 WIB

6 Hero Counter Clint Mobile Legends, Bisa Diandalkan untuk Semua Lane

Clint merupakan hero Marksman Mobile Legend yang cukup populer jika dibandingkan dengan beberapa hero Marksman lainnya.
Rekomendasi hero counter Clint Mobile Legends (FOTO: Tangkap Layar: Mobile Legends)
Infografis20 April 2024, 20:01 WIB

Build Terbaik Paquito Mobile Legends, Hero Fighter Fleksibel Untuk Berbagai Kondisi!

Berikut adalah panduan build Mobile Legends Paquito, termasuk item terbaiknya, emblem, Battle Spell, dan banyak lagi.
Build Terbaik Hero Paquito Mobile Legends Season 32 (FOTO: Schnix)
Guides20 April 2024, 20:00 WIB

3 Hero yang Bisa Jadi Counter Chou di Mobile Legends

Chou merupakan salah satu hero Mobile Legends yang  memiliki kemampuan diatas rata-rata.
Chou merupakan salah satu hero Mobile Legends (FOTO: Tangkap Layar: Mobile Legends)
Guides20 April 2024, 17:00 WIB

Tips Memaksimalkan Performa Chou Mobile Legends, Pemula Wajib Pahami

Chou merupakan salah satu hero Mobile Legends yang  memiliki kemampuan di atas rata-rata.
Chou merupakan salah satu hero Mobile Legends (FOTO: Tangkap Layar: Mobile Legends)
Guides20 April 2024, 15:50 WIB

Pusing dengan Masha yang Bikin Strees? Hero ini Menurut Lemon, Bisa Jadi Solusinya!

Menghadapi Meta Hero Masha, menurut Lemon bisa diatasi dengan menggunakan Hero Cyclops yang punya kemampuan burst damage yang besar.
Cyclops (FOTO: Moonton)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.