logo

Indogamers Review: ASUS Zenfone Max Pro M2

root
Senin 12 November 2018, 00:00 WIB
Indogamers Review: ASUS Zenfone Max Pro M2

Indogamers Review: ASUS Zenfone Max Pro M2

Solo, mabar, Let’s go!

ASUS merilis ponsel lini gaming terbaru mereka yaitu Zenfone Max Pro M2 pada hari ini - Selasa, 11 Desember 2018. Zenfone Max Pro M2 digadang bisa memberikan performa lebih baik dari pendahulunya yaitu Zenfone Max Pro M1. Penggunaan System on Chip (SoC) Snapdragon 660 dengan GPU Adreno 512 serta baterai berkapasitas 5000mAh dipastikan mampu memberikan kenyamanan bermain game. Nyaman dan tidak terlalu panas adalah impresi pertama tim Indogamers menggunakan ponsel besutan ASUS ini.

 

Spesifikasi ASUS Zenfone Max Pro M2

 

 

Model number

ZB631KL

SoC

Qualcomm Snapdragon 660 Mobile Platform

64-bit octa-core CPU (8 x Kryo 260 cores) / Hexagon 680 DSP / Adreno 512 GPU / AI Engine

14nm FinFET (Low Power Plus) power-saving technology

RAM

Up to 6GB EMMC

Storage

Up to 128GB

Data connectivity

LTE CAT5: UL 75 / CAT4 DL 150Mbps / DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42 Mbps

Wireless Connectivity

WLAN 802.11 a/b/g/n, 2.4HGHz with Wi-Fi Driect / Bluetooth 5.0 (with aptX) / NFC

Display

6.3-inch Full HD+ (2280 x 1080) All-screen display LED Backlit IPS LCD,

450nits / 1500:1 contrast ratio / 94% NTSC color gamut / 90% screen-to-body ratio

Cameras

Rear

AI Main rear camera:

12MP, F1.8, 77.8 degree view angle (27mm focal length by 35mm eq) / 6-element lens

IMX486 sensor with 1.25µm pixels, 1/2.9” sensor size

AI Scene Detection in 13 types 

Second camera / senor:

5MP Secondary depth sensing camera / sensor for bokeh effects 

Front

13MP, F2.0, 77.2 degree view angle (26.4mm focal length by 35mm eq)

5 element lens

Flashes

Rear and front Softlight LED flashes

Video recording (Rear camera)

4K UHD (3840 X 2160) video recording

1080p FHD video recording at 30fps

720p HD video recording at 30fps

3-axis electronic image stabilization for front and rear cameras

Still photo shooting while recording video capability

Audio

NXP 9874 smart amplifier with 5-magnet speaker

SIM / Memory card support

Triple slots, dual SIM dual standby (4G+4G):
Slot1: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot2: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot3: Supports up to 2TB microSD card

VoLTE / VoWiFi support

Wired Connectivity

USB 2.0 Micro USB

3.5 mm combo audio jack

GPS

GPS, aGPS, Glonass, Beidou, QZSS

Construction

Gorilla Glass 6 display panel and 3D-curved acrylic rear panel with Wave finish

Biometric Security

Face and Fingerprint (up to 5 registered) unlocking

Battery

5000 mAh

Dimensions

157.9 X 75.5 X 8.5 mm / 175 grams

Colors

Midnight Blue, Cosmic Titanium

OS

Stock Android 8.1 “Oreo” with coming upgrade to Android 9.0

 

Performa Bermain Games

Varian Zenfone Max Pro M2 yang dipakai tim Indogamers dalam pengetesan adalah varian 4GB/64GB. Hasilnya bisa dikatakan lebih dari cukup. Ponsel besutan ASUS ini mampu melibas games yang sedang tren saat ini dengan baik. Untuk urusan grafis, berikut 5 games pilihan tim Indogamers;

 

Pengaturan kualitas terbaik yang masih memberikan kenyamanan bermain.

Dari segi performa, SoC Snapdragon 660, 4GB RAM , dan baterai berkapasitas 5000mAh tidak ada masalah berarti. Kondisi ponsel pun tergolong adem-adem saja untuk bermain games setengah hingga satu jam pemakaian. Kapasitas baterai yang besar dan support fast charging memang menambah kenyamanan bermain. Pengetesan lebih dari setengah jam bermain PUBG, daya baterai berkurang sekitar 5% - 7%.

Permasalahan pertama yang tim Indogamers rasakan adalah kesulitan untuk memencet tombol yang terletak di pojok kanan atas layar. Dari segi system, ini bukan kesalahan pada Zenfone Max Pro M2 melainkan support visual mode dari setiap games yang beredar. Dalam pengetesan 5 games di atas, Garena Free Fire sudah oke untuk urusan tersebut.

Permasalahan kedua terletak di warna yang dihasilkan oversaturated dan warna putih terkesan menguning. Kesan ini sangat terasa saat digunakan untuk bermain Asphalt 9: Legends. Memang, banyak games yang menawarkan pengaturan tampilan warna dan tidak semua gamers memiliki preferensi visual yang sama dengan tim Indogamers. Namun untuk pengaturan dasar/ default, tim Indogamers menganggap hal ini mengurangi kenyamanan bermain.

 

Performa Pemakaian Sosmed dan Multitasking

Membahas kemampuan Zenfone Max Pro M2 untuk kebutuhan sosmed dan multitasking, Tim Indogamers merasa sebenarnya tidak ada yang perlu dibahas lagi. Zenfone Max Pro M2 dibekali RAM varian 4 dan 6GB. Varian yang tim Indogamers pakai adalah varian RAM 4 GB. Tidak ada force close/ reload app bahkan ketika sedang bermain games sambil sosmed ria. Sambil chat dengan mantan mungkin? Kamu mau mencoba? Multitask berjalan dengan baik. Dukungan split screen (tergantung app) juga menambah kenyamanan.

 

Split screen pada Zenfone Max Pro M2.

Satu-satunya kendala yang ditemukan tim Indogamers adalah screen shaking (getaran layar) yang sangat terasa saat browsing konten teks. Untuk scroll down/ geser ke bawah, masih nyaman-nyaman saja. Namun ketika scroll up/ geser ke atas, screen shaking sangat terasa. Getaran bukan di keseluruhan layar, namun ada pada konten teks. Misalnya saat tim Indogamers coba untuk membaca berita di situs berita online. Getaran teks saat scroll up dirasa membuat kurang nyaman. Selebihnya sih tidak ada kendala lain yang berarti.

 

Performa Kamera

Untuk kebutuhan mengabadikan momen, instagram, ataupun hobi, kualitas jepretan dual camera (kamera belakang/ utama) Zenfone Max Pro M2 sudah cukup oke. Tidak bagus banget, tapi juga tidak jelek, cukup. Tidak ada masalah pada kualitas foto di cahaya yang memadai. Selective focus pun oke. Hasil warna yang dihasilkan tergolong natural. Mengabadikan video pun cukup oke. Kamera pada Zenfone Max Pro M2 mampu melakukan video recording hingga 4K UHD. Image stabilization berfungsi dengan baik. Sehingga video yang dihasilkan pun masih oke ketika digunakan kondisi moving/ berjalan.

Hasil potret dalam ruangan. Dok: deJeer/ IDGS.

Hasil potret luar ruangan. Dok: deJeer/ IDGS.

Hasil potret low light luar ruangan. Dok: deJeer/ IDGS.

Permasalahan muncul ketika sensor auto terasa kesusahan menentukan auto exposure di kondisi backlight/ cahaya kuat di belakang objek. Pada saat kondisi low light/ redup cahaya, terlihat noise meskipun diakali dengan smooth effect otomatis. Solusi untuk hal ini adalah menggunakan mode manual atau flash. Bagi pecinta kamu yang sering mengabadikan momen dalam kondisi low light, perlu dipertimbangkan jika ingin membeli ponsel ini. Kecuali jika kamu sudah terbiasa dan nyaman dengan mode manual.

 

Performa Multimedia

Kebutuhan memutar musik ataupun video dalam kategori oke-oke saja. Berbeda dengan pengalaman warna saat bermain games, kualitas warna video sangat bervariasi. Hal ini ditentukan oleh proses editing (coloring, grading, rendering) oleh editor video. Tim Indogamers merasa kualitas warna yang dihasilkan untuk menonton video lebih nyaman daripada untuk bermain games -kembali ke preferensi masing-masing user- sih.

Kualitas speaker dalam kategori OK hanya sampai level volume 70%. Karena lebih dari level tersebut, akan terasa suara yang mulai over dan getaran yang mengurangi kenyamanan. Buat kamu yang suka nonton film atau drama di ponsel, Zenfone Max Pro M2 ini sangat layak untuk dipertimbangkan. Dengan catatan maksimal volume 70% atau menggunakan perangkat audio tambahan seperti headset. Berbicara headset, ponsel ini memakai colokan 3,5 mm combo audio jack. Kamu juga tidak perlu takut layar rusak kepentok kepala kamu saat ketiduran nonton drama di ponsel karena layar Zenfone Max Pro M2 memakai Gorilla Glass 6.

Kekuarangan yang paling tidak membuat nyaman adalah kemampuan layar di outdoor yang terang.

Kemampuan display di luar ruangan kondisi terang. Dok: deJeer/ IDGS.

 

Performa Keamanan Kunci

Metode keamanan kunci Zenfone Max Pro M2 menggunakan; slide, pattern, fingerprint, dan face unlock. Performa fingerprint dan face unlock berjalan sangat baik dan responsif. Tidak ada kendala berarti di sektor keamanan kunci.

 

Hal Umum Lainnya

Kapasitas baterai 5000mAh dan support fast charging adalah hal umum pertama untuk pertimbangan. Kamu tidak perlu khawatir kehabisan daya baterai dan durasi isi ulang daya baterai. Zenfone Max Pro M2 diklaim bisa standy mode 4G LTE selama 35 hari.

Kedua, dari segi desain.  Zenfone Max Pro M2 menggunakan layar 6,3 inch, notch, dan backpanel clear acrylic. Masih oke dan nyaman digenggam. Sayangnya memang bagian belakang ponsel mudah meninggalkan bekas sidik jari. Sehingga perlu adanya alokasi dana case tambahan. Kecuali memang kamu tidak peduli dengan kekuarangan tersebut.

Ketiga, dari segi gaib. Bukan, bukan alam gaib. Namun status distribusi dan garansi barang. ASUS Zenfone Max Pro M2 rilis secara resmi di Indonesia. Sehingga kamu tidak perlu takut untuk membeli dan jika suatu saat ada kerusakan. Aftersales juga pasti akan lebih baik daripada ponsel gaib di pasaran.

 

Varian

ASUS Zenfone Max Pro M2 rilis dalam 3 varian;

- 3GB/32GB Rp. 2.700.000,-

- 4GB/64GB Rp. 3.199.000,-

- 6GB/64GB Rp. 3.699.000,-

 

Kesimpulan

ASUS Zenfone Max Pro M2 menawarkan performa yang sudah cukup baik untuk kebutuhan gaming, sosmed, kebutuhan sehari-hari lainnya. Snapdragon 660, kapasitas baterai yang besar dan support fast charging, serta fitur face unlock yang responsif menjadi daya jual ponsel ini.  Jika kamu masih bisa mentolerir kekurangan Zenfone Max Pro M2 versi tim Indogamers, ponsel ini layak dipertimbangkan untuk menggantikan ponsel lama kamu.

Harga Zenfone Max Pro M2 di perilisan. Dok: Willy Alif/ IDGS.

Dari segi penilaian keseluruhan vs harga, Zenfone Max Pro M2 4GB RAM 64GB Storage adalah varian best deal. Jika kamu menganggap harga yang ditawarkan masih mahal, kami sarankan untuk tidak membeli varian 3GB/32GB dan lebih baik mencari alternatif ponsel lain. Jika kamu tertarik membeli varian 6GB/64GB, tim Indogamers menilai varian itu overpriced. Kecuali mengubah storage 64GB menjadi 128GB, Rp. 3.699.000,- bandrol tidak worth it. Terlebih hanya untuk mendapatkan wasted RAM/ ram yang tidak terpakai –karena 4GB saja sudah cukup.

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
Guides18 April 2024, 20:44 WIB

7 Hero Roamer Terkuat yang Wajib Kalian Pakai untuk Menaikkan Rank di Mobile Legends Season 32

Berikut 7 hero roamer terkuat yang wajib kalian gunakan untuk meraih kesuksesan dalam push rank.
7 Hero Roamer Terkuat yang Wajib Kalian Pakai untuk Menaikkan Rank di Mobile Legends Season 32.(Sumber: Moonton)
Infografis18 April 2024, 19:48 WIB

Build Terbaik Hero Lapu - Lapu Mobile Legends, Fighter yang Cocok Buat Kamu yang Berjiwa Rusuh!

Berikut adalah panduan build Mobile Legends Lapu - Lapu, termasuk item terbaiknya, emblem, Battle Spell, dan banyak lagi.
Build Terbaik Hero Lapu-Lapu Mobile Legends Season 32 (FOTO: Schnix)
News18 April 2024, 19:18 WIB

Benarkah Game Spider-Man the Great Web Dibatalkan?

Kabar buruk menyelimuti para game superhero karena Spider-Man: The Great Web diisukan batal rilis. Apakah benar-benar batal?
Spider-Man the Great Web. (Sumber: Insider Gaming)
Console18 April 2024, 18:13 WIB

Resident Evil 9 Diduga Telah Dikembangkan Sejak 2018, Lalu Kapan Tanggal Rilisnya?

Resident Evil 9 merupakan game yang masih dalam tahap pengembangan oleh Capcom, tetapi saat ini sudah menarik perhatian begitu banyak fans dari seluruh dunia.
Resident Evil 9 (Sumber: Idea Wiki)
Console18 April 2024, 17:49 WIB

Front Mission 3, Game Nostalgia PS1 yang Masih Seru Buat Kamu Mainkan Lagi!

Front Mission 3 adalah permainan video strategi peran (RPG) yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Square Enix untuk konsol PlayStation
Front Mission 3, Game Nostalgia PS1 yang Masih Seru Buat Kamu Mainkan Lagi! (FOTO: frontmission.fandom.com)
Gadget18 April 2024, 17:36 WIB

10 HP Gaming Samsung Terbaik 2024 Harga 1-2 Juta yang Layak Diperhitungkan, Mobile Legend Sudah Pasti Amanlah!

Manteman, inilah rekomendasi HP gaming Samsung dengan harga 1 - 2 jutaan terbaik 2024. Berikut daftarnya
Samsung Galaxy A14 5G, tentu masuk dalam rekomendasi HP gaming Samsung dengan harga 1 - 2 jutaan terbaik 2024 (FOTO: Samsung.com)
Infografis18 April 2024, 17:17 WIB

5 Monster Resident Evil Paling Seram, Nggak Pernah Gagal Bikin Player Ketakutan, Bakal Kembali di Resident Evil 9?

Resident Evil telah membangun reputasi sebagai salah satu pencipta momen-momen menegangkan dan makhluk-makhluk yang menakutkan.
5 Monster Resident Evil Paling Menakutkan (FOTO: Schnix)
Gadget18 April 2024, 17:14 WIB

Rekomendasi Deretan HP Gaming Samsung Terbaik Harga 2 Jutaan, Galaxy A22 Cuma Nambah 100 Ribu Doang Nih!

Manteman, apa saja rekomendasi HP gaming Samsung dengan harga 2 jutaan ini? Berikut daftar lengkapnya.
Samsung Galaxy A22 masuk rekomendasi HP gaming Samsung dengan harga 2 jutaan terbaik 2024 (FOTO: Samsung.com)
Gadget18 April 2024, 17:05 WIB

5 Rekomendasi HP Tecno Terbaik 2024 untuk Main Free Fire Beserta Spesifikasi dan Harganya

Salah satu merek HP yang menyediakan spesfikasi mumpuni untuk bermain game Free Fire adalah Tecno. Cek rekomendasi HP Tecno sebagai berikut.
Tecno Spark 20 Pro. (DOK. Gsmarena) (FOTO: Gsmarena)
Gadget18 April 2024, 16:56 WIB

5 HP Gaming Samsung Harga 1 Jutaan Ini Dipilih Duduki Posisi Teratas Pasukan Samsung di 2024

Manteman, apa saja rekomendasi HP gaming Samsung dengan harga 1 jutaan ini? Berikut daftar lengkapnya.
Samsung Galaxy A03s masuk rekomendasi HP gaming Samsung dengan harga 1 jutaan terbaik 2024 (FOTO: Samsung.com)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.