logo

5 Game Mobile ini Ditiru Berkat Kesuksesannya

root
Rabu 02 Desember 2015, 00:00 WIB
5 Game Mobile ini Ditiru Berkat Kesuksesannya

5 Game Mobile ini Ditiru Berkat Kesuksesannya

Hukum yang lemah dan para pengembang game yang  enggan membawa persoalan pembajakan ke ranah hukum membuat pembajakan konsep pada industri game sering dianggap biasa saja. 

Seperti yang dikatakan oleh ketua departemen hiburan interaktif Frankfurt Kurnit Klein and Selz, kasus ini sangat sulit untuk diselesaikan karena distribusi dan pembajakan konsep dari game tersebut mempunyai skala Internasional. Sedangkan hukum di setiap negara pasti berbeda satu dengan yang lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Oleh karena itu kami akan berikan sedikit ulasan  beberapa game yang dengan sengaja meniru konsep game yang sebelumnya lebih dulu sukses di google play maupun App Store yang dilansir dari kompas berikut ini:

1.Flappy Bird dan Tiruannya Splashy Fish

Game mobile Flappy Bird yang diperkenalkan pada tahun 2013 ini memang bisa terbilang sangat sukses di pasaran. Bahkan sang pencipta dari game ini sempat menghapus game tersebut karena merasa bersalah terhadap para pemain yang kecanduan game ini.

Namun saat ini game yang mempunyai konsep serupa dengan Flappy Bird sangat banyak sekali di google play maupun App Store. Salah satunya adalah game bernama Splashy Fish yang dibuat oleh seseorang asal Itali bernama Massimo Guareschi. Konsep dari game tersebut hampir sama dengan game Flappy Bird, bedanya karakter dalam game milik Massimo Guareschi bukanlah seekor burung melainkan ikan.

2.Donkey Kong Country dan Tiruannya Banana Kong

Jika dilihat dari segi grafis, tentu saja game kedua ini sangatlah berbeda. Hal itu dikarenakan Donkey Kong Country merupakan game yang terdapat pada perangkat milik Nintendo, sedangkan Banana Kong adalah game yang hanya dapat dijalankan pada Smartphone saja. Akan tetapi jika dilihat dari konsep cerita dan tokohnya, Kedua game tersebut sangatlah mirip. 

3.Monument Valley dan Tiruannya Skyward

Game yang mendapatkan penghargaan dari Apple untuk game dengan desain terbaik pada 2014 ini tidak luput juga dari pembanjakan konsep. Game bernama Skyward tersebut mampu meniru habis-habisan konsep game yang berbasis puzzle tersebut. Game ini mengharuskan pemainnya untuk membantu seorang putri yang terjebak dan mencari jalan keluar dengan berbagai tantangan.

4.Ridiculous Fisihing dan Tiruannya Ninja Fishing

Pada awalnya game Ridiculous Fishing hanya tersedia pada salah satu situs website. Game tersebut bisa dibilang sukses sehingga muncul game serupa di toko aplikasi yag diberi nama Ninja Fishing. Pihak pengembang dari game Ridiculous Fisihing pun geram, namun mereka tidak berani menuntut apa-apa terhadap pembajakan konsep yang mereka alami. Pada akhirnya game Ridiculous Fisihing pun dirilis pada tahun 2013 baik di google play maupun app store demi menyaingi pihak pengembang yang telah membajak konsep game yang mereka miliki.

5.Threes dan Tiruannya 2048

Game yang telah dirilis dari tahun 2014 ini mengajak para pemain untuk bermain dengan angka dan hitungan dalam kolom sebesar 4X4. Game Threes ini merupakan game berbayar yang dalam waktu singkat langsung sukses di toko aplikasi milik Apple. Sayangnya kurang dari dua bulan sejak peluncurannya, game yang mempunyai konsep serupa hadir di berbagai toko aplikasi dengan nama 2048. Game tiruan ini digratiskan kepada para penggunanya demi dapat mengalahkan Threes. Tujuannya pun ternyata tercapai, game tiruan ini berhasil menjadi salah satu daftar game terpopuler pada berbagai toko aplikasi.

<fjr>

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
News28 Maret 2024, 18:00 WIB

17 Fitur Menarik WhatsApp Aero yang Tak Ada di WhatsApp Resmi, Apa Saja Nih?

Berikut daftar fitur-fitur menarik WhatsApp Aero, merujuk pada keterangan di situs buatan mereka.
Ilustrasi login WhatsApp (FOTO: Verihubs)
News28 Maret 2024, 17:05 WIB

5 Karakter Wanita Paling Seksi di Video Game yang Sukses Jadi Pusat Perhatian

Dalam dunia video game, karakter wanita sering kali menjadi pusat perhatian karena penampilan fisik. Berikut beberapa contoh karakter game paling seksi.
Eve, karakter utama Stellar Blade. (Sumber: PlayStation)
Gadget28 Maret 2024, 16:25 WIB

3 Kelebihan Poco C61, Smartphone Kembaran Redmi A3 Harga Rp1 Jutaan

Poco C61 dibanderol mulai Rp1 jutaan yang dibekali berbagai kelebihan yang bisa kamu simak selengkapnya berkut ini.
POCO C61, Smartphone baru POCO harga Rp1 jutaan (FOTO: Gsmarena)
Gadget28 Maret 2024, 16:11 WIB

Mirip Redmi A3, Kupas Lebih Dalam Kinerja Dapur Pacu, Kualitas Kamera dan Kekuatan Baterai Poco C61

Poco C61 mengandalkan prosesor MediaTek Helio G36 untuk sektor dapur pacunya, kamera 8MP dan kamera AI, serta mengandalkan baterai yang berkapasitas 5000 mAh USB-C. Simak ulasan mendalaminya berikut ini.
Smartphone terbaru POCO C61 kembaran Redmi A3 (FOTO: instagram.com/@indiapoco)
News28 Maret 2024, 15:33 WIB

7 Karakter Wanita Terbaik di Microsoft Games Beserta Kisah Hidupnya

Dalam sejarahnya, Microsoft Games sendiri telah menghadirkan banyak karakter perempuan yang sulit untuk dilupakan. Berikut beberapa di antaranya.
Naru dalam game Ori and The Blind Forest. (Sumber: Game Rant)
News28 Maret 2024, 15:10 WIB

Mengulik Aplikasi WhatsApp Aero, Benarkah Simpan Potensi Berbahaya?

Keamanan aplikasi WhatsApp Aero banyak dipertanyakan oleh pengguna internet. Apakah aplikasi ini berbahaya?
Ilustrasi WhatsApp Aero. (Sumber: Pinterest)
Console28 Maret 2024, 14:20 WIB

Desain Xbox Series X Serba Digital Warna Putih Diduga Bocor di Internet

Demi memikat penggemar, Microsoft dilaporkan sedang berencana untuk membuat konsol Xbox Series X serba digital berwarna putih.
Xbox X warna putih. (Sumber: The Shortcut)
Gadget28 Maret 2024, 14:10 WIB

4 Kelebihan Itel RS4 yang Hadir dengan Prosesor MediaTek Helio G99 Ultimate

Itel RS4 dibanderol Rp1 jutaan dan memiliki berbagai kelebihan yang bisa kamu simak selengkapnya berikut ini.
Itel RS4 dengan harga Rp1 jutaan yang memiliki berbagai kelebihan (FOTO: youtube.com/Legawa Gadget)
News28 Maret 2024, 14:00 WIB

Meski Dukung AI, Larian Studios Tak Mau ChatGPT Menulis Dialog Cerita Game

Namun ada pula yang berpandangan lumayan berimbang seperti yang dikatakan oleh Swen Vincke dari Larian Studios.
ChatGPT. (Sumber: Digital Floats)
Gadget28 Maret 2024, 13:37 WIB

Harga Cuma Rp1 Jutaan Siap Libas Game Populer! Yuk Intip Kinerja Dapur Pacu, Kualitas Kamera, dan Daya Tahan Baterai Itel RS4

Itel RS4 menghadirkan prosesor MediaTek Helio G99 Ultimate, kamera utama 50 MP dan AI kamera, serta menghadirkan baterai 5000 mAh yang didukung pengisian cepat 45Watt dengan kinerja dan kualitas lengkap yang bisa kamu simak berikut ini.
Itel RS4, smartphone gaming murah Rp1 jutaan (FOTO: youtube.com/Legawa Gadget)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.