logo

Tencent Tutup PUBG Mobile di China dan Menggantinya Dengan Heping Jingying

root
Kamis 05 Desember 2019, 00:00 WIB
Tencent Tutup PUBG Mobile di China dan Menggantinya Dengan Heping Jingying

Tencent Tutup PUBG Mobile di China dan Menggantinya Dengan Heping Jingying

IDGS, Minggu, 12 Mei 2019 - Perusahaan teknologi raksasa asal China, Tencent, secara mengejutkan menutup game super populer mereka yang tak lain merupakan versi mobile dari PlayerUnknown's Battlegrounds, PUBG Mobile pada Selasa (8/5/2019) lalu setelah gagal mengamankan lisensi dari pemerintah untuk mengumpulkan laba mereka dari game tersebut. 

Oleh karena itu, Tencent memindahkan para pemain PUBG Mobile di China ke game yang mirip dengan PUBG Mobile namun lebih "patriotik" dengan judul Heping Jingying alias Elite Force for Peace, dilansir dari Reuters dan Financial Times

Heping Jingying sendiri telah disetujui untuk dimonetisasikan oleh partai Komunis China, berkat sedikit elemen patriotik dalam game itu. Seorang analist mendeskripsikan game tersebut sebagai "penghargaan kepada Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat" yang merupakan bagian dari militer nasional China sekaligus menggunakan tema anti-terorisme. 

 

Artwork dari Heping Jingying, game yang menggantikan PUBG Mobile di China. (Tencent)

PUBG Mobile diluncurkan pada Maret Tahun lalu dan telah menjadi salah satu video game paling populer di dunia hingga menyaingi Fortnite. Menurut estimasi dari China Renaissance, PUBG Mobile memiliki kurang lebih 70 juta pemain di China yang membuat Tencent meraup pendapatan mencapai Rp 16,89 triliun hingga Rp 21,19 triliun setiap tahun. 

Akan tetapi, rangkaian faktor politik dan kultur di China bertabrakan dengan game tersebut. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintahan China memang menunjukkan reaksi negatif terhadap video game yang dianggap berkonten kekerasan atau menyebabkan ketagihan. 

Sebelumnya, Tencent juga telah menutup sebuah game berjudul "Everyday Texas Hold'Em" yang merupakan game bertema judi kartu poker. Dan kini mereka terpaksa mengakomodasi PUBG Mobile demi tuntutan pemerintah. Selain lebih patriotik, konten kekerasan di dalamnya juga ditekan hingga seminim mungkin. Karakter tidak akan mengeluarkan darah jika tertembak, dan game ini hanya bisa dimainkan oleh usia 16 tahun ke atas. 

 

Heping Jingying bisa dibilang sangat mirip dengan PUBG Mobile dari segi gameplay, latar belakang, artwork, maupun karakter. (Tencent)

Geopolitik bisa jadi berkonstribusi akan penolakan pemerintah China terhadap PUBG Mobile. Seperti yang kita ketahui, lisensi pembuatan versi mobile dari PUBG didapatkan Tencent dari Bluehole, sebuah perusahaan asal Korea Selatan. Otoritas China sendiri kurang suka dengan produk-produk Korea Selatan. Pada tahun 2017, Beijing (alias pemerintahan pusat China) memboikot produk maupun layanan jasa dari Korea Selatan setelah negara itu menyetujui instalasi sistem pertahanan misil THAAD Amerika di perbatasan negara itu dengan Korea Utara. 

Bagi para pemain China, penggantian PUBG Mobile dengan Heping Jingying bukan masalah besar. Tencent memfasilitasi para pemain agar bisa mengkoversi karakter-karakter mereka di PUBG Mobile ke Heping Jingying sehingga mereka tidak dirugikan. Selain itu, menurut Cui Chenyu, analis game dari IHS Markit, game baru ini sangat mirip dengan PUBG Mobile dari segi gameplay, latar belakang, desain grafis dan karakter. 

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: The Verge

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
Guides24 April 2024, 23:30 WIB

Cara Bermain Eudora Mobile Legends, Player Epic Wajib Baca!

Eudora merupakan hero Mage dalam Mobile Legends yang terkenal dengan burst damage yang tinggi dan kemampuan crowd control yang baik. Namun meskipun demikian Eudora juga sering dianggap sebagai salah satu hero yang cukup lemah dan rentan terhadap serangan.
Eudora Ratu Petir yang Memiliki Kekuatan Sihir Luar Bisa (FOTO: Indogamers.com/Icaa)
Guides24 April 2024, 22:00 WIB

Alasan Layla Dianggap Hero Marksman Terlemah di Mobile Legends

Layla menjadi salah satu hero Marksman yang lemah untuk digunakan dalam pertarungan.
Hero Layla (Sumber: Mobile Legends: Bang Bang)
Guides24 April 2024, 21:00 WIB

9 Tips Bermain Gold Laner Handal di Mobile Legends Season 32

Bermain sebagai hero Marksman dalam Mobile Legends membutuhkan pemahaman tentang posisi, strategi, dan kerjasama tim.
Tips andal hero marksman (FOTO: Tangkap Layar: Mobile Legends)
PC24 April 2024, 20:05 WIB

Mampu Libas Game AAA, Begini Performa Prosesor, Kualitas Kartu Grafis dan Sistem Pendingin Axioo Pongo 760 V2

Axioo Pongo 760 V2 hadir dengan prosesor Intel Core i7 generasi 13, kartu grafis RTX 4060, dan sistem pendingin canggih, Advanced Cooling System and Ventilator.
Axioo Pongo 760 V2 yang hadir dengan prosesor Intel Core i7 Gen-13 (FOTO: instagram.com/pongogamingofficial)
Guides24 April 2024, 20:04 WIB

Apa Itu Hero Marksman? Punya Peran Penting di Land of Dawn Mobile Legends

Marksman merupakan salah satu dari beberapa peran (role) dalam Mobile Legends. Hero Marksman biasanya berfokus pada serangan jarak jauh dan memiliki kemampuan untuk memberikan damage fisik yang besar.
Hero Marksman Mobile Legends (FOTO: Tangkap Layar: Channel YouTbe Official iNews)
Guides24 April 2024, 19:59 WIB

Cara Bermain Layla Mobile Legends, Supaya Tidak Dianggap Dark System Moonton

Untuk menjadikan Layla sebagai marksman yang berguna, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba jika menggunakan hero Layla. Yuk disimak!
Hero Layla (FOTO: Moonton)
Guides24 April 2024, 19:28 WIB

Ada Jakarta! Intip Deretan ID Sakura School Simulator Kota Besar di Dunia

Berikut beberapa kode ID Props terbaik yang bisa kamu coba untuk mewujudkan kota impian di Sakura School Simulator.
Sakura School Simulation. (Sumber: Tap Tap)
PC24 April 2024, 19:06 WIB

Spesifikasi Lengkap Axioo Pongo 760 V2, Laptop Gaming Lokal yang Harganya Terjangkau

Axioo Pongo 760 V2 hadir sebagai suksesor dari Axioo Pongo 760 yang dirilis lebih dulu. Ini spesifikasi lengkap dan harganya.
Axioo Pongo 760 V2 (FOTO: Axiooworld)
Guides24 April 2024, 18:55 WIB

3 Hero Marksman Terkuat di Honor of Kings, Buat Pemula juga Bisa, Tidak Butuh Skill Tinggi

Beberapa Marksman terbaik dalam permainan ini mampu menginspirasi dan memimpin tim menuju kemenangan.
Consort Yu (FOTO: Honor of Kings)
Guides24 April 2024, 18:32 WIB

Nggak Usah Mikir Lama! Ini 4 Aplikasi yang Harus Diinstal Pertama Kali di HP Android Baru

Android memiliki banyak aplikasi yang dapat diinstal. Namun, saat HP Android masih baru, ada beberapa aplikasi yang wajib dimiliki seperti berikut.
Toko aplikasi resmi untuk mendapatkan aplikasi wajib di HP Android baru. (FOTO: play.google.com)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.