logo

4 Tren dan Inovasi Game Yang Akan Muncul di 2015

root
Kamis 01 Januari 2015, 00:00 WIB
4 Tren dan Inovasi Game Yang Akan Muncul di 2015

4 Tren dan Inovasi Game Yang Akan Muncul di 2015

Industri game dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan, baik dari segi inovasi maupun tren yang terus bermunculan menghiasi industri game dunia. Pada tahun lalu banyak konsol-konsol generasi terbaru yang telah dilahirkan oleh beberapa vendor raksasa seperti Playstation 4 dan Xbox One yang saling beradu kekuatan. Bila dilihat dari hasil penjualan sepanjang tahun 2014 kemarin, PS4 lah yang keluar sebagai pemenangnya.

Untuk tahun 2015 ini, banyak vendor maupun developer yang mulai bermunculan dan mengatakan akan siap meramaikan industri game pada tahun 2015. Lalu apa sajakah tren dan inovasi yang akan dilahirkan oleh para vendor tersebut? Berikut ini beberapa tren dan inovasi yang diambil dan di rangkum dari detikINET untuk kalian semua.

1. Virtual Reality

Tren yang satu ini merupakan yang paling di tunggu-tunggu oleh para pecinta game di seluruh dunia. Perkembangan virtual reality ini semakin pesat sejak di perkenalkannya Oculus Rift beberapa waktu yang lalu. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang mulai tertarik dengan teknologi ini. Sebut saja Facebook, Apple, Samsung, Sony, dan Google. 

Tidak hanya vendor saja yang menyatakan kesiapan akan inovasi terbaru ini, beberapa developer game pun dikabarkan sudah mulai untuk membuat game yang kompatibel dengan perangkat virtual realty ini. Beberapa pelaku industri game pun menyatakan senang akan hadirnya virtual reality ini. Salah satunya Michiteru Okabe, seorang produser game Resident Evil: Revelation 2 yang berpendapat jika headset VR akan menjadi lebih sempurna jika digunakan dalam game bergenre horor seperti Resident Evil.

2. Game Eksklusif

Dalam persaingan yang terjadi antara dua raksasa konsol generasi terbaru PS4 dan Xbox One yang mempunyai spesifikasi hampir sama, keeksklusifan sebuah game adalah sebuah kunci pembeda di antara kedua konsol tersebut. Game eksklusif tersebut sebenarnya bukan lah kali pertama bagi keduanya dalam melancarkan strategi marketing. Hal ini telah terjadi pada era persaingan PS3 dan Xbox 360 beberapa tahun yang lalu. Dimana ketika game fenomenal Last Of Us menjadi game eksklusif untuk pengguna PS3. Sedangkan pengguna Xbox 360 harus gigit jari karna tidak bisa memainkan game fenomenal tersebut.

Pada era konsol next-gen saat ini, Microsoft menjadi perusahaan konsol pertama yang mengumumkan bahwa Rise Of The Tomb Rider secara eksklusif rilis hanya untuk konsol Xbox One saja. Akan tetapi Sony pun tidak mau kalah, mereka mengumumkan jika game Street Fighter 5 hanya akan dirilis untuk konsol buatan mereka saja yaitu PS4.

3. Mobile Game

Dalam beberapa tahun belakangan ini, gap antara ponsel atau tablet dan konsol menyusut drastis. Selain sifatnya yang ringkas, tampilan grafis yang semakin meningkat menjadi faktor gaming mobile banyak di sukai semua kalangan. 

Untity Technologies, sebuah perusahaan yang membuat sistem game lintas platform melaui teknologi Unity 5 mengatakan telah membuat sebuah engine dimana para developer game mobile dapat membuat game mobile dengan tampilan grafis setara dengan game konsol. Beberapa developer game pun perlahan mulai tertarik akan pasar game mobile. Mulai dari Bandai Namco hingga Square Enix pun ikut meramaikan pasar game mobile. 

4. Serangan Balik PC

Sebenarnya pada tahun 2014 lalu ada sebuah perangkat konsol game yang siap mengguncang industri game, yaitu Steam Machines. Perangkat milik Valve ini memang sudah lama dikabarkan. Isu yang beredar, pihak valve telah menyediakan 300 prototipe Steam Manchines dengan berbagai kombinasi hardware yang berbeda, mulai dari NVIDIA, AMD, Hingga Intel.

Walaupun banyak yang mengatakan Steam Machines ini merupakan sebuah konsol, akan tetapi jeroan yang terdapat pada perangkat ini layaknya PC pada umumnya. Seperti Prosesor, hardisk hingga VGA kelas atas yang biasa kita temukan di dalam sebuah PC Gaming.

Hal menarik dari Steam Manchines ini adalah kontroler yang dimilikinya. Secara desain mungin tidak akan jauh berbeda dengan kebanyakan kontroler game lainnya. Namun dipastikan pengguna tidak akan menemukan tombol maupun analog di dalam kontroler tersebut. <fjr>

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
Mobile16 April 2024, 19:19 WIB

Jangan Ngawur Lagi! Begini Cara Memaksimalkan Emblem di Mobile Legends yang Sering Diabaikan Pemain

Emblem di Mobile Legends bisa jadi faktor penentu antara kemenangan dan kekalahan. Berikut tips singkat untuk memaksimalkan emblem di Mobile Legends:
Emblem Lunox Mobile Legends. (Sumber: Mobile Legends Guide)
Gadget16 April 2024, 18:43 WIB

5 Kelebihan Honor X7b 5G yang Dibekali Trio Kamera 108MP

Honor X7b 5G yang kini hadir dengan prosesor MediaTek Dimensity 6020, kemungkinan akan dibanderol Rp4,5 jutaan dengan kelebihan seperti berikut.
Honor X7b 5G yang memiliki berbagai kelebihan (FOTO: Gsmarena)
Gadget16 April 2024, 18:19 WIB

Gamers, Rasanya Kamu Tak Perlu Lagi Pertanyakan Spesifikasi HP Gaming Itel RS4 NFC! Mending Langsung Beli Aja

Manteman, dengan spek khusus gaming seperti di atas, harga Itel RS4 NFC ini tergolong murah kan?
Manteman, dengan spek khusus gaming seperti di atas, harga Itel RS4 NFC ini tergolong murah kan? (FOTO: INSTAGRAM: itelindonesia)
E-Sport16 April 2024, 18:11 WIB

Profil Persis Solo Esport, Pernah Juara Snapdragon Pro Series 2022

Memiliki nama sama seperti tim sepakbolanya, Persis Solo Esport, juga menjadi kebanggaan warga Solo.
Persis Esports. (FOTO: Instagram/persisesports)
News16 April 2024, 18:00 WIB

Kominfo Tanggapi Desakan KPAI Soal Game Online yang Mengandung Kekerasan, Bakal Blokir Lagi?

KPAI bahkan mendesak pemerintah, dalam hal ini Kominfo, agar memblokir game yang memuat unsur kekerasan hingga pornografi.
Kominfo. (Sumber: kominfo)
News16 April 2024, 17:46 WIB

Benarkah Konsep Open World Resident Evil 9 Bikin Dampak Positif ke Karakternya?

Resident Evil 9 dikabarkan bakal memakai konsep open world alias dunia terbuka. Apakah ini bakal memberi dampak positif untuk karakter di dalam game?
Resident Evil 9 (FOTO: Tangkap Layar Youtube PlayStation Games)
News16 April 2024, 17:42 WIB

Rumor Resident Evil 9 ini Diragukan Bakal Terwujud dan Berpotensi Bikin Gagal Kalau Dipaksakan!

Rumor yang paling mengundang perhatian gamer adalah rencana Resident Evil 9 yang akan beralih mengusung konsep open world.
Resident Evil 9 (FOTO: Tangkap Layar Youtube PlayStation Games)
News16 April 2024, 17:21 WIB

7 Game Nostalgia Warnet Terbaik, Siapa yang Dulu Suka Mainin?

Untuk bisa ngegame di internet, biasanya anak zaman itu akan membayar per jam.
Point blank, salah satu game warnet yang masih eksis. (pointblank.id) (FOTO: pointblank.id)
Gadget16 April 2024, 17:05 WIB

Bongkar Jeroan Honor X7b 5G, dari Kinerja Dapur Pacu, Kualitas Kamera hingga Daya Tahan Baterainya

Honor X7b 5G hadir dengan prosesor MediaTek Dimensity 6020, kamera utama 108 MP, baterai bongsor dengan kapasitas 6000 mAh. Berikut kinerja dapur pacu, kualitas kamera dan daya tahan baterainya.
Honor X7b 5G yang hadir dengan prosesor 5G MediaTek Dimensity 6020 (FOTO: Honor)
News16 April 2024, 17:04 WIB

KPAI Desak Kominfo Blokir Game yang Memuat Unsur Kekerasan

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) kembali mengungkapkan pandangannya terkait game-game yang sering dimainkan kalangan anak-anak.
Game online. (Sumber: pixabay.com/pexels)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.