logo

Dota 2: Tak Cukup Dilarang Tampil di Chongqing Major, Kuku Kembali Dilarang Berpartisipasi dalam WESG di Kota Chongqing

root
Rabu 02 Januari 2019, 00:00 WIB
Dota 2: Tak Cukup Dilarang Tampil di Chongqing Major, Kuku Kembali Dilarang Berpartisipasi dalam WESG di Kota Chongqing

Dota 2: Tak Cukup Dilarang Tampil di Chongqing Major, Kuku Kembali Dilarang Berpartisipasi dalam WESG di Kota Chongqing

(Foto: Perfect World)

IDGS, Kamis, 14 Februari 2019 - Masalah yang menimpa pemain Dota 2 profesional Carlo "Kuku" Palad sepertinya tak hanya berhenti di Chongqing Major saja

Kuku terlibat kasus rasis di mana dia menggunakan kata-kata yang merendahkan orang Cina dalam sebuah permainan pub Dota 2. Tindakannya ini berbuntut pelarangan dirinya tampil dalam Chongqing Major bersama TNC Predator dan memantik protes dari komunitas Dota 2. 

Valve yang saat itu sama sekali tidak tidak ikut campur, tiba-tiba saja mengeluarkan sebuah pernyataan yang berisi bahwa sebenarnya Kuku tidak dilarang tampil OLEH pemerintah setempat (Chongqing) namun aksi TNC Predator yang menutupi kesalahan Kuku membuat Valve akhirnya resmi menjatuhkan larangan tampil di Chongqing Major bagi pemain asal Filipina itu. Tak hanya kehilangan sang kapten, salah satu sponsor utama TNC, JJB, memutuskan mengakhiri perjanjian sponsor mereka dengan TNC, yang tentunya dikaitkan dengan kasus Kuku tersebut. 

Di sini lah yang jadi masalah. Valve menyiratkan bahwa bukan pemerintahan Cina yang melarang Kuku tampil, dan melimpahkan kesalahan kepada TNC atas tidak bisa tampilnya Kuku di ajang Major kedua pada season 2018/19. Kini Chongqing Major telah usai, dan muncul masalah baru di mana sepertinya pernyataan Valve bahwa pemerintah Cina tidak melarang Kuku tampil itu bohong belaka. 

Pada Februari 2013, Alisports (anak perusahaan dari perusahaan raksasa Cina, Alibaba, yang bergerak di bidang olahraga) yang merupakan event organisir dari World Electronic Sports Games (WESG) menyatakan kepada Cybersport.ru bahwa Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Keamanan Publik di Chongqing, Cina telah resmi melarang kembali Kuku untuk tampil pada Grand Final World Electronic Sports Games (WESG) pada 7-17 Maret nanti

 

(Sumber: Cybersport.ru)

"Setelah menanyakan kepada Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Keamanan Publik di Chongqing, kami dengan berat hati memberitahu bahwa KUKU dilarang memasuki Chongqing untuk [menghadiri] event WESG sesuai dengan keputusan dari pemerintahan kota. 

Sebagai organisir turnamen, WESG [Alisports] mengikuti instruksi dari pemerintahan setempat. Ini adalah keputusan final."

Grand Final WESG 2018-2019 akan diadakan di Chongqing dengan total hadiah lebih dari US$2,5 juta (sekitar Rp. 35 milyar). Dota 2 merupakan salah satu cabang eSports yang akan dipertandingkan nantinya, pada 7-10 Maret dengan total hadiah mencapai US$ 890 ribu (sekitar Rp. 12 milyar).

Kuku yang sebelumnya hanya dilarang tampil di Chongqing Major, kembali dilarang tampil di WESG, dan kebetulan venue-nya juga bertempat di kota Chongqing. Apa kesimpulan orang? Tentunya bahwa pelarangan tampil Kuku di Chongqing Major memang benar adanya karena campur tangan pemerintah Cina, dan pernyataan Valve adalah omong kosong. 

Yang jadi masalah berikutnya adalah apakah Kuku akan kembali dilarang tampil di kompetisi tahunan terbesar Dota 2, The International 2019 yang akan digelar di Shanghai, Cina? Atau malah ia akan dilarang untuk berpartisipasi dalam seluruh kompetisi profesional yang bertempat di Negeri Panda itu? 

Setelah Alisports mengeluarkan pernyataan kontroversial itu, seorang pegawai Valve dengan nama DanielJ merespon pernyataan Alisports tersebut setelah komunitas Dota 2 mendiskusikan apakah pelarangan Kuku tampil di Chongqing Major adalah karena benar campur tangan pemerintahan setempat: 

(Sumber: Reddit)

"Informasi yang diberikan kepada kami pada saat itu (pre-Chongqing Major) adalah bahwa pemerintahan lokal mengekspresikan kekhawatiran yang signifikan akan keamanan [turnamen] dan kegaduhan sosial media, namun saat itu tidak ada pelarangan resmi bagi pemain yang diberitahukan kepada kami dan diskusi masih terbuka untuk menangani atau memperbaiki situasi. 

Kami tidak terlalu khawatir akan aspek keamanan pada saat itu, utamanya karena kami telah memiliki pengalaman menghadapi berbagai kekhawatiran dari pejabat-pejabat lokal [di berbagai turnamen] sebelumnya, dan masih ada beberapa jalan untuk menyelesaikan kekhawatiran-kekhawatiran ini. 

Akan tetapi kami tidak mengambil opsi-opsi penyelesaian masalah tersebut karena pada akhirnya kami rasa kurang pantas bagi Kuku untuk berparitisipasi [dalam Chongqing Major] karena timnya [TNC Predator] berusaha menutupi [kesalahan dan] permintaan maaf [dari Kuku]. Kam tak mendengar hal-hal lain setelah itu, jadi kemungkinan situasi telah berubah bagi [kota] Chongqing, namun kami tidak mengantisipasi masalah apapun untuk [The International 9 di] Shanghai." 

Dari pernyataan di atas, masih ada harapan bagi Kuku untuk bermain di The International 9. Pasalnya kebetulan grand final WESG juga diadakan di Chongqing, dan bahwa pelarangan kali ini dijatuhkan oleh pemerintahan lokal kota tersebut. Diharapkan pemerintahan Shanghai tidak akan memberlakukan pelarangan yang sama. 

Sehubungan dengan kasus Kuku, pada 8 November 2018, distributor Dota 2 eksklusif untuk Cina, Perfect World, mengumumkan bahwa pemain mana pun yang melakukan komentar-komentar rasis dalam event-event yang diadakan Perfect World akan didiskualifikasi, termasuk dengan seluruh tim dari pemain yang melakukannya. 

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: The Esports Observer

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
News25 April 2024, 08:32 WIB

Mobile Legends Update Besar-besaran 24 April 2024, Netizen: RAM-ku Menangis

Update besar-besaran ini meliputi adanya skin collab, hero revamp, buff/nerf/adjusted hero dan lainnya.
Mobile Legends: Bang Bang kabarnya melakukan update besar-besaran pada Rabu (24/4/2024). (FOTO: Instagram/mobilelegendsfyi)
News25 April 2024, 07:58 WIB

Tawarkan Pengalaman Seru, Immortal Kingdoms M Bikin Gamers Betah Main

Keseruan game ini terletak pada petualangan menantang yang ditawarkan.
Immortal Kingdoms M menawarkan pengalaman seru. (FOTO: UniPin Community)
E-Sport25 April 2024, 07:27 WIB

Pendaftaran Liga Esports Nasional Mahasiswa 2024 Tim Cowok Diperpanjang, Kategori Tim Cewek Ditutup

Bahkan untuk kategori MLBB Women sudah melakukan technical meeting pada Rabu (24/4/2024).
Foto ilustrasi bermain Mobile Legends. (FOTO: vcgamers.com)
Guides24 April 2024, 23:30 WIB

Cara Bermain Eudora Mobile Legends, Player Epic Wajib Baca!

Eudora merupakan hero Mage dalam Mobile Legends yang terkenal dengan burst damage yang tinggi dan kemampuan crowd control yang baik. Namun meskipun demikian Eudora juga sering dianggap sebagai salah satu hero yang cukup lemah dan rentan terhadap serangan.
Eudora Ratu Petir yang Memiliki Kekuatan Sihir Luar Bisa (FOTO: Indogamers.com/Icaa)
Guides24 April 2024, 22:00 WIB

Alasan Layla Dianggap Hero Marksman Terlemah di Mobile Legends

Layla menjadi salah satu hero Marksman yang lemah untuk digunakan dalam pertarungan.
Hero Layla (Sumber: Mobile Legends: Bang Bang)
Guides24 April 2024, 21:00 WIB

9 Tips Bermain Gold Laner Handal di Mobile Legends Season 32

Bermain sebagai hero Marksman dalam Mobile Legends membutuhkan pemahaman tentang posisi, strategi, dan kerjasama tim.
Tips andal hero marksman (FOTO: Tangkap Layar: Mobile Legends)
PC24 April 2024, 20:05 WIB

Mampu Libas Game AAA, Begini Performa Prosesor, Kualitas Kartu Grafis dan Sistem Pendingin Axioo Pongo 760 V2

Axioo Pongo 760 V2 hadir dengan prosesor Intel Core i7 generasi 13, kartu grafis RTX 4060, dan sistem pendingin canggih, Advanced Cooling System and Ventilator.
Axioo Pongo 760 V2 yang hadir dengan prosesor Intel Core i7 Gen-13 (FOTO: instagram.com/pongogamingofficial)
Guides24 April 2024, 20:04 WIB

Apa Itu Hero Marksman? Punya Peran Penting di Land of Dawn Mobile Legends

Marksman merupakan salah satu dari beberapa peran (role) dalam Mobile Legends. Hero Marksman biasanya berfokus pada serangan jarak jauh dan memiliki kemampuan untuk memberikan damage fisik yang besar.
Hero Marksman Mobile Legends (FOTO: Tangkap Layar: Channel YouTbe Official iNews)
Guides24 April 2024, 19:59 WIB

Cara Bermain Layla Mobile Legends, Supaya Tidak Dianggap Dark System Moonton

Untuk menjadikan Layla sebagai marksman yang berguna, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba jika menggunakan hero Layla. Yuk disimak!
Hero Layla (FOTO: Moonton)
Guides24 April 2024, 19:28 WIB

Ada Jakarta! Intip Deretan ID Sakura School Simulator Kota Besar di Dunia

Berikut beberapa kode ID Props terbaik yang bisa kamu coba untuk mewujudkan kota impian di Sakura School Simulator.
Sakura School Simulation. (Sumber: Tap Tap)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.