logo

League of Legends Ikut Memajukan eSports di Tanah Air!

root
Selasa 07 Januari 2014, 07:00 WIB
League of Legends Ikut Memajukan eSports di Tanah Air!

League of Legends Ikut Memajukan eSports di Tanah Air!

Jakarta, Juli 2014 – Garena Indonesia, perusahaan internet internasional yang berbasis di Singapura, membuktikan janjinya untuk memajukan Olahraga Elektronik – atau yang lebih dikenal sebagai eSports – tanah air melalui League of Legends (LoL). Garena mengaplikasikan format pertandingan olahraga dalam pertandingan game League of Legends.

 

 

Sekilas mengenai eSports – di Indonesia, eSports merupakan cabang olahraga elektronik yang didukung oleh IeSPA (Indonesia eSports Association). eSports memiliki struktur dan tingkatan pertandingan yang sama seperti pada cabang olahraga tradisional, perbedaannya adalah para atlet eSports tidak bertanding secara fisik di lapangan, melainkan lebih mementingkan strategi dan dipertandingkan secara online melalui komputer. IeSPA merupakan bagian dari FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia). FORMI sendiri merupakan federasi yang telah diakui oleh Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga), dan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), maupun KOI (Komite Olahraga Indonesia).

Pada pertandingan Electronic Sports (eSports) ini, para pemain diharuskan bertanding dalam beberapa rangkaian kompetisi dengan format tim yang masing-masing beranggotakan 5 Atlet eSports. Mereka saling bertanding melawan tim lainnya pada waktu yang telah ditentukan. Seluruh rangkaian kompetisi tersebut dilakukan secara online, sehingga masing-masing tim dapat bertanding meskipun tidak bertatap muka secara langsung.

Rangkaian kompetisi ini memiliki 3 tahap yang secara keseluruhan merupakan proses seleksi pencarian tim unggulan yang berhak mewakili Indonesia pada pertandingan League of Legends di Asia Tenggara. Ketiga tahap tersebut adalah:

  • Tahap pertama adalah Kennen Cup untuk tingkat pemula yang merupakan tahap seleksi untuk mencari tim-tim berbakat yang berhak maju ke babak selanjutnya.
  • Tahap kedua adalah Glorious Arena merupakan ajang persaingan yang cukup ketat diantara tim-tim terhebat seluruh Indonesia yang berhasil lolos dari Kennen Cup, untuk dapat maju ke tahap Pro.
  • Selanjutnya tahap terakhir adalah League of Legends Garuda Series (LGS) yang merupakan kompetisi Tingkat Professional antara 8 tim terbaik di Indonesia.

League of Legends Garuda Series

League of Legends Garuda Series (LGS) merupakan kompetisi tingkat tertinggi dari League of Legends Indonesia. Kompetisi ini mempertandingkan 8 tim yang sebelumnya telah berhasil lolos dari tahap Kennen Cup dan Glorious Arena ini akan bertanding selama tiga bulan untuk memperebutkan gelar pemain League of Legends terbaik di Indonesia.

Kedelapan tim yang menjadi peserta kejuaraan LGS pertama ini adalah Team All Hail, XCN, BKT S1, Madrigals, Stuck in Bronze V, Virtus Omega, MM, dan Panti Jompo Gaul. Pertandingan di kejuaraan ini bisa disaksikan secara live setiap hari Sabtu di channel YouTube resmi League of Legends Indonesia dan akan dibawakan oleh komentator RG, Silver, dan Wolfy.

Dari segi dukungan dan sponsor, kompetisi ini didukung penuh oleh IeSPA yang merupakan organisasi eSport Indonesia yang telah diakui oleh pemerintah. Selain itu, Indomog dan Logitech G juga ikut memeriahkan dan membuat kompetisi ini semakin besar dengan menjadi sponsor resmi kejuaraan ini. Tidak lupa juga, Garena Indonesia telah menyiapkan total hadiah 100 juta rupiah untuk seluruh tim peserta kompetisi LGS dengan rincian sebagai berikut:

  • Juara Pertama : Rp 35.000.000,00
  • Juara Kedua : Rp 20.000.000,00
  • Juara Ketiga : Rp 12.000.000,00
  • Juara Keempat : Rp 10.000.000,00
  • Juara Kelima : Rp 8.000.000,00
  • Juara Keenam : Rp 6.000.000,00
  • Juara Ketujuh : Rp 5.000.000,00
  • Juara Kedelapan : Rp 4.000.000,00

Selain hadiah uang tunai, sponsor resmi menyiapkan hadiah gaming gear untuk tiga pemenang terbaik. Tim yang berhasil menunjukkan kehebatannya dan menjadi juara pertama dalam kompetisi ini juga akan dikirim untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi selanjutnya yang bernama Garena Premier League (GPL). Ajang kompetisi League of Legends ini akan mempertemukan dan mengadu tim-tim terbaik dari penjuru Asia Tenggara pada bulan Desember mendatang.

Untuk informasi selengkapnya tentang League of Legends Garuda Series, perolehan poin, dan statistik mendalam dari setiap tim, silahkan kunjungi http://lgs.lol.garena.co.id. Selain itu, bagi yang ingin mengikuti kompetisi League of Legends paling bergengsi di Indonesia ini, silahkan kunjungi website resmi League of Legends Indonesia di http://lol.garena.co.id untuk informasi lengkap tentang kejuaraan resmi yang diadakan di Indonesia.

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
Mobile19 April 2024, 21:13 WIB

5 Game Google Gratis yang Bisa Dimainkan Secara Offline, Seru-seruan Tanpa Takut Kehabisan Kuota Internet

Game-game berikut bisa kamu nikmati saat gabut kehabisan kuota, atau ingin nostalgia dengan game klasik.
Ilustrasi game Dinosaurus di Google. (Sumber: Naked Ideas)
Gadget19 April 2024, 21:00 WIB

4 Kelebihan Mouse Gaming ROG Keris II Ace yang Dirancang untuk Pengguna Aktif Tangan Kanan

ROG Keris II Ace ini dibanderol setara Rp2,6 jutaan dengan berbagai kelebihan seperti berikut.
Mouse gaming terbaru ROG Keris II Ace yang memiliki banyak kelebihan (FOTO: ROG ASUS)
Mobile19 April 2024, 20:43 WIB

8 Game Action Terlaris untuk Android, Awas Bikin Ketagihan dan Picu Adrenalin

Kami telah merangkum 8 game action terbaik untuk Android yang pastinya bisa bikin kamu ketagihan. Simak daftarnya.
Ilustrasi game action. (Sumber: Mobile Gaming Insider)
Gadget19 April 2024, 20:22 WIB

Spesifikasi Lengkap Mouse Gaming Terbaru ROG Keris II Ace, Harganya Berapa Nih?

ROG Keris II Ace merupakan mouse gaming wireless dari Asus. Simak spesifikasi dan harganya berikut.
ROG Keris II Ace (FOTO: ASUS ROG)
Infografis19 April 2024, 19:52 WIB

Build Terbaik Baxia Mobile Legends, Hero Tank dengan Skill Set Merepotkan Tim Support Lawan!

Berikut adalah panduan build Mobile Legends Baxia, termasuk item terbaiknya, emblem, Battle Spell, dan banyak lagi.
Build Terbaik Hero Baxia Mobile Legends Season 32 (FOTO: Schnix)
Guides19 April 2024, 19:32 WIB

Spesifikasi Minimal PC untuk Main Manor Lords dan Panduan Mainnya untuk Pemula

Sebelum mulai menjelajahi Manor Lords, penting untuk memastikan bahwa PC kamu memenuhi persyaratan minimum dari pengembang. Kami sajikan pula tips main buat pemula mengacu pada versi demo.
Manor Lords. (Sumber: Steam)
Guides19 April 2024, 19:25 WIB

5 Tips Bermain Masha Roam dengan Efektif di Mobile Legends Season 32

Masha, hero yang sebelumnya terlupakan, kini telah menjadi topik yang sedang tren di kalangan pemain Mobile Legends di Season 32.
Berlatih menggunakan Masha roam  (FOTO: Moonton) (FOTO: Moonton)
Guides19 April 2024, 19:13 WIB

Pahami Kekurangan Hero Paquito dalam Game Mobile Legends

Paquito dianggap sebagai salah satu hero yang memiliki banyak kelebihan, namun meskipun demikian tahukah kamu jika hero yang satu ini juga memiliki beberapa kekurangan lho!
Kekurangan hero Paquito (FOTO: Tangkap Layar: Mobile Legends)
Gadget19 April 2024, 18:29 WIB

Spesifikasi Lengkap Boring Phone, HP yang Diproduksi Cuma 5 Ribu Unit dan Bakal Dibagikan Gratis Lewat Giveaway

Boring Phone dirancang dengan desain yang membosankan. Hal ini juga didukung dengan Boring Phone yang tidak memiliki aplikasi pihak ketiga, serta tidak memiliki akses internet.
Boring Phone (FOTO: Gsmarena)
News19 April 2024, 18:02 WIB

Tanggal Rilis dan Gameplay Manor Lords yang Bikin Gamer Penasaran

Manor Lords, game yang sudah sangat dinanti, akhirnya segera rilis untuk akses awal pada 26 April 2024. Berikut ulasan gameplay-nya.
Manor Lords baru saja didapuk sebagai game paling banyak ditambahkan ke wish list Steam. (Sumber: X/@HoodedHorseInc)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.