logo

Death Stranding, Video Game Dengan Detail Luar Biasa Persembahan dari Hideo Kojima!

Stefanus
Rabu 09 Januari 2019, 00:00 WIB
Death Stranding, Video Game Dengan Detail Luar Biasa Persembahan dari Hideo Kojima!

Death Stranding, Video Game Dengan Detail Luar Biasa Persembahan dari Hideo Kojima!

Detail yang dalam serta genre yang masih semu, mungkinkah melahirkan genre video game baru?

IDGS, Selasa, 17 September 2019 - Hideo Kojima, kreator dari serial Metal Gear sekaligus dikenal sebagai pionir dari genre stealth, kini telah membuka lembaran baru dalam karirnya. Setelah keluar dari Konami dan mendirikan Kojima Production, Hideo Kojima menatap masa depan lewat game terbarunya: Death Stranding

Death Stranding telah lama menjadi perbincangan para gamer di seantero Bumi. Nama besar Kojima dianggap sebagai jaminan mutu dari game tersebut. Selain itu, bumbu kontroversi keluarnya Kojima dari Konami semakin meningkatkan perhatian gamer pada Death Stranding. Namun, dalam Tokyo Game Show (TGS) 2019, Hideo Kojima menunjukkan bahwa game ciptaannya tidak mengandalkan faktor eksternal atau non-teknis untuk jadi populer. 

 

Merasakan rasanya jadi porter menjadi bagian utama dalam Death Stranding, dan tidak ada namanya tas ajaib di mana barang-barangmu tersimpan entah di mana seperti pada video game lain. Barangmu harus kamu gotong ke mana-mana!

Disebut sebagai lanjutan dari proyek game Silent Hill yang dibatalkan Konami, Death Stranding mengusung tema futuristik, post-apocalypse, sci-fi dan horor yang dipadukan dengan tepat dan teliti, menghasilkan suatu game dengan genre yang sepertinya belum ada saat ini (mirip seperti saat Kojima mendefinisikan genre stealth lewat seri Metal Gear).

Terlebih lagi, ciri khas Hideo Kojima masih terlihat jelas dalam Death Stranding. Ia sangat terobsesi dengan detail. Dan presentasi Death Stranding dalam TGS 2019 membuktikan bahwa Death Stranding tak bisa dibandingkan dengan video game kelas AAA lainnya, dan berada pada level yang berbeda. 

 

Cara berjalan dan berlari dari karakter Sam berubah tergantung dari medan yang ia lalui

Kita telah memperoleh cukup ide akan struktur dari Death Stranding. Karakter utama yang bernama Sam (suara, wajah dan motion capture: Norman Reedus) merupakan seorang kurir barang masa depan yang bekerja di dunia post-apocalypse dengan elemen sci-fi. Ia ditugaskan untuk ambil bagian dalam menyatukan kembali United States yang terpecah akibat sebuah tragedi ilmiah penelitian lubang hitam.

Sam harus membujuk kota-kota independen untuk saling terhubung dalam Chiral Network, sebuah sistem jaringan koneksi yang didesain untuk mengikat kembali United States menjadi sebuah negara utuh. Proses membujuk ini melibatkan berbagai aktivitas seperti mengirimkan barang, membantu mencarikan barang hilang, dan lain-lain.

Presentasi TGS 2019 yang dilakukan langsung oleh Hideo Kojima menunjukkan banyak detail baru akan gambaran dari misi serta gameplay dari Death Stranding. Kalian bisa melihatnya di bawah ini: 

 

 

Pada awal presentasi, Kojima memperlihatkan persiapan Sam sebelum menjalankan misi. Obsesi Hideo Kojima terhadap detail sudah terlihat dari tahap ini. Mulai dari UI (User Interface) yang fleksibel memberi kesan perangkat hologram masa depan seperti dalam film maupun anime. 

Dalam misi pertama ini, Sam diharuskan mengirimkan beberapa boks berisi obat-obatan, makanan, sperma dan telur (sel telur mungkin?). Tak perlu membicarakan kustomisasi perlengkapan seperti warna dan lain-lain yang sudah jamak kita lihat di game lain, adalah detail akan bagaimana Sam membawa barang-barang yang harus ia kirim yang menarik untuk diperhatikan. 

Jadi, dalam Death Stranding, Keseimbangan tubuh eksis dan mendekati dunia nyata. Tidak ada "tas ajaib" atau kantung Doraemon di mana pemain bisa menempatkan barang-barang mereka lalu mengeluarkannya seolah seperti sulap. Sam harus menggotong seluruh barang bawaannya, baik perlengkapan seperti sepatu cadangan, botol minuman, dan lain-lain beserta barang kiriman sama seperti yang dilakukan para pendaki gunung di dunia nyata. 

Fase mengepak serta menempatkan barang sangat penting dalam Death Stranding. Pemain harus memperhatikan distribusi berat dari barang-barang yang di bawa Sam agar tidak condong sebelah, karena hal itu dapat memengaruhi kecepatan dan keseimbangannya.

 

Distribusi berat barang bawaan yang tidak seimbang membuat Sam kesulitan dalam berjalan

 Bila Sam membawa sebuah koper berat di satu sisi, maka keseimbangannya akan condong ke sisi itu sehingga pemain harus menyeimbangkan tubuh Sam secara manual. Akan ada indikator lingkaran kuning di kaki Sam yang memperlihatkan distribusi berat dari barang bawaannya. 

Selain itu masih banyak hal-hal menarik yang ditampilkan dalam presentasi tersebut. Bila kalian malas melihat videonya yang panjang, maka kalian cukup membaca poin-poin yang sudah diringkas Indogamers di bawah ini: 

1. Sepeda motor yang dikendarai Sam merupakan kolaborasi dengan Triumph, perusahaan motor yang digemari oleh Norman Reedus (aktor dari Sam). 

2. Kamu bisa memperoleh harmonika untuk dimainkan dan membuat bayi dalam tabung yang kalian bawa semakin menyukaimu. 

 

Penempatan barang bawaan serta perbekalan cukup merupakan poin penting bagi kesuksesan misimu

3. Membawa barang-barang seperti halnya pendaki gunung adalah bagian utama dari Death Stranding, sehingga kalian harus memerhatikan benar-benar penempatan setiap barang dan beratnya agar Sam dapat melaksanakan tugasnya dengan lancar secepat mungkin. 

 

Barang-barang bawaanmu juga bisa terjatuh atau hanyut di sungai

4. Barang-barang yang kamu bawa juga bisa berjatuhan bila tidak hati-hati, seperti saat terseret arus air sungai atau terjatuh karena tersandung batu. 

5. Kamu bisa menaruh barang bawaan di tanah atau di mana pun agar dapat bergerak lebih cepat dan gesit. Hal ini direkomendasikan saat bertarung dengan musuh. Nantinya kamu bisa mengambil kembali barang bawaanmu (bila tidak dicuri). 

6. Barang-barang yang ditinggalkan oleh pemain lain dapat kalian lihat dan gunakan. 

 

Sam menggunakan senjata khusus untuk melempar tali (strand) yang dapat mengikat lawan dari jauh

7. Sam menggunakan senjata seperti senapan yang menembakkan tali yang dapat mengikat musuh dari jauh. 

 

Peta hologram dengan berbagai fitur dan opsi, seperti marker dan penunjuk jalan

8. Peta yang dapat kamu akses memiliki opso topografi yang memperlihatkan bukit, lembah dan air. 

9. Kamu dapat menandai peta untuk memudahkanmu mencapai tujuan. 

 

Battery Hotspring yang bisa digunakan Sam untuk beristirahat dan mengisi energi dari perangkatnya

10. Kamu dapat membuat Sam beristirahat seperti duduk-duduk atau tidur, bahkan bersantai di kolam air panas yang dapat mengisi energi dari perlengkapanmu (disebut battery hotspring oleh Hideo Kojima). 

 

Floating Carrier dapat membantu Sam membawakan barang sehingga menghemat stamina dan tenaga, serta memudahkan Sam bergerak

11. Sam bisa menggunakan "Floating Carrier" untuk membawa barang-barangnya. Perangkat ini seperti koper melayang yang dapat bergerak dengan sendirinya mengikuti kemanapun Sam melangkah. 

 

Genre stealth juga eksis dalam Death Stranding. Kalian dapat melihat exoskeleton pada kaki Sam

12. Sam dapat mengenakan sejenis exoskeleton pada kakinya untuk menambah kecepatan lari, akselerasi dan kekuatan lompatannya. 

13. Sam butuh makan dan minum, ia didesain seperti halnya manusia di dunia nyata sehingga bisa mengalami kelelahan, kelaparan, lemas, dan lain-lain. Menariknya lagi, minuman yang dibawa Sam adalah minuman energi Monster Energy. 

14. Ada sistem sejenis "Like" seperti di media sosial, di mana kalian bisa memberi "Like" kepada seorang pemain yang kalian gunakan kendaraan atau barang-barangnya saat menjalankan misi. 

 

Ruang pribadi Sam di mana kamu dapat membiarkan Sam beristirahat, mandi, makan, dan lain-lain. Sam juga bisa mengambil selfie di ruangan ini

15. Sam memiliki sebuah ruangan pribadi khusus di mana ia dapat melakukan banyak hal seperti mandi, buang hajat, kencing, makan, tidur, dan lain-lain. Kamar pribadi Sam juga menggambarkan majunya teknologi dalam Death Stranding. 

 

Sam berhadapan melawan karakter "Boss", sejenis makhluk seperti singa yang berasal dari dunia kematian

Itulah poin-poin menarik dari game terbaru Hideo Kojima. Death Stranding sendiri sulit untuk dikategorikan dalam suatu genre tertentu yang sudah ada saat ini. Kojima sendiri mengatakan bahwa misinya adalah menciptakan suatu genre video game baru yang belum pernah ada sebelumnya. Mungkin saja Death Stranding akan melahirkan genre baru seperti halnya serial Metal Gear. Kita tunggu saja perilisannya pada 8 November 2019 nanti, eksklusif untuk PlayStation 4!

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: YouTube/PlayStation Japan

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
Gadget18 April 2024, 13:05 WIB

Spesifikasi Lengkap Leitz Phone 3 yang Aduhai, Berapa Kisaran Harganya?

Leica menghadirkan smartphone generasi terbarunya Leitz Phone 3 yang diproduksi oleh pabrikan smartphone Jepang, Sharp.
Leitz Phone 3 (FOTO: Leica)
PC18 April 2024, 12:40 WIB

Palworld Jadi Inspirasi Studio Lain, Begini Respon CEO Pocketpair

Siapa yang masih ingat dengan sensasionalnya Palworld dari pengembang game Pocket Pair?
Palworld. (Sumber: Gamerant)
Console18 April 2024, 12:34 WIB

Mengenal Lebih Dekat Driver, Game Balap Legendaris di PS1 yang Bikin Lewis Hamilton Menyerah

Driver, sebuah game legendaris dari era PlayStation 1 (PS1), mengukir namanya sebagai salah satu judul tak terlupakan di dunia game balap. Mari kita kenal lebih jauh seputar game ini.
Game Driver. (Sumber: Game Swap Shop UK)
Console18 April 2024, 12:22 WIB

5 Alasan Mengapa Resident Evil Tetap Jadi Game Horor Survival Terbaik Hingga Saat Ini, Silent Hill dan The Evil Within Lewat!

Resident Evil tetap kokoh sebagai salah satu franchise paling dihormati dan dicintai oleh para penggemar horor di seluruh dunia.
5 Alasan Mengapa Resident Evil Tetap Jadi Game Horor Survival Terbaik Hingga Saat Ini, Silent Hill dan The Evil Within Lewat! (FOTO: gamerant.com)
Console18 April 2024, 12:17 WIB

Resident Evil 9 Diklaim Jadi Game dengan Anggaran Terbesar dari Series Capcom

Detail tentang game Resident Evil 9 memang sampai saat ini masih sebatas rumor karena Capcom berusaha menutupnya serapat mungkin.
Resident Evil. (Sumber: Resident Evil)
News18 April 2024, 12:17 WIB

Mengulik Internet Starlink Milik Elon Musk yang Hadir di Indonesia, Berapa Kisaran Harganya?

Starlink merupakan jaringan satelit orbital milik Elon Musk yang menyediakan internet super cepat.
Starlink Elon Musk (FOTO: leadership.ng)
Mobile18 April 2024, 11:40 WIB

Diamond Ungu dalam Game Honor of Kings, Panduan untuk Pemula Biar Nggak Kebingungan!

Di dalam game Honor of Kings, ada yang namanya Diamond Ungu. Ini adalah uang penting yang bisa kita gunakan untuk banyak hal dalam permainan.
Diamond Ungu di Honor of Kings (FOTO: Honor of Kings)
Guides18 April 2024, 11:35 WIB

Aman dari Gangguan, Ketahui Cara Mudah Membisukan Telepon dari Nomor Asing di WhatsApp

Membisukan telepon dari nomor asing WhatsApp yang tidak dikenal akan membantumu menjagar privasi. Berikut cara membisukannya.
Cara bisukan panggilan WhatsApp dari nomor asing (FOTO: WhatsApp)
News18 April 2024, 11:10 WIB

Bahaya Main Game Online, Psikolog: Free Fire Mengandung Adegan Kekerasan yang Intens

Stenny mengatakan game pertempuran dapat mempengaruhi mental dan emosional anak-anak.
Ilustrasi - game online Free Fire
Mobile18 April 2024, 11:02 WIB

Kode Redeem FF Kamis, 18 April 2024 yang Masih Aktif dan Cara Klaimnya

Kode Redeem FF 2024 adalah Kode Redeem FF hari ini Kamis, 18 April 2024 dan merupakan Kode Redeem FF terbaru.
Kode redeem FF. (Sumber: Garena)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.