• LINE Creativate 2018, Ajang Adu Kreatifitas Generasi Muda Indonesia

    Minggu, 18 November 2018 17:27 | Diposting oleh, Stefanus | Kategori: Events


    Didukung oleh KOMINFO dan BEKRAF sebagai wadah kreatif bagi generasi muda Indonesia

     

    LINE Creativate 2018, Ajang Adu Kreatifitas Generasi Muda Indonesia

    Foto: WILLY ALIF/IDGS

    IDGS, Minggu, 18 November 2018 - LINE Indonesia kembali menggelar ajang kompetisi kreatif terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara untuk tahun ini, LINE Creativate 2018 yang mengusung tema 'Bangga Indonesia'. Tema ini ditujukan untuk meningkatkan kebanggaan anak bangsa terhadap Tanah Air melalui berbagai karya kreatif.

    Acara puncak LINE Creativate 2018 diselenggarakan pada 16-18 November di Atrium Lantai 1 Senayan City. Hadirnya sejumlah kompetisi baru pun membuat ajang LINE Creativate 2018 dapat mencakup lebih banyak lapisan masyarakat, menegaskan komitmen LINE Indonesia untuk mendukung industri kreatif di Indonesia serta memberikan layanan yang lebih beragam dalam mendekatkan jarak antara manusia dengan berbagai layanan serta informasi. 

     

    Foto: WILLY ALIF/IDGS

    Ribuan karya dari para kreator lokal di kategori LINE Sticker, LINE Webtoon, Chatbot, LINE Shopping Business Competition, dan LINE Today Video Creation telah terkumpul dalam dua bulan terakhir ini. Setelah melalui proses penyaringan yang ketat, panitia telah memilih para pemenang terbaik. Karya-karya para pemenang itu dipamerkan di acara puncak LINE Creativate 2018. Selain kompetisi yang disebutkan di atas, LINE Creativate 2018 pun akan menyelenggarakan putaran final LINE Let's Get Rich World Championship sebagai bagian dari ajang ini pada 18 November 2018 ini. 

    Di lain pihak, Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) juga memberikan dukungannya terhadap LINE Creativate 2018 dalam upaya untuk meningkatkan ekonomi digital kreatif Indonesia. 

    "Kreativitas adalah salah satu tonggak utama dalam membangun ekonomi digital kreatif Indonesia yang lebih maju lagi di masa depan. Dengan memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk terus berkarya lebih luas dalam bidang ini melalui ajang LINE Creativate 2018, industri digital dan kreatif akan terus berjalan sebagai salah satu industri yang menjadi tonggak utama pilar pembangunan bangsa." — Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika

     

    Foto: WILLY ALIF/IDGS

    Pada perayaan puncak LINE Creativate 2018 ini, selain upacara penghargaan dan pameran, LINE Indonesia telah mempersiapkan konsep baru agar bisa mendorong pesan 'Bangga Indonesia' kepada khalayak umum. Konsep tersebut adalah penyelenggaraan sejumlah talk session yang mengusung beragam topik serta mendatangkan sejumlah ikon di berbagai bidang industri kreatif di Indonesia seperti kewirausahaan, kreasi stiker, kreasi webtoon, industri film Indonesia, musik Indonesia, serta pengembanga chatbot. melalui konsep baru ini, LINE Indonesia berharap dapat mengajak khalayak luas untuk datang dan berpartisipasi dalam perayaan ini. (Stefanus/IDGS)

    Para Pemenang Kompetisi LINE Creativate 2018

    1. Kompetisi Komik LINE Webtoon

    Kompetisi Komik LINE Webtoon mengambil tema 'Wanita Indonesia' atau 'Indonesian Women' sebagai pengakuan terhadap hebatnya para perempuan Indonesia. Peserta kompetisi harus menciptakan tiga episode berturut-turut berisikan 30 panel per episode. 

    Juara 1: OVERPOWER by laurendaclarissa

    Juara 2: Taman Langit by blackcatshooter

    Juara 3: Aku dan Dunia by Alis

    Hononary Mention Top 5 Favorites: 

    • Hindia Kala Itu by A. Pradipta

    • Merajut Asa by NeedWANG STUDIO

    • Bhinneka by Segitahara

    • Segejas Jamu by burung kenari

    • SOMEDAY by aans

     

    2. Kompetisi LINE Stickers

    Para kreator harus merancang stiker bertemakan 'Draw Your Feeling'. Karakter di stiker harus fleksibel untuk komunikasi sehari-hari dan memiliki konsep yang bisa dipahami oleh target audience. 

    Juara 1: Hantu Bawang Putih by Ferlina Gunawan

    Juara 2: Hi Hope by Muhammad Ridlo

    Juara 3: Siti Si Cewek Lebay by Feisal Farhanudin

     

    3. LINE Chatbot Competition

    Para developer harus menciptakan chatbot menggunakan LINE Messaging API untuk platform LINE. Kompetisi ini dibagi ke dalam lima sub-kategori: Fun, Productivity, Knowledge, Student, Prototype

    Kategori Fun

    Juara 1: Ica Ica (@icaica_bot)

    Juara 2: Weesata (@kdn3851k)

    Juara 3: Bung Kata (@bungkata)

    Kategori Knowledge

    Juara 1: Gifood (@ste6242k)

    Juara 2: Musleem (@ybq5637l)

    Juara 3: Si Beni (@ocm7943y)

    Kategori Productivity

    Juara 1: Sevy (@sevybot)

    Juara 2: Temuan (@temuan)

    Juara 3: Katsir (@gts7264i)

    Kategori Student

    Juara 1: Tel-U Bot (@qfk6231q)

    Juara 2: Dikampus (@dikampus.id)

    Juara 3: Kompa Ball (@hpr7454e)

    Kategori Prototype

    Juara 1: Digimu

    Juara 2: Tix Bot

    Juara 3: Si Bayu

     

    4. Kompetisi Rencana Bisnis LINE Shopping

    Kategori ini dikhususkan untuk wiraswasta. Bertemakan 'Made in Indonesia', brand lokal bisa menyerahkan produk atau layanan mereka yang berada di bawah kategori kecantikan, fashion, dan gaya hidup untuk dipertimbangkan oleh juri. 

    Juara 1: Caltrylia Lipstick by Destasya Caltrylia Permana

    Juara 2: Sate Soki by Iqbal Soelaksono

    Juara 3: Mbakpia and Friends by Salma Intifada

     

    5. Kreasi Konten LINE Today

    Peserta harus menciptakan video berformat mp4 dengan durasi maksimum 60 detik bertemakan 'This is Indonesia!' atau 'Ini Indonesia!'. 

    Juara 1: Negara Sejuta Makna by NoonaKu Signature

    Juara 2: Indonesia Kita by Sure Pictures

    Juara 3: SAPA by Ruas Pictures

    Juara Favorit: SAPA by Ruas Pictures. 

  • Untuk memberikan komentar anda harus login atau register.
  • Komentar 0

  • idgs radio
  • Social Indogamers