logo

ArcheAge, MMORPG Keren Ini Tidak Akan P2W Lagi? Serius?

root
Selasa 08 Januari 2019, 00:00 WIB
ArcheAge, MMORPG Keren Ini Tidak Akan P2W Lagi? Serius?

ArcheAge, MMORPG Keren Ini Tidak Akan P2W Lagi? Serius?

Akankan kembali pay-to-win?

IDGS, Senin, 19 Agustus 2019 - Game MMORPG ArcheAge telah lama beredar, setidaknya lebih dari 5 tahun. Usia yang cukup panjang bagi sebuah game MMORPG tentunya yang akhir-akhir ini makin kalah oleh mobile gaming.

Dari seantero judul MMORPG, hanya segelintir saja judul MMORPG yang sanggup bertahan selama lebih dari lima tahun. ArcheAge sendiri menawarkan fitur open-world sandbox sejati di mana tidak ada loading saat pergantian map — pengecualian bagi dungeon atau bangunan tertentu.

Selain itu, game ini juga memiliki fitur open-world PvP di mana pemain dapat menyerang sesama pemain lainnya nyaris di seluruh world map, bahkan di kota sekalipun. Selain itu, fitur bajak laut memberi opsi bagi pemain merasakan rasanya menjadi buronan yang selalu diburu setiap saat mereka mendekat ke kota. Laut adalah surga para bajak laut dan itu diterapkan dengan sempurna oleh game ini. 

Sayangnya, eksistensi ArcheAge terancam oleh ulah Trion sebagai publisher game tersebut, yang disebut-sebut terlalu serakah dalam menguras uang para pemainnya. Predikat pay-to-win (P2W) pun melekat erat pada ArcheAge, padahal MMORPG yang satu ini menawarkan banyak sekali hal yang tidak ditemui di mayoritas MMORPG yang ada. 

 

(Gamigo)

Namun angin segar mulai berhembus bagi ArcheAge. Setelah diakuisisi oleh Gamigo kurang lebih satu tahun yang lalu, pada 13 Agustus lalu Gamigo memberi sedikit bocoran pada situs pada domain lama Trion yang menjanjikan akan memberi kejutan besar pada event Gamescom 2019 yang akan digelar pada 20-24 Agustus mendatang. 

Disamping itu, akun Twitter ArcheAge juga memberi sugesti akan adanya sebuah proyek rahasia. Dalam situs lama Trion, Gamigo memposting komplain-komplain para pemain akan poin labor, farming, P2W, housing, sandbox, dan armada bajak laut. Seluruh hal itu mengarah ke satu judul, ArcheAge. 

Pada 14 Agustus, situs tersebut kembali memberi update di mana latar belakang situs berganti menjadi sebuah gambar pemandangan dengan sebuah kutipan-kutipan bagaimana Gamigo akan merespon komplain para pemain. 

Pay-to-Win

"Kami paham bahwa tidak semua pemain sanggup menghabiskan uang secara rutin. Harap tenang karena kami mendengarkan keluhan kalian. Nantikan saja kabar selanjutnya!"

Pertarungan laut

"Berbicara mengenai pertarungan laut, akan ada banyak hal yang datang! Mari kita berlayar menuju sebuah petualangan baru!" 

Housing

"Memiliki rumah sendiri merupakan fitur luar biasa dan tidak ada yang lebih baik dari mengundang teman-teman kalian dalam sebuah pesta rumahan, memperlihatkan kepada mereka bagaimana kalian mendekorasi rumah. Akan ada beberapa perubahan yang membuat pemain lebih mudah memperoleh sebuah rumah." 

Poin labor

"Labor merupakan hal dasar bagi game ini (ArcheAge)! Itu merupakan bagian dari game agar pemain memilih secara bijaksana bagaimana mereka menggunakan poin labor mereka seefektif mungkin. Akan tetapi, kami berusaha menyeimbangkan pendekatan labor poin ini." 

Hal-hal yang disebukan di atas merupakan masalah-masalah utama yang membuat para pemain meninggalkan MMORPG luar biasa ini. Maka dari itu, dari respon Gamigo, peluncuran kembali ArcheAge sepertinya tidak hanya sekedar "peluncuran kembali untuk mengeruk uang sebanyak mungkin dari pemain sebelum kemudian tutup dengan cepat," akan tetapi merupakan sebuah peluncuran untuk membuka lembaran baru bagi ArcheAge. 

 

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: Massively Overpowered

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
Guides25 April 2024, 18:00 WIB

4 Hero Tank Terbaik Honor of Kings di Bulan April, Bisa Bantu Tim Memenangkan Pertandingan

Dalam Honor of Kings, pemain dapat memilih dari berbagai macam hero, termasuk tank yang memiliki peran vital dalam pertahanan dan inisiasi tim.
4 Hero Tank Terbaik Honor of Kings di Bulan April, Bisa Bantu Tim Memenangkan Pertandingan(FOTO: Honor of Kings)
Console25 April 2024, 17:40 WIB

Watch Dogs Dikabarkan Telah Dihentikan oleh Ubisoft

Kabar kurang menyenangkan datang dari game Watch Dogs yang dikembangkan oleh Ubisoft. Baru berusia sekitar empat tahun, game ini dilaporkan telah mati dan dikuburkan.
Watch Dogs. (Sumber: PlayStation)
Mobile25 April 2024, 17:32 WIB

5 Game Penghasil Uang Tanpa Iklan Terbaik 2024, Bisa Jadi Penghasilan Tambahan Nih!

Game penghasil uang banyak dicari karena bisa jadi tambahan pemasukan di tengah waktu luang. Sayangnya, beberapa banyak mengandung spam iklan. Berikut deretan game penghasil uang tanpa iklan tahun 2024.
Mistplay. (Sumber: Mistplay)
PC25 April 2024, 17:05 WIB

5 Kelebihan Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2024 yang Bikin Kepincut Memilikinya

Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2024 versi Indonesia dibanderol Rp5 jutaan dengan berbagai kelebihan seperti berikut.
Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2024 dengan berbagai kelebihannya (FOTO: Samsung)
Mobile25 April 2024, 16:32 WIB

4 Game Penghasil Saldo Dana yang Terpercaya, Waktu Luang Jadi Makin Produktif

Berikut beberapa game populer yang telah terbukti memberikan penghasilan kepada pemainnya via Dana.
Ilustrasi aplikasi game. (Sumber: Budli)
Gadget25 April 2024, 16:05 WIB

Jeroannya Bertenaga! Kupas Tuntas Performa Prosesor, Kualitas Layar dan Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2024

Galaxy Tab S6 Lite 2024 versi Indonesia mengandalkan prosesor dengan GHZ. Layarnya menggunakan panel TFT LCD seluas 10,4 inci, dan baterai yang berkapasitas 7040mAh.
Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2024 versi Indonesia. (FOTO: Samsung)
Mobile25 April 2024, 15:32 WIB

4 Game Penghasil Uang 2024 yang Terbukti Membayar, Seru-seruan Dapat Cuan

Konsep pay to earn di berbagai platform menawarkan kesempatan kepada para pemain untuk menghasilkan uang tunai melalui game online. Berikut beberapa game yang terbukti membayar.
Ilustrasi game penghasil uang. (Sumbe: BeerMoney)
PC25 April 2024, 15:05 WIB

Spesifikasi Tablet Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2024, Ini Harganya yang Nggak Mahal

Galaxy Tab S6 Lite 2024 kini hadir untuk pasar Indonesia, setelah sebelumnya hadir di pasar Rumania. Spesifikasi Galaxy Tab S6 Lite 2024 versi Indonesia adalah sebagai berikut.
Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2024 versi Indonesia (FOTO: Samsung)
Mobile25 April 2024, 14:45 WIB

Alasan AppStore Beri Rating Free Fire Masuk Kategori Dewasa

Free Fire dari Garena tentunya sudah tidak asing lagi buat kamu ya. Sebab, game yang bisa dimainkan melalui ponsel tersebut telah menjadi salah satu permainan terfavorit di Indonesia.
Free Fire. (Sumber: garena.com)
Guides25 April 2024, 14:32 WIB

Link Download, Harga dan Spesifikasi Minimal PC untuk Main Devil May Cry 5

Bagaimana cara download game Devil May Cry 5? Berapa harganya dan apa saja spesifikasi minimum buat main game ini lewat PC? Berikut ulasan selengkapnya.
Devil May Cry 5. (Sumber: Devil May Cry)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.