logo

The King's Avatar, Novel eSports yang Diangkat Menjadi Anime dan kini, Film Live-Action!!!

Stefanus
Kamis 11 Januari 2018, 00:00 WIB
The King's Avatar, Novel eSports yang Diangkat Menjadi Anime dan kini, Film Live-Action!!!

The King's Avatar, Novel eSports yang Diangkat Menjadi Anime dan kini, Film Live-Action!!!

Dimulai dari Web Novel hingga adaptasi Live-Action

IDGS, Senin, 19 November 2018 - Majunya dunia eSports semakin diakui dari hari ke hari. Puncaknya terjadi ketika eSports masuk sebagai cabang olahraga demonstrasi dalam Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Indonesia, bulan Agustus lalu. Masih belum cukup sampai di situ, di Olimpiade Tokyo 2020 dan Asian Games Hangzhou 2022, eSports akan turut dipertandingkan sebagai cabang olahraga resmi yang berarti para atlet eSports bisa mempersembahkan medali kepada kontingen negaranya masing-masing! 

Namun tahukan kalian? Jauh sebelum industri eSports diakui seperti sekarang, telah ada seseorang yang memiliki pandangan jauh ke depan di mana eSports menjadi ajang olahraga yang tak beda dengan olahraga umum lainnya, bahkan sampai punya liganya sendiri? Orang tersebut adalah Butterfly Blue (Hu Dielan), penulis dari web novel populer "The King's Avatar" (Quan Zhi Gao Shou). 

 

Cover dari web novel The King's Avatar karya Hu Dielan/Butterfly Blue. (Sumber: novelupdates.com)

Semua berawal pada tahun 2011, di mana Butterfly Blue memulai kisah dari Ye Xiu, sang tokoh utama dari The King's Avatar. Kini popularitas The King's Avatar telah berkembang hingga merambah ke negeri tetangganya seperti Jepang, dan bahkan sampai ke Benua Amerika. Meski versi aslinya berbahasa mandarin telah lama tamat di Cina, versi translasi bahasa Inggris dari Web Novel yang tamat pada chapter 1728 ini masih berjalan dan membuat Barat mulai mengenal The King's Avatar

 

Versi anime dari Ye Xiu, tokoh utama dalam The King's Avatar

Kepopuleran Ye Xiu dan kawan-kawannya pun merambah ke dunia Anime. Tanggal 7 April 2017, adaptasi anime The King's Avatar dengan judul yang sama pertama kali disiarkan. Berjumlah total 12 episode dengan 24 menit durasi untuk setiap episodenya, adaptasi tersebut diproduksi oleh bilibili, Tencent Penguin Pictures, serta China Literature Limited dan dikerjakan oleh studio G.CMay Animation & Film yang kemudian berlanjut dengan The King's Avatar Special yang dirilis pada 27 April 2018 sejumlah 2 episode. 

 

Beberapa screenshot dari anime The King's Avatar

Agaknya lewat anime ini lah popularitas dari The King's Avatar baru diketahui oleh publik di luar Cina. Meraih skor 8,08 untuk 12 episode pertama dan 8,43 untuk 2 episode spesialnya di MyAnimeList, anime tersebut tiba-tiba saja membuka mata banyak orang akan adanya berlian yang belum diasah di Cina.

 

Aktor asal Cina, Yang Yang, memerankan Ye Xiu dalam adaptasi live-action The King's Avatar. (Sumber: YouTube)

Dan kini, adaptasi live-action untuk The King's Avatar tengah dibuat dengan mendapuk aktor ganteng terkenal Cina, Yang Yang, sebagai pemeran dari sosok Ye Xiu. 

 

Mengenal The King's Avatar lebih jauh

Simbol dari open world MMORPG yang menjadi game utama dalam The King's Avatar, GLORY

Dalam The King's Avatar, GLORY merupakan judul dari sebuah open-world MMORPG yang sangat terkenal di Cina dan negara-negara lainnya, di mana game tersebut telah memiliki liga-liga kompetitif nan profesional sendiri di berbagai negara. Ye Xiu, sang tokoh utama, adalah seorang pemain GLORY bahkan sebelum game tersebut masuk ke dalam industri eSports. Dengan dibentuknya Alliance, asosiasi profesional yang mengelola liga GLORY Cina, Ye Xiu pun menjadi salah satu dari pemain eSports profesional GLORY generasi pertama di negeri Tirai Bambu.

Ye Xiu diceritakan membawa tim eSports-nya yang bernama Excellent Era menjuarai Liga Glory Cina tiga musim berturut-turut, dari musim pertama hingga ketiga. Ia sangat terkenal dengan julukan "Ensiklopedia GLORY" karena pengetahuan serta keahliannya akan game tersebut sangatlah dalam dan luas. Ia juga dikenal sebagai satu dari empat Ahli Strategi GLORY di Cina. Bahkan, karakter yang ia gunakan di Excellent Era, One Autumn Leaf sampai mendapat julukan "Battle God" karena hampir tak terkalahkan saat dikendalikan Ye Xiu.

Kisah The King's Avatar dimulai dengan didepaknya Ye Xiu dengan paksa oleh manajemen Excellent Era karena dianggap sebagai biang kerok terpuruknya Excellent Era sejak rekor juara liga berturut-turutnya dihentikan oleh tim Tyranny di musim keempat. Belum lagi, Ye Xiu juga dipaksa untuk pensiun dari dunia eSports profesional selama setahun, dan harus menyerahkan akun One Autumn Leaf-nya kepada pemain GLORY muda berbakat Sun Xiang, yang baru saja ditransfer oleh Excellent Era dari tim eSports lain.

Terlunta-lunta tanpa nasib yang jelas, Ye Xiu pun melamar pekerjaan menjadi operator dari sebuah iCafe (warnet/game center) yang terletak tak jauh dari markas Excellent Era. Dari iCafe itu lah, ia pun menyusun rencana untuk membentuk tim eSports baru untuk kembali ke Liga GLORY Cina.

 

Apa yang membuat The King's Avatar berbeda

Lantas, apa yang membuat The King's Avatar lain dari pada yang lain? Di sini penulis sebagai seorang penikmat light novel/web novel akan menceritakan sedikit pandangan penulis mengenai fenomena tersebut. Dalam ranah novel ringan (Light Novel/LN) atau web novel, tema game dan MMORPG amat sangat umum ditemui, terutama sejak Sword Art Online naik daun. Novel-novel ringan bertemakan MMORPG bermunculan bak jamur di musim hujan. 

 

Trailer resmi dari adaptasi live-action The King's Avatar

Sayangnya semua novel tersebut memiliki kesamaan. Yakni menggunakan tema VRMMORPG (Virtual Reality Massive Multiplayer Online Role-Playing  Game) di mana terdapat teknologi yang memungkinkan pikiran dari seseorang untuk memasuki "dunia maya" dari suatu game, atau melibatkan unsur-unsur fiktif seperti bereinkarnasi ke dalam dunia game itu sendiri. Meski tentu ada segelintir novel yang menarik serta memiliki originalitasnya sendiri, penggunaan tema VRMMORPG atau unsur magis membuat banyak pembaca bosan karena sering kali terlalu absurd baik dalam penjelasan ilmiah atau penggunaan elemen Deus Ex Machina yang berlebihan. Terkesan terlalu jauh dari jangkauan kita sebagai pembaca. 

The King's Avatar mengambil jalan yang berbeda. Meski juga mengangkat tema game, Butterfly Blue lebih membumi dengan menciptakan kisah tentang para gamer yang masih menggunakan mouse dan keyboard, sama seperti kita sekarang ini. Yang membedakan (pada saat web novel ini baru muncul) adalah eSports alias olahraga elektronik masih belum semaju atau diakui seperti sekarang, dan hal itulah yang sudah diprediksi oleh Butterfly Blue. 

Meski diceritakan Ye Xiu terkesan overpowered, tapi penulis berpendapat hal tersebut masih dalam tahap wajar. Setidaknya, Ye Xiu sekalipun tak bisa menang jika dikeroyok. Tak jarang ia diceritakan kesulitan melawan para pemain biasa hanya karena equipment dari karakter barunya yang menyedihkan (Ye Xiu membuat karakter baru bernama Lord Grim di server baru GLORY), tak terkecuali senjata custom yang Ye Xiu gunakan, Myriad Manifestation Umbrella yang membutuhkan banyak sumber daya untuk di-upgrade. Bahkan ia juga pernah tanpa malu-malu membuat karakternya bunuh diri karena tahu tak akan bisa menang saat dikeroyok rombongan pemain lainnya. Ia juga kalah saat berduel melawan seorang spesialis Berserker seperti Sun Zheping dalam adu keahlian menggunakan karakter dengan class Berserker. 

Dalam The King's Avatar, para pemain profesional eSports juga diceritakan tak jauh berbeda dengan orang-orang pada umumnya jika berada di luar stadion pertandingan. Mereka juga memiliki ceritanya masing-masing, perasaan, emosi, pengalaman, serta sudut pandang yang berbeda satu dengan yang lain. Dan juga, di luar pertandingan mereka masih berteman satu sama lainnya. Ada juga seorang pemain profesional GLORY wanita yang diceritakan menindas lawannya tanpa ampun dalam suatu pertandingan hanya karena kesal tak bisa menonton drama kesukaannya yang berbenturan dengan jadwal pertandingan. 

Sebuah visi jauh ke depan dari Butterfly Blue yang membuat banyak gamer di dunia merasakan tantangan yang dialami Ye Xiu mulai dari membentuk tim eSports dari nol, mencari pemain, sponsor, menyusun jadwal latihan, hingga akhirnya bisa menjadi juara liga. Pokoknya masih bisa kita bayangkan deh, malah untuk kalian yang sudah menjadi atlet profesional eSports, mungkin kalian pernah merasakan juga apa yang dialami Ye Xiu? (Stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
Console26 April 2024, 19:11 WIB

Resident Evil 9 Belum Rilis Karakter yang Bakal Muncul, Berikut 7 Karakter Wanita Favorit dalam Game Resident Evil

Game Resident Evil tidak hanya terkenal dengan ceritanya yang menegangkan tentang serangan zombie, tetapi juga dengan karakter-karakter ikoniknya.
Resident Evil 9 Belum Rilis Karakter yang Bakal Muncul, Berikut 7 Karakter Wanita Favorit dalam Game Resident Evil (FOTO: Screen Rant) (FOTO: Screen Rant)
Console26 April 2024, 16:02 WIB

Rumor Chris Redfield Jadi Protagonis Resident Evil 9 akan Disandingkan dengan Karakter Legendaris

Resident Evil 9 masih belum jelas kapan akan dirilis Capcom.
Resident Evil 9 (Sumber: Gamerant)
Console26 April 2024, 15:08 WIB

5 Rumor Terbesar Resident Evil 9 yang Perlu Dibuktikan Kebenarannya

Biasanya, game AAA beranggaran besar akan sulit dijangkau oleh para leaker namun tampaknya saat ini tidak berlaku bagi Resident Evil 9.
Resident Evil 9 (Sumber: Gamerant)
News26 April 2024, 14:33 WIB

Yuk Bongkar Penyebab PowerWash Simulator Disukai 12 Juta Pemain

PowerWash Simulator jadi fenomena di dunia game setelah mencapai 12 juta pemain di seluruh dunia. Mengapa game ini begitu disukai? Simak berita selengkapnya.
PowerWash Simulator. (Sumber: Steam)
News26 April 2024, 14:05 WIB

Tak Disangka-sangka, Game PowerWash Simulator Tembus 12 Juta Pemain

FuturLab, developer di balik game PowerWash Simulator, merayakan rekor baru jumlah pemain game tersebut yang mencapai lebih dari 12 juta pemain.
PowerWash Simulator. (Sumber: FuturLab)
Gadget26 April 2024, 13:31 WIB

Mari Cek Kemampuan! Begini Kinerja Dapur Pacu, Kualitas Kamera dan Daya Tahan Baterai Oppo K12

Oppo K12 hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3 yang memiliki fabrikasi 4nm, kamera utama 50 MP dengan OIS, dan baterai berkapasitas 5500 mAh, dengan kinerja seperti berikut.
Oppo K12 hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3 (FOTO: gizmochina.com)
E-Sport26 April 2024, 13:12 WIB

Jadwal Kualifikasi dan Link Live Liga Esports Nasional Mahasiswa MLBB Women, Jumat, 26 April 2024, Ada Unibraw dan Gunadarma

Kualifikasi akan menentukan posisi top 32.
Ilustrasi game Mobile Legends. (FOTO: mmos.com)
Console26 April 2024, 13:04 WIB

Skala Peta GTA 6 Diduga Bocor, Benarkah Lebih Luas dari GTA V?

GTA 6 yang dijadwalkan rilis pada musim semi 2025 terancam mundur hingga tahun 2026 karena berbagai alasan.
Bocoran Peta GTA 6. (Sumber: Reddit)
E-Sport26 April 2024, 12:53 WIB

Liga Esports Nasional Mahasiswa Mobile Legends Women Masuki Kualifikasi, Tentukan Posisi Top 32

Kualifikasi Liga Esports Nasional Mahasiswa game Mobile Legends Women dimulai hari ini, Jumat (26/4/2024).
Potret ilustrasi mabar Mobile Legends. (FOTO: Bernama via thestar.com.my)
Gadget26 April 2024, 12:10 WIB

Spesifikasi Lengkap Oppo K12 dengan Snapdragon 7 Gen 3, Segini Lho Harganya

Smartphone terbaru Oppo K12 ini merupakan kembaran dari OnePlus Nord CE4 dengan spesifikasi sebagai berikut.
Oppo K12 (FOTO: Gsmarena)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.