logo

Ayo Bertanding di CompFest 2013 dan Buktikan Kehebatanmu!

bruno
Sabtu 05 Januari 2013, 07:00 WIB
Ayo Bertanding di CompFest 2013 dan Buktikan Kehebatanmu!

Ayo Bertanding di CompFest 2013 dan Buktikan Kehebatanmu!

CompFest2013, Depok -  CompFest 2013, acara IT tahunan terbesar yang diselenggarakan mahasiswa kini hadir kembali. Tahun ini, CompFest 2013 telah membuka pendaftaran kompetisi sejak 1 Mei lalu. Beberapa kompetisi yang CompFest adakan tahun ini adalah Competitive Programming dan Robotics Competition.

 


Competitive Programming

Competitive Programming merupakan Competitive Programming  adalah kompetisi problem solving dengan menggunakan bahasa pemrograman untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan algoritma tertentu. Soal dan pertanyaan yang diberikan di Competitive Programming tahun ini didukung oleh TOKI (Tim Olimpiade Komputer Indonesia) sebagai partner Competitive Programming.

Tahun ini Competitive Programming akan melombakan dua kategori, yaitu kategori SMA dan mahasiswa. Bahasa pemrograman yang dapat peserta kategori SMA gunakan adalah C, C++, Pascal, dan Java. Sedangkan untuk peserta kategori mahasiswa adalah Java, C++, dan C.

Berkaca pada tahun lalu, Competitive Programming mengadakan beberapa perubahan, salah satunya adalah CompFest Coder Class . CompFest Coder Class merupakan konsep baru di Competitive Programming tahun ini yang memfasilitasi peserta untuk berlatih soal-soal problem solving.  Kelas latihan tersebut berupa website yang dapat diakses peserta terdaftar melalui internet. Selain itu, hadiah Competitive Programming tahun ini juga meningkat. Untuk kategori mahasiswa, juara pertama akan mendapat Rp10.000.000,00, juara kedua akan mendapat Rp8.000.000,00, dan untuk juara ketiga akan mendapat Rp6.000.000,00. Untuk kategori SMA, hadiah yang akan diperebutkan adalah Rp5.000.000,00 juta untuk juara pertama, Rp4.000.000,00 untuk juara kedua, dan Rp3.000.000,00 untuk juara ketiga.

Robotics Competition

Kompetisi yang telah lama ada di CompFest ini merupakan kompetisi yang berfokus untuk menemukan sebuah algoritma yang tepat agar masing-masing robot yang dimiliki peserta dapat memecahkan masalah-masalah yang diberikan. Terdapat dua kategori di dalam Robotics Competition tahun ini, yaitu kategori SMP/sederajat dan kategori SMA/sederajat. Kategori SMA/sederajat telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya, sementara kategori SMP/sederajat baru mulai diselenggarakan tahun ini.

Robotics Competition tingkat SMP/sederajat ini merupakan kompetisi yang mengadopsi konsep Imagine-Rule Robotics Competition, yaitu kompetisi yang bertujuan untuk memecahkan maze berupa 8x8 petak bujur sangkar, dimana terdapat satu petak start, satu petak finish, beberapa petak halangan dan beberapa petak checkpoint pada maze.

Untuk Robotics Competition kategori SMA/sederajat akan mengangkat konsep yang sama dari Robotics Competition tahun lalu, Maze-Solving Robotics Competition. Dalam kompetisi ini, peserta akan diberikan sebuah maze dalam wujud lintasan hitam diatas putih yang nantinya akan diselesaikan dengan algoritma tertentu menggunakan robot yang dibawa sendiri oleh peserta.

Untuk para pemenang Robotics Competition  kategori SMP/sederajat, CompFest 2013 menyediakan hadiah sebesar Rp 4.000.000 untuk pemenang pertama, Rp 3.500.000 untuk pemenang kedua, dan Rp 2.000.000 untuk pemenang ketiga. Sementara untuk para pemenang kategori SMA/sederajat, hadiah akan berupa uang tunai sejumlah Rp 5.000.000 untuk pemenang pertama, Rp 4.500.000 untuk pemenang kedua, dan Rp 3.000.000 untuk pemenang ketiga.

EduGames Challenge

EduGames Challenge merupakan kompetisi yang menantang para game developer di Indonesia untuk berinovasi  dalam membuat game dengan mengusung tema edukasi. Dengan adanya kompetisi ini, diharapkan CompFest 2013 dapat memberikan kontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia. EduGames Challenge juga diharapkan dapat mengubah asumsi masyarakat  tentang games. Games yang biasanya dianggap menyebabkan ketagihan dan mengganggu kehidupan akademik, nantinya dapat menjadi sarana edukasi baru yang menyenangkan.

Banyak sekali hal yang menarik di EduGamesChallange tahun ini. Salah satu hal yang menarik dari EduGames Challenge adalah dengan adanya CompFest Development Day. CompFest Development Day adalah one-day workshop yang bertujuan untuk membekali peserta lebih jauh dengan materi pembuatan game. Tidak hanya itu, EduGames Challenge menyediakan forum diskusi online, dimana peserta dapat saling berinteraksi satu sama lain dan saling bertanya jika ada kesulitan. Dengan adanya forum ini, diharapkan ekosistem developer yang menyenangkan dapat tercipta selama kompetisi berlangsung.

Mobile IT Solution

Kompetisi Mobile IT Solution adalah salah satu rangkaian acara CompFest 2013 yang diadakan berkat kolaborasi Fakultas Ilmu Komputer dan IBM. Kompetisi ini akan mewadahi para pengembang aplikasi mobile di Indonesia untuk berkontribusi nyata dalam penyelesaian masalah sehari - hari yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Aplikasi yang akan dilombakan merupakan aplikasi mobile yang dianggap sebagai aplikasi yang sering digunakan sehari-hari. Aplikasi  tersebut juga nantinya akan dideploy di beberapa platform terkenal seperti Windows Phone, Android, iOS, dan BlackBerry.

Untuk memastikan aplikasi yang dihasilkan mampu berjalan di berbagai platform, IBM akan menyediakan sebuah tool yang dapat digunakan oleh seluruh peserta kompetisi Mobile IT Solution, yaitu IBM Worklight. IBM Worklight ini nantinya akan dapat peserta gunakan secara cuma-cuma untuk dapat mengembangkan aplikasi secara bebas sesuai keinginan.

Akan ada 5 penghargaan spesial dalam kompetisi Mobile IT Solution, yaitu Best App for Transportation Category (aplikasi kategori transportasi terbaik), Best App for Health Category (aplikasi kategori kesehatan terbaik), Best App for Environment (aplikasi kategori lingkungan terbaik), Best App for 'I Love My City' Category (aplikasi yang menunjukkan keunikan suatu daerah), dan People's Choice Award (aplikasi yang memeroleh jumlah vote terbanyak di acara puncak CompFest 2013) yang akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5.000.000,00 dan sertifikat untuk setiap kategorinya. Dan untuk aplikasi terbaik akan dianugerahi gelar Mobile IT Solution Grand Award dan mendapatkan uang tunai senilai Rp 20.000.000 serta sertifikat.

Open Animation Competition

Open Animation Competition merupakan inovasi baru di CompFest 2013! Open Animation Competition adalah kompetisi pembuatan animasi 3D. Kompetisi ini diharapkan akan membawa impact yang cukup besar terutama untuk meningkatkan apresiasi animator yang selama ini kurang dihargai di Indonesia.

Sasaran peserta Open Animation Competition ini adalah masyarakat umum terutama para mahasiswa dan para siswa SMA/SMK yang memiliki bakat di bidang animasi dan siap kerja yang tentu saja diharapkan dapat menjadi gigi roda pergerakan animasi di Indonesia. Peserta akan mengikuti beberapa tahap yaitu : Registration, Premis Competition, Personal Selection & Team Placement. Animation Academy,  Production Stage dan Final Challange (Screening).

Peserta akan diseleksi dan dikumpulkan menjadi tiga tim berisi 10 orang yang akan menjalankan proyek animasi. Nantinya, peserta akan dibagi berdasarkan spesialisasi kemampuan dimana dalam setiap tim akan terdiri dari 4 orang Animator, 2 orang Designer, 2 orang Modeler, 1 orang Sound Engineer dan 1 orang Technical Manager.

Hadiah yang akan diberikan untuk juara 1 sebesar Rp5.000.000,00, juara 2 sebesar Rp4.000.000,00 dan juara 3 sebesar Rp3.000.000,00. Selain mendapatkan hadiah dan pengalaman yang seru, peserta yang menang berkesempatan untuk internship di salah satu studio profesional!

Jadi tunggu apa lagi? segera follow Twitter CompFest @CompFest, dan like FanPage dan daftarkan diri anda di http://compfest.web.id/competition/.

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
E-Sport26 April 2024, 09:24 WIB

Jadwal MPL ID Season 13 Week 6, Jumat, 26 April 2024, Menentukan Puncak Klasemen

Pada jadwal yang dirilis pada Jumat ini akan ada dua pertandingan yang bakal menentukan pemuncak klasemen setelah hari pertama week 6.
Bigetron Alpha, salah satu tim yang akan bertanding pada Jumat (26/4/2024).
News26 April 2024, 09:02 WIB

Viral Curhat Seorang Istri, Bercerai Sampai Anak Meninggal karena Suami Kecanduan Game

Melalui media sosial tersebut, perempuan asal Probolinggo, Jawa Timur itu menceritakan kisah perceraiannya gara-gara suami kecanduan game.
Kisah cerai karena kecanduan game. (Sumber: TikTok/@nurhayatihennart)
Mobile26 April 2024, 08:34 WIB

Update Kode Redeem FF Hari ini 26 April 2024, Masih Aktif dan Buruan Klaim Hadiahnya

Sudah tahu Kode Redeem FF 2024 hari ini, Jumat, 26 April 2024? Kalau belum simak artikel ini sampai akhir ya guys ya.
Kode Redeem FF. (Sumber: Garena)
E-Sport25 April 2024, 22:00 WIB

Profil ONIC CW, Goldlaner Asal Medan yang Punya Segudang Prestasi

Alvin Winata atau yang akrab disapa Onic CW salah satu pro player Mobile Legends yang memiliki banyak penggemar dan juga cukup ditakuti di panggu MPL Indonesia.
Profil ONIC CW (FOTO: Instagram.com/@calvinwinata)
Guides25 April 2024, 21:00 WIB

Kelebihan Claude dan Roger, 2 Marksman yang Paling Sering Digunakan ONIC CW

Calvin Winata atau yang akrab disapa Onic CW, merupakan gold laner terbaik di antara jajaran pemain di scene MPL Indonesia Season 13.
Hero andalan CW di MPL ID Season 13 (FOTO: Instagram.com/@calvinwinata)
Guides25 April 2024, 20:44 WIB

4 Hero Paling Sering Digunakan Alter Ego Tazz di MPL ID Season 13

Darrel Jovanco Wijaya atau Tazz merupakan Jungler dari tim Alter Ego yang berhasil mencuri perhatian banyak pihak karena berhasil menampilkan permainan yang cukup baik di MPL ID Season 13 yang masuk dalam minggu ke-6.
Hero andalan Tazz Jungler Alter Ego (FOTO: Instagram.com/@darrel.jovancooo)
Guides25 April 2024, 20:22 WIB

5 Tips Bermain Sebagai Jungler di Honor of Kings, Panduan untuk Pemain Pemula

Bermain sebagai jungler dalam permainan Honor of Kings membutuhkan strategi dan pemahaman yang baik tentang peran tersebut.
5 Tips Bermain Sebagai Jungler di Honor of Kings, Panduan untuk Pemain Pemula(FOTO: hokarena.com.br)
E-Sport25 April 2024, 20:22 WIB

Profil ONIC Butss, Karir, Prestasi hingga Nama Aslinya

Onic Butss yang memiliki nama lengkap Muhammad Satrya Sanubari, lelaki kelahiran  2001 yang merupakan pro player Mobile Legends dari tim ONIC.
Profil Butss (FOTO: Instagram.com/@msatryas)
Mobile25 April 2024, 20:14 WIB

Game Dungeon and Fighter Mobile Buatan Tencent Bakal Launching Tanggal 21 Mei 2024 di Android dan iOS

Dungeon and Fighter Mobile adalah game RPG aksi open-world yang akan segera dirilis oleh Tencent.
Dungeon and Fighter (FOTO: Nexon)
Infografis25 April 2024, 19:50 WIB

Bigetron Alpha dan Geek Fam Masih Imbang

Dalam 6 kali pertemuan Bigetron Alpha vs Geek Fam terakhir di panggung MPL, keduanya masih imbang dan sama-sama kuat.
Bigetron Esports dan Geek Fam Masih Imbang (FOTO: Schnix)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.