• 3 Juta Kali Situs Pemerintahan Kita Diserang Hackers

    Selasa, 24 Juli 2012 12:14 | Diposting oleh, bruno | Kategori: Others | Dibaca 1768 kali


    Seperti sumber yang saya dapatkan dari Kompas, ternyata negara kita ini sangat rawan sekali terhadap serangan-serangan dari para Hackers. Sebanyak kurang lebih 3 juta kali serangan telah disarangkan ke situs pemerintahan yang menyajikan informasi-informasi berbasis internet hingga tahun 2011 kemaren. Tercatat serangan terbanyak justru ada pada dua tahun terakhir. Bukannya semakin aman, tapi situs-situs pemerintah semakin riskan.

    3 Juta Kali Situs Pemerintahan Kita Diserang Hackers

     

    Lebih parahnya lagi, justru Markas Besar Polri juga pernah diserang. Situs Polri tersebut pernah diacak-acak dan diganti halaman mukanya oleh para hacker yang menyerang. Hal ini diutarakan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring pada wartawan saat seminar Kesiapan Menghadapi Tantangan Keamanan Internet di Jakarta beberapa pekan yang lalu.

    Tifatul mengatakan, serangan dan ancaman keamanan internet meningkat seiring kemajuan dan peningkatan pemanfaatan internet untuk kepentingan masyarakat. Serangan tak hanya menyebar virus, tetapi juga penyalahgunaan data dan informasi yang bisa merugikan kepentingan publik. ”Serangan seperti itu juga dialami negara-negara lain,” kata dia.

     

    Di negara kita sendiri telah diadakannya pengembangan pada hukum kejahatan cyber. Sehingga bagi siapa saja yang berbuat jahat melalui internet akan ditindak-lanjuti. Ketua Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure Rudy Lumanto mengatakan, ada tiga kategori respons dari serangan yang terjadi, yaitu melapor, tidak melapor, dan dimonitor. Kategori dimonitor ini kemudian ditindaklanjuti dengan pencarian pelaku serangannya.

    Rudy menjelaskan, biasanya yang menjadi target sasaran utama para hackers adalah perbankan. Biasanya dalam setahun ada tiga hingga empat kali serangan yang dilancarkan untuk membobol security pada internet mereka. Memang kita ketahui saat ini pengguna internet di Indonesia semakin bertambah banyak dan berkembang, namun bukan berarti ini menjadikan sarana buat mereka untuk berbuat jahat. Seharusnya pemerintah sendiri mengambil sikap dengan merekrut para hackers itu untuk mengamankan sistem mereka, itu pendapat saya.

  • Untuk memberikan komentar anda harus login atau register.
  • Komentar 0

  • idgs radio
  • Social Indogamers