• Global Game Jam 2018 Kembali Tantang Developer Game Indonesia Unjuk Kebolehan

    Jumat, 26 Januari 2018 15:20 | Diposting oleh, syaido | Kategori: Events | Dibaca 4713 kali


    Global Game Jam 2018 Kembali Tantang Developer Game Indonesia Unjuk Kebolehan

    Game developer lokal yang tersebar di 12 kota di Indonesia akan berpartisipasi dalam Global Game Jam® (GGJ), pada 26-28 Januari 2018. Global Game Jam® (GGJ) adalah acara pembuatan game terbesar di dunia yang diselenggarakan oleh Global Game Jam, Inc., dan berlangsung serentak di beragam lokasi (Jam Site) yang tersebar di seluruh dunia. Acara yang sudah memasuki tahun ke-10 ini adalah hackathon untuk game developer. Indonesia telah terdaftar dan berpartisipasi sejak tahun 2014, dan Global Game Jam di Indonesia tahun ini berlangsung dengan dukungan HP Inc.

    GGJ bertujuan memberikan kesempatan unik bagi komunitas game di seluruh dunia untuk menantang kemampuan dan cara bekerja mereka dalam waktu yang terbatas. Sejak pertama kali diadakan, GGJ telah menetapkan mekanisme yang sama yaitu membuat game prototype sesuai tema dan batasan waktu yang telah ditentukan, secara serentak. Para developer ditantang untuk merancang, mengembangkan, hingga menguji game dalam rentang waktu 48 jam sejak tema tahunan diumumkan di masing-masing Jam Site. Karya cipta yang dihasilkan di GGJ diharapkan dapat menjadi inspirasi dan memberikan berbagai gagasan baru untuk industri game dunia.

    "Global Game Jam adalah sebuah gerakan dari pelaku industri game Indonesia dan dunia untuk membangkitkan semangat dalam mengembangkan game secara kolektif. Dukungan dari berbagai pihak sangat berarti bagi perkembangan industri game di Indonesia, maka kami senang tahun ini GGJ di Indonesia didukung oleh HP, dengan semangat inovasi yang diusungnya dan komitmennya untuk mengembangkan industri gaming di Indonesia," kata Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia, Narenda Wicaksono.

    Acara ini tidak terlepas dari berkembangnya industri game di dunia, di mana setiap tahunnya jumlah peserta (Jammer) dan lokasi GGJ terus meningkat, hingga tahun lalu tercatat lebih dari 36.000 peserta dari 95 negara di dunia, di antaranya Indonesia.

    Di antara peserta GGJ di Indonesia tahun lalu pun terdaftar dua nama besar developer game Indonesia yaitu, Agate Studio dan Toge Productions. Semangat inovasi dan kolaborasi yang diusung GGJ berbuah positif, dan pada tahun 2017, para developer Indonesia pun turut menyumbangkan 102 game. Selain mengembangkan game, hackathon skala global ini juga menjadi ajang bagi komunitas game untuk saling mengenal, berkumpul, bertukar pikiran, dan membuka kesempatan bagi mereka berkembang.

    Pendaftaran GGJ 2018 telah dibuka sejak 1 November 2017 melalui situs resmi GGJ. Peserta dapat memilih bergabung dengan Jam Site tertentu, dan mereka dapat melihat rundown acara, serta fasilitas apa saja yang disediakan masing-masing Jam Site. Peserta dapat menguji game yang mereka buat dengan OMEN by HP workstations yang tangguh dan tersedia eksklusif di Jam Site Jakarta.

    “Kami senang bisa mendukung platform yang menghubungkan developer game pemula hingga profesional, sekaligus berperan aktif dalam mengembangkan industri e-sports di Indonesia. Dengan dukungan akses terhadap produk gaming HP yang dilengkapi teknologi terdepan, kami yakin para gamer dan developer di Indonesia dapat terus berinovasi dan mengasah kemampuan mereka untuk mendominasi arena gaming internasional,” kata David Tan, President Director HP Indonesia.

    Di tanah air GGJ 2018 akan diselenggarakan di 12 lokasi berikut pada 26-28 Januari 2018:

    ? Jakarta (Lyto HQ)

    ? Depok (DiLo Depok)

    ? Bekasi (DiLo Bekasi)

    ? Bandung (Institut Teknologi Bandung)

    ? Semarang (Universitas Negeri Semarang)

    ? Solo (Solo Technopark)

    ? Kediri (SK Coffee Lab)

    ? Yogyakarta (ISI Yogyakarta, Bantul)

    ? Malang (DiLo Malang)

    ? Salatiga (Educa Studio HQ)

    ? Surabaya (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

    ? Bali (STMIK Primakara)

  • Untuk memberikan komentar anda harus login atau register.
  • Komentar 0

  • idgs radio
  • Social Indogamers