logo

5 Penyebab Blackberry Terpuruk Dan Bangkrut

root
Selasa 08 Januari 2013, 07:00 WIB
5 Penyebab Blackberry Terpuruk Dan Bangkrut

5 Penyebab Blackberry Terpuruk Dan Bangkrut

Hei Guys,

Blackberry memang saat ini tengah mengalami keterpurukan besar. Bahkan keterpurukan yang dialaminya ini membuat Blackberry sampai membuat keputusan yang sangat krusial yaitu menjual perusahaannya tersebut. Jika diingat dahulu, Blackberry memang pernah menjadi brand yang fenomenal dan sangat laris dipasaran. Ponsel yang dulu berdiri dibawah naungan RIM sempat menjadi ponsel favorit nomor 1 dibeberapa negara bahkan dinegara kita Indonesia.

 

 

Sayangnya, popularitas dari perangkat yang dirilis oleh BlackBerry terus menurun, kalah dari platform mobile yang lebih baru, seperti Android dan iOS. Keduanya menawarkan sistem operasi yang lebih interaktif, lebih "berwarna", sambil menawarkan keamanan yang sama baiknya.BlacBerry pun langsung mengubah strateginya. Di bawah pimpinan Thorsten Heins, BlackBerry langsung mengembangkan sistem operasi (OS) BlackBerry 10.

Perusahaan asal Kanada ini berharap penuh agar OS tersebut dapat menyelamatkan mereka dari keterpurukan. Hasilnya? BlackBerry 10 tampaknya masih belum membawa BlackBerry keluar dari badai yang begitu tebal. Beberapa waktu lalu, BlackBerry membuat sebuah keputusan, mencari alternatif lain untuk menyelamatkan perusahaan. Apa yang menyebabkan Blackberry terpuruk kian kebawah dan bangkrut? Berikut 5 alasan yang membuat Blackberry bangkrut:

 

1. Peluncuran BlackBerry 10 Yang Tertunda


Blackberry 10 merupakan ponsel Blackberry saat ini yang cukup laris dipasaran, tapi semua itu tidak mengubah keadaan ekonomi Blackberry. Kalau saja ponsel ini diluncurkan lebih awal, pastinya semua akan berubah. Ya, memang salah satu penyebab terpuruknya Blackberry karena tertundanya peluncuran BB10. Karena tertunda inilah Blackberry diselip oleh Samsung, Nokia, Apple dan bahkan Sony Erricson dengan Xperia Z. 

Peluncuran BB10 mengalami berkali-kali penundaan waktu rilis selama berbulan-bulan, sebelum akhirnya benar-benar diluncurkan pada awal tahun 2013. Dalam masa tersebut, BlackBerry memecat ribuan orang dan meminta para penggemarnya untuk terus bersabar. Sayangnya, tidak semua orang bisa bersabar dan tidak heran banyak yang berpindah ke platform lain. Ya, BlackBerry tampak kehilangan momentum penting.


2. Sedikitnya Aplikasi pada BB10

Ponsel BB10 boleh mempunyai spesifikasi canggih dan model menawan. Tapi satu kekurangan fatal Blackberry 10 tidak terlalu diminati banyak orang adalah karena aplikasinya yang sangat sedikit. Sejak peluncurannya 7 bulan lalu, Blackberry 10 tidak dibekali dengan aplikasi terkenal yang sudah sering digunakan masyarakat seperti Instagram, Path, dan Google Maps. Hal ini tentu saja membuat minat masyarakat jauh berkurang akan ponsel ini.

Sistem operasi baru BlackBerry 10 memang terlihat cukup menawan, dengan adanya navigasi berdasarkan gerakan dan pusat notifikasi yang bagus, tapi apa gunanya jika tidak ada aplikasi populer didalamnya? Sebelumnya BlackBerry membuat janji pada saat peluncuran untuk meningkatkan aplikasi, tetapi 7 bulan sesudahnya, BlackBerry World masih tampak "sepi". Lagi-lagi terlambat menjadi penyebab utama mereka terpuruk.

 

3. Hardware dan Spesifikasi


Rata-rata ponsel Blackberry mempunyai spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Strom, Bellagio, z10, Q10 dan bahkan Q5. 3 ponsel yang saat ini dinilai paling laris Z10, Q10 dan Q5 memang mempunyai spesifikasi yang canggih, tapi tidak sebanding dengan harganya yang sangat jauh. Meskipun ketiganya tampak menjanjikan, perangkat- perangkat ini masih belum terlalu laku di pasaran. Penjualannya tidak terlalu baik, bahkan kalah dari produk Nokia Lumia yang berbasiskan Windows Phone 8.

Lagi-lagi Blackberry hanya mengandalkan fitur BBM disetiap ponsel miliknya. Jika saja hardware dan spesifikasi ponsel Blackberry 10 dibanderol dengan harga yang murah dibawah Rp. 5 juta pastinya bukan tidak mungkin ponsel ini menjadi ponsel yang laris bahkan di Indonesia sekalipun.

 

4. PlayBook


Salah satu kesalahan terbesar BlackBerry adalah bergabung ke pasaran tablet. Pada saat peluncurannya, perangkat ini memiliki spesifikasi hardware yang menawan dan sistem operasi yang bagus. Sayangnya, produk ini memiliki banderol harga yang terlalu tinggi dan bahkan tidak dilengkapi fitur e-mail.

Perangkat ini pun akhirnya gagal total. Segala cara sudah dilakukan oleh BlackBerry untuk menyelamatkan perangkat ini, seperti potongan harga besar-besaran. Sayangnya, strategi ini juga gagal. BlackBerry sendiri sudah menjanjikan adanya update BlackBerry 10. Namun, spesifikasi hardware yang tidak terlalu tinggi membuat BlackBerry membatalkan niat tersebut.

 

5. Enterprise

Pasaran enterprise yang dulu pernah "memuja-muja" BlackBerry, bahkan ponsel ini pun sampai digunakan oleh instansi pemerintahan. Tapi seiring waktu berjalan, semua beralih ke platform lain, seperti iPhone untuk urusan perusahaan. Perangkat lain, seperti iPhone, mampu menawarkan performa bisnis yang baik, sekaligus menawarkan fitur entertainment , satu fitur yang tidak dimiliki platform BlackBerry.

Mulai banyak orang yang beranggapan bahwa BlackBerry membosankan. Saat iPhone dirilis, diikuti dengan Android, BlackBerry berusaha keras untuk mengikuti, dan sayangnya tidak bisa cepat menyesuaikan diri dengan perubahan keinginan konsumen. Akhirnya Blackberry tidak mempunyai sebuah fitur baru malahan menyebar fitur BBMnya disemua platform. 

Pada akhirnya Blackberry terpuruk dan membuat keputusan krusial. Semua kesalahan ini hanya bisa ditelan pasrah. Jadi, siapakah yang berniat menjadi pengganti Blackberry selanjutnya?(Afg)

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
E-Sport25 April 2024, 22:00 WIB

Profil ONIC CW, Goldlaner Asal Medan yang Punya Segudang Prestasi

Alvin Winata atau yang akrab disapa Onic CW salah satu pro player Mobile Legends yang memiliki banyak penggemar dan juga cukup ditakuti di panggu MPL Indonesia.
Profil ONIC CW (FOTO: Instagram.com/@calvinwinata)
Guides25 April 2024, 21:00 WIB

Kelebihan Claude dan Roger, 2 Marksman yang Paling Sering Digunakan ONIC CW

Calvin Winata atau yang akrab disapa Onic CW, merupakan gold laner terbaik di antara jajaran pemain di scene MPL Indonesia Season 13.
Hero andalan CW di MPL ID Season 13 (FOTO: Instagram.com/@calvinwinata)
Guides25 April 2024, 20:44 WIB

4 Hero Paling Sering Digunakan Alter Ego Tazz di MPL ID Season 13

Darrel Jovanco Wijaya atau Tazz merupakan Jungler dari tim Alter Ego yang berhasil mencuri perhatian banyak pihak karena berhasil menampilkan permainan yang cukup baik di MPL ID Season 13 yang masuk dalam minggu ke-6.
Hero andalan Tazz Jungler Alter Ego (FOTO: Instagram.com/@darrel.jovancooo)
Guides25 April 2024, 20:22 WIB

5 Tips Bermain Sebagai Jungler di Honor of Kings, Panduan untuk Pemain Pemula

Bermain sebagai jungler dalam permainan Honor of Kings membutuhkan strategi dan pemahaman yang baik tentang peran tersebut.
5 Tips Bermain Sebagai Jungler di Honor of Kings, Panduan untuk Pemain Pemula(FOTO: hokarena.com.br)
E-Sport25 April 2024, 20:22 WIB

Profil ONIC Butss, Karir, Prestasi hingga Nama Aslinya

Onic Butss yang memiliki nama lengkap Muhammad Satrya Sanubari, lelaki kelahiran  2001 yang merupakan pro player Mobile Legends dari tim ONIC.
Profil Butss (FOTO: Instagram.com/@msatryas)
Mobile25 April 2024, 20:14 WIB

Game Dungeon and Fighter Mobile Buatan Tencent Bakal Launching Tanggal 21 Mei 2024 di Android dan iOS

Dungeon and Fighter Mobile adalah game RPG aksi open-world yang akan segera dirilis oleh Tencent.
Dungeon and Fighter (FOTO: Nexon)
Infografis25 April 2024, 19:50 WIB

Bigetron Alpha dan Geek Fam Masih Imbang

Dalam 6 kali pertemuan Bigetron Alpha vs Geek Fam terakhir di panggung MPL, keduanya masih imbang dan sama-sama kuat.
Bigetron Esports dan Geek Fam Masih Imbang (FOTO: Schnix)
Guides25 April 2024, 18:53 WIB

5 Tips Memainkan Hero Angela Honor of Kings, Nomor 3 Wajib Kamu Lakukan!

Dengan kemampuan yang kuat dan strategi yang tepat, kamu dapat menguasai medan perang dengan kehadiran Angela.
5 Tips Memainkan Hero Angela Honor of Kings, Nomor 3 Wajib Kamu Lakukan! (FOTO: Honor of Kings)
Infografis25 April 2024, 18:18 WIB

RRQ Hoshi Belum Pernah Kalah Lawan Aura Fire

Dalam 6 kali pertemuan Aura Fire vs RRQ Hoshi terakhir di panggung MPL, hasilnya selalu berpihak pada RRQ Hoshi.
RRQ Hoshi Belum Pernah Kalah Lawan AURA Fire (FOTO: Schnix)
Mobile25 April 2024, 18:12 WIB

PUBG Balikin Lagi Peta Erangel untuk Waktu yang Terbatas

Buat kamu yang sudah main PUBG sejak game ini rilis tahun 2017 silam, peta Erangel benar-benar bisa bikin kangen.
PUBG Mobile. (Sumber: pubg.com)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.