logo

Pentingnya Update dalam Game Bagi Developer Game SuperCell

fajar
Jumat 01 Januari 2016, 00:00 WIB
Pentingnya Update dalam Game Bagi Developer Game SuperCell

Pentingnya Update dalam Game Bagi Developer Game SuperCell

Variasi game masa kini kian banyak dari game PC, game console, maupun game mobile. Masing-masing platformpun mempunyai pemain dan kompetitor yang beragam. Tertariknya orang bermain game bukan hanya tertarik dengan ceritanya, grafiknya, atau spesifikasinya tetapi juga berdasarkan tren kekinian dalam bermain game. Untuk menjadi tren kekinian, suatu game harus meraih masa yang cukup banyak untuk menjadi pemain gamenya. Bukan hanya itu, promosipun harus gencar dalam menaklukkan persaing bisnis dalam bidang game ini. 

Salah satu game yang pernah mempunyai tren kekinian adalah Clash of Clans. Game bergenre strategi ini dirilis pada agustus 2012 ini pertama dirilis untuk iOS dan disusul google play pada oktober 2013. Game ini menjadi game yang sering dimainkan dan di download oleh banyak pengguna smartphone di Indonesia.  Banyak pemain dari game ini memainkan di jalan, di rumah, di ruang terbuka, di café, dan sebagainya. Banyak dari pemain menjadikan game ini untuk ajang berbisnis mereka sehingga menambah pendapatan pemain. 

Namun grafik pemain dari awal tahun ke akhir tahun 2015 yang lalu menunjukkan penurunan. Banyak yang pensiun atau meninggalkan game ini karena sudah mencapai level maksimal. Hal ini tentu juga mengurangi pembelian yang dilakukan pemain dalam aplikasi ini. Banyak pemain meninggalkan suatu game karena dirasa tidak ada tantangan lain dalam game ini. Tak dapat dipungkiri, game Clash of Clans bergeser dari posisi tren kekinian.  Disamping itu, penyelenggara game online mobile ini tentunya memerlukan dana yang tidak sedikit untuk membayar server dan jaringannya. Hal ini memacu suatu game online manapun untuk melakukan update atau pembaharuan dalam game tersebut.

Update atau pembaharuan ini dapat berupa 3 hal yakni penambahan fitur baru, penyeimbangan yang sudah ada dan perbaikan. Fitur baru dalam suatu game membuat pemain menjadi tertarik untuk memainkan game ini. Bagi yang sudah pensiun bermain suatu game, adanya promosi yang gencar dan tepat sasaran dapat menambah gairah bermain game lagi. Bagi clash of Clans, fitur yang baru dirilis pada akhir tahun 2015 yang lalu adalah adanya level baru dan mempunyai hero baru. Awal tahun 2016 ini Supercell, pengembang game Clash of Clans ini juga memberikan fitur baru dalam mendapatkan loots atau barang yang diperlukan dalam bermain game. Pengembang tentu saja ingin agar hal ini menjadi pemikat pemain yang sudah pensiun atau meninggalkan game ini untuk memainkan kembali game ini. 

Selain fitur baru, balancing atau penyeimbangan yang sudah ada harus dilakukan. Hal ini untuk mengaji kembali fitur yang sudah diberikan. Apakah fitur ini seimbang antara penyerangan dan bertahannya, apakah seimbang input outputnya, dan sebagainya. Balancing sendiri mempunyai arti juga menjaga agar tidak ada yang imbalance atau tidak ada yang over power dalam bermain game. Balancing yang dilakukan oleh Clash of Clans akhir-akhir ini adalah menyeimbangkan mode bertahan. Penyeimbangan ini dilakukan dengan menambah damage atau kerusakan untuk melawan penyerang.

Berbeda dengan balancing, fixing bug atau perbaikan bug ini ditujukan untuk memperbaiki suatu kondisi yang tidak semestinya. Kondisi yang tidak semestinya itu berarti suatu kondisi yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan pengembang. Bug biasanya akan muncul apabila ada kondisi baru atau fitur-fitur baru. Dalam game yang masih banyak bug, pemain tentu saja merasa tidak nyaman dalam bermain game. Dalam teori mengenai era internet, pemain sekarang mempunyai kebiasaan “one way click” dimana apabila ada yang tidak nyaman maka akan meninggalkan game ini dengan seketika. Pengembang pastinya tidak dapat menarik paksa pemain yang meninggalkan suatu game. Pemain yang sudah meninggalkan suatu game kemungkinan besar akan menghapus instalasi game tersebut dan pengembang tidak dapat menjaring lagi pemain tersebut. Hal ini pastinya sangat merugikan pengembang. Karena itu, haruslah penanganan bug sesegera mungkin dilakukan untuk mencegah kaburnya pemain  game ini.

Walaupun pengembang game mempunyai rencana atau jadwal untuk update, sebaiknya pengembang juga memikirkan waktu yang tepat. Waktu yang tepat merupakan waktu dimana pengembang mengetahui ada banyak pemain yang sudah mencapai batas akhir, mempunyai masalah dalam bermain game, atau secara regular untuk suatu event tertentu. Pada akhirnya, update sendiri membantu developer game untuk mempertahankan posisi di dalam hati pemainnya. Tidaklah mustahil apabila suatu game yang sudah tidak menjadi tren menjadi tren kekinian lagi berkat adanya update.

Penulis: 

Silvester Dian Handy Permana, S.T., M.T.I. 

Dosen Teknik Informatika Universitas Trilogi

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
Infografis26 April 2024, 20:05 WIB

Home Guides 4 Hero Tank Terbaik Honor of Kings di Bulan April

4 hero tank Honor of Kings ini mampu menjadi terbaik di bulan April. Pastikan untuk memakainya di pertandingan.
Home Guides 4 Hero Tank Terbaik Honor of Kings di Bulan April (FOTO: Schnix)
Console26 April 2024, 19:11 WIB

Resident Evil 9 Belum Rilis Karakter yang Bakal Muncul, Berikut 7 Karakter Wanita Favorit dalam Game Resident Evil

Game Resident Evil tidak hanya terkenal dengan ceritanya yang menegangkan tentang serangan zombie, tetapi juga dengan karakter-karakter ikoniknya.
Resident Evil 9 Belum Rilis Karakter yang Bakal Muncul, Berikut 7 Karakter Wanita Favorit dalam Game Resident Evil (FOTO: Screen Rant) (FOTO: Screen Rant)
Console26 April 2024, 16:02 WIB

Rumor Chris Redfield Jadi Protagonis Resident Evil 9 akan Disandingkan dengan Karakter Legendaris

Resident Evil 9 masih belum jelas kapan akan dirilis Capcom.
Resident Evil 9 (Sumber: Gamerant)
Console26 April 2024, 15:08 WIB

5 Rumor Terbesar Resident Evil 9 yang Perlu Dibuktikan Kebenarannya

Biasanya, game AAA beranggaran besar akan sulit dijangkau oleh para leaker namun tampaknya saat ini tidak berlaku bagi Resident Evil 9.
Resident Evil 9 (Sumber: Gamerant)
News26 April 2024, 14:33 WIB

Yuk Bongkar Penyebab PowerWash Simulator Disukai 12 Juta Pemain

PowerWash Simulator jadi fenomena di dunia game setelah mencapai 12 juta pemain di seluruh dunia. Mengapa game ini begitu disukai? Simak berita selengkapnya.
PowerWash Simulator. (Sumber: Steam)
News26 April 2024, 14:05 WIB

Tak Disangka-sangka, Game PowerWash Simulator Tembus 12 Juta Pemain

FuturLab, developer di balik game PowerWash Simulator, merayakan rekor baru jumlah pemain game tersebut yang mencapai lebih dari 12 juta pemain.
PowerWash Simulator. (Sumber: FuturLab)
Gadget26 April 2024, 13:31 WIB

Mari Cek Kemampuan! Begini Kinerja Dapur Pacu, Kualitas Kamera dan Daya Tahan Baterai Oppo K12

Oppo K12 hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3 yang memiliki fabrikasi 4nm, kamera utama 50 MP dengan OIS, dan baterai berkapasitas 5500 mAh, dengan kinerja seperti berikut.
Oppo K12 hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3 (FOTO: gizmochina.com)
E-Sport26 April 2024, 13:12 WIB

Jadwal Kualifikasi dan Link Live Liga Esports Nasional Mahasiswa MLBB Women, Jumat, 26 April 2024, Ada Unibraw dan Gunadarma

Kualifikasi akan menentukan posisi top 32.
Ilustrasi game Mobile Legends. (FOTO: mmos.com)
Console26 April 2024, 13:04 WIB

Skala Peta GTA 6 Diduga Bocor, Benarkah Lebih Luas dari GTA V?

GTA 6 yang dijadwalkan rilis pada musim semi 2025 terancam mundur hingga tahun 2026 karena berbagai alasan.
Bocoran Peta GTA 6. (Sumber: Reddit)
E-Sport26 April 2024, 12:53 WIB

Liga Esports Nasional Mahasiswa Mobile Legends Women Masuki Kualifikasi, Tentukan Posisi Top 32

Kualifikasi Liga Esports Nasional Mahasiswa game Mobile Legends Women dimulai hari ini, Jumat (26/4/2024).
Potret ilustrasi mabar Mobile Legends. (FOTO: Bernama via thestar.com.my)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.