• Sejarah Perjalanan Turnamen Game Paling Akbar The International Dota 2

    Jumat, 28 Agustus 2015 13:02 | Diposting oleh, bruno | Kategori: News


    The International Dota 2

    Pertandingan akbar The International Dota 2 pertama kali diumumkan pada tanggal 1 Agustus 2011. Ada 16 tim yang diundang untuk bertanding di dalam turnamen game paling besar di dunia tersebut. Turnamen tersebut sebenarnya pertama kali diadakan demi memperkenalkan Dota 2 kepada gamer di seluruh dunia, bagaimana permainan itu berjalan, grafis yang diberikan dan lainnya. Hal ini dibuktikan dari adanya live streaming online yang disiarkan di seluruh dunia dengan menggunakan 4 bahasa yaitu: Bahasa Inggris, Bahasa Cina, Bahasa Jerman dan Bahasa Rusia. Turnamen yang diselenggarakan oleh Valve tersebut memberi hadiah yang sangat besar untuk juara pertama yaitu 1 juta Dollar US, yang mana mendapatkan dukungan dari Nvidia pada perangkat keras yang digunakan pada turnamen. Pergeralaran akbar tersebut pertama kali digelar di Gamescom, Cologne pada 17 - 21 Agustus 2011.

     

    Sejarah Perjalanan Turnamen Game Paling Akbar The International Dota 2

     

    Turnamen ini permulaan dimulai dengan tim-tim yang tergabung di dalam satu grup, dimana setiap pemenang dari setiap grup akan masuk ke winner bracket, dan sisanya akan masuk ke looser bracket. Setelah itu pertandingan diteruskan dengan permainan double-elimination turnamen. Final dari The International yang pertama ini antara tim dari Ukraina, Natus Vincere melawan tim China, EHOME, yang dimenangi oleh tim Na'vi dengan 3 kali kemenangan dari 4 pertandingan. Tim Na'Vi mendapatkan grand prize sebesar 1 juta dollar US sementara EHOME hanya membawa pulang 250 ribu dollar US.

     



    The International 2 Dota 2

    Pada tahun 2012, ternyata turnamen ini kembali digelar karena mendapatkan antusias yang cukup besar dari gamer di seluruh dunia. Yang awalnya hanya merupakan sebuah turnamen promosi, kali ini The International benar-benar menjadi sebuah turnamen yang sangat bergengsi di dunia. The International 2 diumumkan pada bulan May 2012 dan diadakan pada Pax Prime. Event tersebut digelar pada sebuah Benaroya Hall, Seattle dengan menyediakan 2500 kursi pada tribun penonton. Hadiah yang diberikan pada turnamen ini meningkat menjadi 1,6 juta dollar US.

     

     

    Juara bertahan pada turnamen sebelumnya Natus Vincere dikalahkan oleh tim China, Invictus Gaming pada final dengan skor 1-3. Pada bulan November 2012, Valve merilis video dokumenter yang berisi pertandingan-pertandingan secara online, wawancara kepada setiap tim, dan juga pertandingan final di stage.

     

     

    The International 2013

    Valve mengumumkan The International 2013 pada tanggal 25 April 2013. Turnamen tersebut kembali diselenggarakan di Benaroya Hall, Seattle dari 7 - 11 Agustus 2013. Tim pertama yang diundang tentu saja sang juara bertahan yaitu Invictus gaming dari China. Pada turnamen ketiga ini ada 16 tim yang berpartisipasi dalam pertandingan, dimana di antaranya 13 tim adalah tim yang mendapatkan undangan untuk bertanding.

     

     

    Pada tanggal 6 May, Valve mengumumkan bahwa compendium dapat dibeli oleh setiap pemain Dota 2. Penjualan compendium ini sendiri nanti akan ditambahkan untuk hadiah dari The International 2013. Dari penjualan Compendium ini, ternyata Valve menciptakan sebuah rekor baru di dunia pada untuk total hadiah dari sebuah turnamen game tersebar dengan mengalahkan turnamen League of Legends Season 2 World Championship yang berhadiah 2 juta dollar US. Valve berhasil mengumpulkan uang sebesar 2,872,381 dollar US untuk hadiah turnamen tersebut. The International 2013 mendapatkan respon yang sangat besar di seluruh dunia dengan total lebih dari 1 juta streaming pada setiap pertandingannya melalui Twitch TV. Itu belum terhitung website-website lainnya yang juga menyiarkan pertandingan secara langsung.

     

     

    The International 2014

    Pada bulan Maret, 31 2014, Valve kembali mengumumkan event terbesar yang sekarang sudah menjadi penantian panjang dari setiap gamers di seluruh dunia yaitu The International 2014. Pertandingan kali ini lebih cepat daripada sebelumnya yaitu diadakan pada bulan Juli, dari tanggal 18 - 21 di KeyArena. Perpindahan tempat tersebut sengaja diambil karena antusiasme gamer di seluruh dunia yang semakin besar. Tempat yang diambil ini lebih besar dibandingkan dengan Benaroya Hall. Di tempat ini ada 3 loket masuk, termasuk tempat masuk yang biasa, tribun penonton duduk dan juga kelas VIP. Tiket pertandingan dari semua event The International Dota 2 2014 terjual ludes tidak lebih dari satu jam penjualan yang dilakukan pada tanggal 4 April 2014.

     

     

    Hadiah yang diberikan pada The International 2014 menghancurkan rekor dunia sebagai hadiah terbesar pada kejuaraan eSport dengan menyentuh angka lebih dari 10.000.000 (USD) yang telah ditetapkan pada tanggal 27 Juni di tahun yang sama. Jika sebelumnya juara pertama mendapatkan 1 juta, kali ini juara kedua dan ketiga saja sudah mendapatkan lebih dari 1 juta dollar US.

     

     

    The International 2015

    The International 2015 baru saja selesai digelar. Turnamen kelima ini pertama kali diumumkan pada tanggal 5 Januari 2015. 16 tim ikut bergabung dalam ajang akbar tersebut. Pertandingan yang digelar pada tanggal 3 hingga 8 Agustus di Seattle tersebut memberikan hadiah sebesar US$ 18 juta, dimana 16,4 US$ adalah kontribusi dari pemain.

     

     

    Beberapa tim yang diundang pada The International 2015 adalah:

    • Vici Gaming
    • EvilGeniuses
    • TeamSecret
    • Invictus Gaming
    • LGD Gaming
    • Cloud 9
    • Team Empire
    • Virtus Pro
    • NewBee
    • Fnatic

     

    Perjalanan The International memang selalu mendapatkan antusias yang besar di kalangan game khususnya para pecinta game Dota 2. Perwakilan dari Indonesia memang belum pernah ada yang bisa bergabung ke ajang tersebut. Namun dari sini, Indogamers berencana membuat sebuah event seperti The International di Indogamers. Tetapi sebelumnya Idgs sendiri akan melihat seberapa besar & antusias gamer Indonesia dalam menyambut event akbar seperti ini. Tuliskan tanggapan dan ide kamu pada komentar yang ada dibawah ini. (bms)

     

    Cuplikan video-video detik kemenangan dari tahun ke tahun yang akan membuat Anda bergidik

  • Untuk memberikan komentar anda harus login atau register.
  • Komentar 0

  • idgs radio
  • Social Indogamers