logo

Apple Didenda Rp. 1 Miliar Karena Mencuri Karya Seseorang

root
Jumat 04 Januari 2013, 07:00 WIB
Apple Didenda Rp. 1 Miliar Karena Mencuri Karya Seseorang

Apple Didenda Rp. 1 Miliar Karena Mencuri Karya Seseorang

Hei Guys,

Sebagai perusahaan besar Apple memang selalu ingin melebarkan sayapnya dan menjadi perusahaan teknologi teratas mengalahkan para pesaingnya seperti HTC, Samsung dan LG. Biarpun memang tidak seperti Samsung yang saat ini sedang heboh dengan hari-hari menjelang peluncuran produk terbarunya Galaxy S4, Apple sepertinya tidak terusik dengan kabar heboh seperti itu. Seperti biasanya, perusahaan yang didirikan oleh sang jenius mendiang Steve Jobs, Apple terus melakukan inovasi. Tapi akhir-akhir ini Apple sedang mengalami konflik permasalahan dengan 3 orang penulis asal Beijing. Dinilai telah mencuri karya dari 3 penulis ini, Apple dituntut dan didenda untuk membayar sejumlah uang yang mencapai Rp. 1.1 miliar!

 

 

Jika sedikit mundur kebelakang beberapa waktu lalu, Apple juga sempat bersitegang dengan perusahaan asal Cina yang juga mengklaim bahwa Apple telah mencuri karyanya. Apple yang bersitegang dengan sebuah perusahaan Cina tersebut atas merek dagang iPad ini nampak kehilangan jalan keluar dan pasrah. Tentu saja reaksi Apple yang "sangat berbeda" kali ini menjadi sebuah pertanda bahwa merek dagang 'Ipad' memang sesungguhnya milik Apple asli. Kasus ini bermula ketika Proview mengklaim memiliki hak atas nama iPad di pasar China setelah mendaftarkannya tahun 2000. Namun, Apple bersikeras, perusahannya telah mendapatkan hak nama “iPad” di seluruh dunia pada 2009. Apple sebelumnya dilaporkan telah membeli hak global “iPad” dari afiliasi Taiwan Proview seharga USD55 ribu. Namun Proview menegaskan bahwa afiliasi perusahaannya tidak memiliki hak untuk menjual hak nama “iPad” di China, yang merupakan salah satu pasar yang cepat berkembang untuk produk Apple.

Sialnya tidak lama setelah kejadian itu, kali ini Apple kembali harus merogoh kocek yang cukup dalam terkait kasus 3 penulis asal Beijing ini. Pasalnya pengadilan Beijing meminta Apple untuk membayar kompensasi kepada tiga penulis China karena telah menjual karya-karya mereka tanpa meminta izin terlebih dahulu. Menurut informasi dari Okezone, berita tentang biaya kompensasi yang harus dibayar Apple itu pertama kali diungkapkan oleh China Daily. Media China itu melaporkan, Beijing No.2 Intermediate People' Court akhirnya mendukung ketiga penulis buku tersebut. Karena Apple dinilai telah melanggar hak cipta ketiga penulis, perusahaan itu harus membayar lebih dari USD118 ribu atau sekira Rp1,1 miliar. Selain membayar denda, Ketua hakim, Feng Guang, mengatakan bahwa Apple juga berkewajiban memeriksa apakah buku yang diunggah oleh pihak ketiga telah sesuai dengan hukum yang berlaku.

 

 

 

Seperti sial yang tidak ada habisnya, seperti Apple memang sedang dirundung kemalangan. Pasalnya hampir setiap tahun perusahaan yang terkenal akan produk iPhonenya ini selalu mempunyai masalah yang ujung-ujungnya membuat perusahaan ini harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit karena kekalahannya. Well, sepertinya memang Apple harus banyak bersedekah untuk menghilangkan kesialannya ya.

Tapi bukan Apple namanya jika perusahaan ini tidak membuat berita yang heboh. Apalagi dikabarkan bahwa sebentar lagi Apple akan meluncurkan produk barunya yakni iPhone 5s, bisa jadi Apple bakal bikin heboh lagi.(Afg)

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
Guides06 Mei 2024, 19:19 WIB

Memahami Hero Burst dan Poke di Mobile Legends, Panduan Buat Kamu Biar Ngga Lagi Keliru dan Salah Build!

Menjelajahi lebih jauh mengenai hero Burst dan Poke, memberikan kepada kamu info berharga untuk mendominasi land of Dawn.
Memahami Hero Burst dan Poke di Mobile Legends, Panduan Buat Kamu Biar Ngga Lagi Keliru (FOTO: Mobile Legends Fandom)
E-Sport06 Mei 2024, 18:55 WIB

Velodrome Jakarta Resmi Jadi Lokasi Playoff MPL ID Season 13, Catat Jadwalnya!

Velodrome Jakarta punya tempat yang besar.
Lokasi Playoff MPL ID Season 13 (FOTO: Instagram.com/mplid)
PC06 Mei 2024, 18:30 WIB

Deretan Kelebihan Predator Triton Neo 16 yang Dilengkapi Berbagai Fitur AI Ekslusif

Predator Triton Neo 16 yang hadir di pasar Indonesia dibanderol mulai dari Rp 30 jtuaan dengan kelebihan seperti berikut.
L:aptop gaming Acer Predator Triton NEO 16 (FOTO: Acer)
Guides06 Mei 2024, 18:04 WIB

5 Hero Mage Terbaik di Honor of Kings, Pilihan Tepat Untuk Mendominasi Areal Midlane

lima hero mage terbaik yang dapat membawa dominasi di midlane dalam permainan Honor of Kings
5 Hero Mage Terbaik di Honor of Kings, Pilihan Tepat Untuk Mendominasi Areal Midlane  (FOTO: Honor of Kings)
PC06 Mei 2024, 18:01 WIB

Performa Prosesor Predator Triton Neo 16 Plus Kualitas Kartu Grafis dan Sistem Pendingin

Laptop terbaru Predator Triton Neo 16 ini dirilis oleh Acer dengan dapur pacu yang ditenagai Intel Core Ultra 9 185 H.
L:aptop gaming Acer Predator Triton NEO 16 (FOTO: Acer)
Guides06 Mei 2024, 17:33 WIB

5 Tips Bermain Jungle Layaknya Player Pro, Nomor 3 Kadang Masih Belum Kamu Maksimal Lakukan!

Jungle merupakan salah satu peran yang krusial dalam permainan Honor of Kings Global. Seorang jungler yang handal mampu memberikan dampak besar pada jalannya pertandingan.
5 Tips Bermain Jungle Layaknya Player Pro, Nomor 3 Kadang Masih Belum Kamu Maksimal Lakukan! (FOTO: hokarena.com.br)
News06 Mei 2024, 17:06 WIB

CEO Helldivers 2 Minta Maaf Akibat Kebijakan Hubungkan Akun Steam ke PSN, Salahkan Sony?

Apakah tujuannya buat menyindir Sony selaku penerbit game?
Helldivers 2. (Sumber: PlayStation)
E-Sport06 Mei 2024, 17:05 WIB

AE Pai Nilai Terizla Hero Terkuat di Mobile Legends, Ling Jadi Hero Favoritnya

Saat ditemui di MPL Arena, Pai berbagai cerita terkait hero yang menurutnya kuat saat ini dan juga hero yang menjadi pilihan favoritnya.
2 Hero Favorit Pai Alter Ego (FOTO: Tangkap Layar: Mobile Legends)
E-Sport06 Mei 2024, 16:56 WIB

Asal Usul AE Pai Main Mobile Legends

AE Pai memiliki nama lengkap Rafly Alvareza Sudrajat, Pai dikenal sebagai pro player Mobile Legends dengan skill bermain yang ciamik
Pai Alter Ego
Guides06 Mei 2024, 16:24 WIB

Top 10 Hero untuk Solo Rank Hingga Mythical Immortal di Mobile Legends Musim 32

Bagi para pemain Mobile Legends yang bertekad untuk naik peringkat dan meraih tier Mythical Immortal yang terhormat, pemilihan hero yang tepat sangatlah penting.
Luo Yi (FOTO: Mobile Legends)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.